Comscore Tracker

Hari Pertama WSBK Mandalika Sepi Penonton 

Penonton diperkirakan banyak di hari Sabtu dan Minggu

Lombok Tengah, IDN Times - Hari pertama gelaran kejuaraan dunia World Superbike (WSBK) 2023 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (3/3/2023), sepi penonton. Jumlah penonton di kelas grandstand maupun VIP masih dapat dihitung dengan jari.

Sepinya penonton di hari pertama diakui Komandan Lapangan WSBK Mandalika, Jamaluddin Maladi. Jamaluddin mengatakan bahwa memang pada hari pertama penonton di kelas grandstand maupun VIP masih sepi. Kondisi ini, kata Jamaluddin, sama seperti pelaksanaan WSBK Mandalika di hari pertama tahun 2022 lalu.

1. Penonton akan ramai di hari kedua dan ketiga

Hari Pertama WSBK Mandalika Sepi Penonton Komandan Lapangan WSBK Mandalika Jamaluddin Maladi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB ini menjelaskan penonton biasanya ramai pada hari kedua dan ketiga, yaitu Sabtu dan Minggu. Karena pada hari pertama, pembalap hanya latihan bebas, belum masuk ke balapan.

"Tribun grandstand dan VIP masih sepi. Karena biasanya Sabtu dan Minggu penonton datang ke Sirkuit Mandalika. Karena latihan pada hari pertama, makanya sepi. Tapi kalau besok pasti ramai," kata Jamaluddin saat memberikan keterangan pers di Media Center Indonesia WSBK Mandalika 2023, Jumat (3/3/2023).

Baca Juga: Ruben Rinaldi Sapu Bersih FP1 dan FP2 WSBK Mandalika 2023 

2. Tiket terjual di atas 20.000 lembar

Hari Pertama WSBK Mandalika Sepi Penonton Tribun penonton kelas grandstand A yang berada di depan Paddock Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Berdasarkan hasil rapat terakhir dengan PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Xplorin, jumlah tiket yang terjual secara online sudah di atas 20.000 lembar. Tetapi itu belum termasuk 25.000 tiket khusus untuk pelajar SMP, SMA/SMK dan pondok pesantren.

Sebanyak 25.000 tiket khusus untuk pelajar NTB itu, kata Jamaluddin sedang didistribusikan. Apabila digabung, maka jumlah tiket WSBK Mandalika yang terjual sebanyak 45.000 lembar.

"Sekarang lagi didistribusikan semua. Kemarin sudah diberikan Xplorin. Kalau ini digabung maka tiket terjual 45.000," terang Jamaluddin.

3. ITDC berikan 2.500 tiket gratis untuk warga lingkar KEK Mandalika

Hari Pertama WSBK Mandalika Sepi Penonton Tribun penonton kelas grandstand A depan Paddock Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dalam gelaran WSBK 2023, ITDC memberikan 2.500 tiket gratis kepada warga lingkar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah. Ribuan tiket gratis itu diberikan kepada warga di 18 desa se Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

"Ada 2.500 tiket WSBK gratis yang kami berikan ke 18 desa dan 18 Karang Taruna se Kecamatan Pujut. Seluruh kepala desa dan pimpinan Karang Taruna sudah menerima secara simbolis," kata Direktur Operasi ITDC Troy Reza Waroka.

Pemerintah Pusat menargetkan jumlah penonton WSBK Mandalika 2023 sebanyak 75.000 orang. Sedangkan Pemprov NTB menargetkan jumlah penonton mencapai 100.000 orang. Tahun 2022, jumlah penonton WSBK Mandalika menembus angka 51.629 orang, selama tiga hari.

Baca Juga: Aksi Kocak Pembalap WSBK, Traktir Es Krim hingga Mau Minum Bensin 

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya