Kurang Sehat, Wapres Batal Nonton Balap WSBK Mandalika 

WSBK Mandalika akan dibikin terunik di dunia

Lombok Tengah, IDN Times - Wakil Presiden (Wapres) RI KH. Ma'ruf Amin batal menghadiri kejuaraan balap dunia, World Superbike (WSBK) seri Indonesia di Sirkuit Mandalika pada 11 -13 November 2022. Sebelumnya, Wapres direncanakan akan menonton WSBK Mandalika pada Sabtu (12/11/2022).

"Kita sudah diinformasikan kemarin, pak Wapres batal hadir," ungkap Direktur Teknik dan Operasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Samsul Purba di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (10/11/2022).

1. Wapres habis pulang dari Mesir

Kurang Sehat, Wapres Batal Nonton Balap WSBK Mandalika Direktur Teknik dan Operasi MGPA Samsul Purba. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Samsul mengatakan kondisi Wapres habis pulang dari kunjungan kerja ke Mesir masih kurang baik atau kurang sehat. Sehingga, Wapres batal menghadiri sekaligus menonton gelaran WSBK Mandalika 2022.

Meskipun Wapres batal hadir ke Mandalika, tetapi sejumlah menteri dijadwalkan ke Mandalika. Di antaranya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) sekaligus mantan Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022, Hadi Tjahjanto dan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Baca Juga: Sehari Jelang WSBK Mandalika, Baru 30.510 Tiket yang Terjual 

2. WSBK Mandalika siap digelar

Kurang Sehat, Wapres Batal Nonton Balap WSBK Mandalika Uji coba aspal baru Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Direktur Operasi PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Troy Reza Warokka menyatakan Sirkuit Mandalika sudah sangat siap menggelar race WSBK 2022. Dikatakan, beberapa pembalap sudah hadir dan mencoba lintasan Sirkuit Mandalika.

"Ini salah satu upaya pemerintah menjadikan olahraga yang bagus dan memberikan manfaat bagi kita. Ini kerja sama seluruh rakyat Indonesia. Saya harap didukung masyarakat. Ini ikon bukan hanya Indonesia tetapi juga Lombok," kata Troy.

Dalam gelaran WSBK Mandalika 2022, kata Troy, hampir semua proses dilakukan oleh tim Indonesia. Artinya, orang Indonesia mampu memberikan tontonan yang bagus. "Kita siap, InsyaAllah ini akan berjalan sesuai waktu yang ditentukan.

3. Jadikan WSBK Mandalika terunik di dunia

Kurang Sehat, Wapres Batal Nonton Balap WSBK Mandalika Gendang Beleq YouTube/Kemenpar

Sementara itu, Direktur Teknik dan Operasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Samsul Purba mengatakan WSBK Mandalika akan dibuat berbeda dari gelaran di negara-negara lain. Dimana, WSBK Mandalika akan dibuat unik dan sarat dengan konten lokal.

Pada saat balapan pada Sabtu dan Minggu, 12 - 13 November 2022, akan ada tampilan budaya lokal NTB di strating grid. Seperti gendang beleq dan tarian Sasambo. Kemudian juga menyanyikan lagu Indonesia Raya.

"Seluruh dunia belum ada template seperti ini. WSBK Mandalika akan sarat dengan konten lokal. Kita harapkan hampir 150 negara disiarkan, Lombok semakin dikenal. Dan bagaimana kita mendorong WSBK di Mandalika, unik dan sarat konten lokal," kata Samsul.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Trafik saat WSBK, XL Axiata Siagakan 3 Mobile BTS

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya