Melihat Perayaan Ibadah Imlek pada Tahun Macan Air di Mataram 

Ibadah Imlek berlangsung aman dan kondusif

Mataram, IDN Times - Aparat kepolisian Polresta Mataram dan Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menerjunkan sejumlah personel untuk mengamankan perayaan Imlek di sejumlah vihara di Kota Mataram. Perayaan ibadah Imlek di Kota Mataram berlangsung khidmat, aman dan kindusif.

"Perayaan ibadah Imlek di sini dalam kondisi aman dan terkendali," ungkap Kanit Samapta Polsekta Ampenan, Iptu Tanwir dikonfirmasi IDN Times di Vihara Budi Dharma Ampenan Kota Mataram, Selasa (1/2/2022).

1. Jemaah ibadah Imlek bergiliran

Melihat Perayaan Ibadah Imlek pada Tahun Macan Air di Mataram Jemaah melaksanakan ibadah Imlek di Vihara Budi Dharma Ampenan Kota Mataram, Selasa (1/2/2022) (IDN Times/Muhammad Nasir)

Tanwir mengatakan jemaah yang melaksanakan ibadah Imlek di Vihara Budi Dharma Ampenan diatur bergiliran oleh panitia. Setelah dua atau tiga jemaah selesai melaksanakan ibadah, datang lagi jemaah lainnya.

"Bertahap jemaah yang datang, pelaksanaam ibadah sampai malam hari. Jemaah tidak kumpul tapi bergiliran. Sehingga waktunya panjang," ucap Tanwir.

Baca Juga: Ini Sederet PR Pemprov NTB di Sumbawa Sebelum MXGP Samota 

2. Polresta Mataram diback up Polda NTB amankan ibadah Imlek

Melihat Perayaan Ibadah Imlek pada Tahun Macan Air di Mataram Aparat kepolisian dan Satpol PP NTB mengamankan ibadah Imlek di Vihara Budi Dharma Ampenan (IDN Times/Muhammad Nasir)

Berkaca dari pelaksanaan ibadah Imlek tahun 2021, pelaksanaannya bisa sampai pukul 22.00 WITA. Sehingga, Polresta Mataram menempatkan personel di setiap vihara yang ada di Kota Mataram.

Dalam mengamankan perayaan ibadah Imlek, Polresta Mataram juga diback up personel Brimob Polda NTB. Petugas yang berjaga di setiap vihara secara bergantian.

"Di wilayah Ampenan hanya satu lokasi ibadah Imlek yaitu Vihara Budi Dharma. Anggota kepolisian yang standby tetap ada. Biasanya di Cakranegara juga ada kegiatan ibadah Imlek. Kadang dikumpulkan di Gedung Hakka Narmada," terang Tanwir.

3. Satpol PP NTB terjunkan 23 personel

Melihat Perayaan Ibadah Imlek pada Tahun Macan Air di Mataram Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Satpol PP NTB Rony Agustian Fareki (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kepala Bidang Perlindungam Masyarakat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol P) Provinsi NTB, Rony Agustian Fareki menyebutkan pihaknya menerjunkan 23 personel untuk mengamankan ibadah Imlek di Kota Mataram. Satpol PP NTB turun ke masing-masing lokasi pelaksanaan ibadah Imlek mulai dari wilayah Cakranegara, Sayang-Sayang dan Ampenan.

"Suasana cukup kondusif, jemaah yang beribadah juga nyaman. Tidak ada gangguan berarti. Prokes juga dilaksanakan dengan baik di setiap vihara," ungkap Rony.

Rony menjelaskan pihaknya turun mulai pukul 08.30 WITA ke salah satu vihara di wilayah Cakranegara. Namun vihara tersebut tutup. Informasi dari petugas di vihara, ibadah imlek sudah dilaksanakan pada malam hari.

Kemudian pihaknya turun ke salah satu vihara di Jalan Ahmad Yani Sayang- Sayang Kota Mataram. Di sana ada satu sampai dua orang jemaah yang melaksanakan ibadah Imlek. Informasi yang didapatkan ibadah Imlek telah dilaksanakan malam sebelumnya sejak pukul 20.00 - 22.00 WITA.

"Kemudian kita ke vihara di Ampenan. Di sini cukup banyak masyarakat yang beribadah," tandas Rony.

4. Harapan di tahun macan

Melihat Perayaan Ibadah Imlek pada Tahun Macan Air di Mataram Budi (IDN Times/Muhammad Nasir)

Budi, salah seorang jemaah yang dikonfirmasi usai melaksanakan ibadah Imlek berharap pada tahun 2022 yang merupakan tahun macan diberikan kesehatan, keselamatan, kebahagiaan, kemurahan rizki. Bagi yang belum memiliki keturunan diharapkan cepat diberikan keturunan oleh para dewa.

"Semoga di tahun macan ini kita semua menjadi lebih baik. Kita berharap pandemi segera berlalu. Supaya tak ada batasan-batasan lagi dalam bersosial. Tetap patuhi protokol kesehatan juga," ujarnya.

Baca Juga: 28 Siswa MAN 1 Lotim Borong Medali di Ajang National Science Olympiad 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya