Ini Jalur Alternatif Penonton MotoGP dari Mataram Menuju Mandalika 

Bus penonton akan dikawal polisi

Mataram, IDN Times - Gelaran MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika tinggal 12 hari lagi. Berbagai persiapan dilakukan aparat kepolisian bersama pemerintah daerah seperti simulasi jalur kedatangan dan pengawalan penonton MotoGP 2022 di Eks Bandara Selaparang Kota Mataram, Sabtu (5/3/2022).

Penonton MotoGP yang datang dari Gili Trawangan Lombok Utara dan kawasan wisata Senggigi Lombok Barat akan dijemput di perbatasan Kota Mataran dan Lombok Barat di Kelurahan Bintaro menuju eks Bandara Selaparang. Ada tiga jalur alternatif yang disiapkan dari Kota Mataram menuju Mandalika.

1. Polresta Mataram libatkan 182 personil gabungan

Ini Jalur Alternatif Penonton MotoGP dari Mataram Menuju Mandalika Personel gabungan yang akan dilibatkan dalam pengawalan penonton MotoGP Mandalika (Dok. Polresta Mataram)

Sebanyak 182 personel Polresta Mataram bersama gabungan instansi terkait seperti TNI, Dinas Perhubungan Kota Mataram dan Satpol PP Kota Mataram menggelar simulasi jalur kedatangan dan pengawalan penonton. Rutenya bergerak dari Gili Trawangan maupun kawasan wisata Senggigi menuju Sirkuit Mandalika dengan menyiapkan tiga jalur alternatif untuk rombongan penonton menuju lokasi.

Kapolresta Mataram Kombes Pol Heri Wahyudi dalam keterangan yang diterima Minggu (6/3/2022) mengatakan bahwa simulasi pengamanan dan pengawalan rombongan penonton yang diberangkatkan menggunakan bus dari kawasan Gili dan wisata Senggigi dengan melakukan penjemputan mulai dari perbatasan Kabupaten Lombok Barat di Kelurahan Bintaro menuju Eks Bandara Selaparang. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan dari tes suhu tubuh, vaksin maupun swab/PCR dari Seksi Polresta Mataram serta pengecekan tiket penonton.

Baca Juga: Jelang MotoGP, Ribuan Kamar Penginapan di Lombok Gak Laku!

2. Tiga jalur alternatif dari Mataram menuju Mandalika

Ini Jalur Alternatif Penonton MotoGP dari Mataram Menuju Mandalika Monumen tembolak pelangi Kota Mataram (IDN Times/Muhammad Nasir)

Heri mengatakan aparat kepolisian akan melakukan pengamanan rombongan penonton dari eks Bandara Selaparang dengan menyiapkan tiga jalur alternatif. Pertama, dari Jalan Udayana menuju Jalan Airlangga, Jalan Gajah Mada sampai dengan Bundaran Tembolak Pelangi perbatasan Kota Mataram. Selanjutnya diterima Polres Lombok Barat.

Apabila jalur alternatif pertama mengalami krodit maka rombongan bus penonton MotoGP akan diarahkan ke jalur alternatif kedua yakni Bintaro menuju Eks Bandara Selaparang melalui jalan baru Monjok, Jalan Bung Hatta, Jalan Bung Karno menuju Lingkar Selatan hingga sampai ke Tembolak Pelangi. Adapun alternatif jalur ketiga yakni melalui jalur Sweta ke Dasan Cermen lurus sampai tembus Bundaran Giri Menang Square (GMS).

"Meski dari simulasi ini masih ada beberapa perbaikan namun nantinya kami akan memantapkan kekurangan dari uji coba ini pada hari Rabu depan sehingga saat pelaksanaan MotoGP mendatang berjalan aman dan lancar," kata Heri.

3. Siapkan 278 angkutan gratis untuk penonton MotoGP

Ini Jalur Alternatif Penonton MotoGP dari Mataram Menuju Mandalika Bus DAMRI (Dok.Humas Damri)

Pemerintah menyiapkan 278 angkutan gratis bagi penonton MotoGP Mandalika di lima pintu masuk yamg ada di Pulau Lombok. Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Pda NTB Kombes Pol Djoni Widodo mengatakan kepolisian telah menyusun skenario pengaturan lalu lintas saat event MotoGP Mandalika pada 18 - 20 Maret mendatang.

Pengaturan lalu lintas tersebut, nantinya akan menjadi panduan masyarakat yang akan menonton MotoGP Mandalika tanggal 18 hingga 20 Maret 2022. Dalam skenario tersebut digambarkan penonton MotoGP Mandalika yang hadir diperkirakan berjumlah 65 ribu hingga 100 ribu orang. Nantinya para penonton yang masuk atau datang akan melalui lima pintu masuk ke Pulau Lombok.

Lima pintu masuk ke Pulau Lombok yang dimaksud yakni, Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok Tengah, Pelabuhan Gili Mas, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Bangsal dan Pelabuhan Kayangan. Agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di area parkir Sirkuit Mandalika, kata Djoni, sebagian akan diarahkan ke Eks Bandara Selaparang Kota Mataram. Terutama bagi penonton yang datang dari pelabuhan Bangsal Lombok Utara.

Di lima pintu masuk tersebut akan disiapkan tempat untuk verifikasi tiket, dan petugas kesehatan untuk melakukan pengecekan prosedur kesehatan Covid-19 kepada para calon penonton MotoGP. Untuk di Eks Bandara Selaparang, calon penonton yang dari luar daerah, dalam atau yang menginap di Kota Mataram, akan dicek kelengkapannya, baik tiket atau dokumen lain yang diharuskan bagi penonton.

Djoni menyebutkan bahwa petugas juga telah menyiapkan 278 angkutan gratis bagi penonton MotoGP. Terdiri dari 27 mini bus besar, 70 unit bus sedang dan 181 unit bus kecil. Kendaraan gratis untuk penonton MotoGP tersebut telah melewati uji kelayakan, baik petugas maupun mobilnya. Selain itu, mobil gratis untuk penonton MotoGP Mandalika dilengkapi dengan stiker khusus, agar penonton tidak salah masuk kendaraan.

Baca Juga: Bangga! Lombok Masuk dalam Zona Waktu pada Peta Dunia MotoGP

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya