Keren! NTB Mini Akan Dibangun di Polandia 

Disiapkan lahan 5 - 10 hektare di Polandia

Mataram, IDN Times - Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan akan dibangun NTB Mini di Dolina Charlotty Resort & Spa (DCRS) Slupsk, Polandia. NTB Mini akan dibangun pada lahan seluas 5 - 10 hektare.

Pembangunan NTB Mini merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan Lombok dan Sumbawa di Eropa. Pada Rabu (12/5/2022), Gubernur Zulkieflimansyah menerima audiensi dari Konsul Kehormatan RI Designate, Mr. Miroslav Wawrowski terkait dengan rencana pembangunan NTB Mini di Polandia.

1. NTB Mini akan menampilkan tempat wisata, budaya dan UKM

Keren! NTB Mini Akan Dibangun di Polandia Shaunilwafa@blogspot.com

Dalam keterangannya, Kamis (12/5/2022), Gubernur berharap hadirnya NTB Mini di Polandia akan lebih memudahkan Pemda mengenalkan NTB ke masyarakat Eropa. Disebutkan, NTB Mini yang akan dibangun pada lahan seluas 5 - 10 hektare tersebut akan menampilkan beberapa pulau, tempat-tempat wisata, budaya serta UKM NTB.

“Dengan NTB Mini kita akan menampilkan Pulau Lombok, Pulau Sumbawa, Pulau Moyo, 3 Gili, Rinjani, Tambora, Mandalika, dan lain-lain di lahan seluas 5 sampai dengan 10 hektare. Kita bisa menampilkan budaya dan UKM kita juga di sana,” jelasnya.

Baca Juga: Kapal Laut Akan Disulap Jadi Penginapan saat MXGP Samota 

2. Mahasiswa NTB di Polandia bisa bekerja paruh waktu di NTB Mini

Keren! NTB Mini Akan Dibangun di Polandia ilustrasi memakai toga (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Selain itu, untuk mengisi waktu luang para mahasiswa asal NTB yang saat ini menempuh pendidikan di Polandia juga dapat mengisi waktunya dengan bekerja di NTB Mini. Mereka bisa bekerja paruh waktu di NTB Mini. NTB Mini tersebut merupakan inisiasi dari Konsul Kehormatan RI Designate, Mr. Miroslav Wawrowski yang kemudian disambut baik oleh Gubernur Zulkieflimansyah.

Berdasarkan data Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) NTB, yang mengelola program beasiswa NTB. Jumlah awardee beasiswa NTB per 1 September 2021 sebanyak 595 orang kategori A, B dan C. Ada tiga jenis atau kategori beasiswa NTB yaitu kstegori A, B dan C.

Kategori A merupakan beasiswa NTB yang dibiayai secara penuh (Fully Funded). Komponen yang dibayai pada kategori ini adalah :Tuition Fee, Living Allowance (LA), Settlement Allowance (SA), Visa Application Fee, Health Insurance, Flight (Round Trip)
Kemudian kategori B merupakan beasiswa NTB yang dibiayai secara sebagian (Partial Funded).

Komponen yang dibayai oleh LPPNTB pada kategori ini adalah salah satu atau sebagian dari Kategori A. Dan terakhir, kategori C merupakan beasiswa NTB untuk Short Course, Internship, dan program pengembangan diri yang pendanaannya bisa partial funded atau fully funded.

3. Awardee beasiswa NTB terbanyak di Polandia

Keren! NTB Mini Akan Dibangun di Polandia ilustrasi kuliah (unsplash.com/Terrence Thomas)

Jumlah awardee beasiswa NTB kategori A dan B per 1 September 2021 sebanyak 454 orang. Dengan rincian Polandia 137 awardee, China 28 awardee, Taiwan 9 awardee, Hungaria 1 awardee, Rusia 4 awardee, Malaysia 254 awardee, Ceko 7 awarde dan Sudan 14 awardee.

Sedangkan jumlah awardee beasiswa NTB kategori C per 1 September 2021 sebanyak 141 orang. Dengan rincian, Polandia 25 awardee, Thailand 8 awardee, Taiwan 9 awardee, China 1 awardee, Korea 35 awardee, Malaysia 58 awardee, dan Australia 5 awardee.
Sementara itu jumlah alumni beasiswa NTB per 1 September 2021 sebanyak 170 orang.

Tersebar di 10 kabupaten/kota di Provinsi NTB. Dengan rincian, Kota Mataram 22 awardee, Lombok Barat 18 awardee, Lombok Tengah 15 awardee, Lombok Utara 5 awardee, Lombok Timur 34 awardee, Bima 20 awardee, Kota Bima 7 awardee, Sumbawa 29 awardee, Sumbawa Barat 10 awardee dan Dompu 10 awardee.

Baca Juga: Waspada Hepatitis Akut, Anak Sekolah Diimbau Bawa Bekal dari Rumah 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya