Gubernur NTB dan Bos AirAsia Bahas 'Flight' dari Australia dan Korea

AirAsia juga akan layani penerbangan Bali - Lombok

Mataram, IDN Times - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah menggelar pertemuan dengan CEO Capital A yang sebelumnya bernama Airasia Group, Tony Fernandes di Jakarta, Kamis (26/1/2023). Gubernur dan bos AirAsia Group itu membahas pembukaan direct flight atau penerbangan langsung beberapa rute internasional dan satu rute domestik ke Lombok.

Beberapa direct flight rute internasional yang dibahas yaitu Australia - Lombok dan Seoul Korea Selatan - Lombok. Untuk rute Australia - Lombok, direct flight diharapkan dari Sydney, Melbourne dan Perth Australia. Sedangkan satu rute penerbangan domestik itu adalah Bali - Lombok.

Pada pertemuan tersebut, Gubernur NTB didampingi Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB, Najamuddin Amy, Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB, Ridwan Syah, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB, Lalu Moh. Faozal, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Jamaluddin Maladi dan Ketua BPPD Provinsi NTB, Baiq Ika Wahyu Wardhani. Sementara itu, CEO Capital A, Tony Fernandes didampingi CEO AirAsia Indonesia Veranita Yosephine Sinaga.

1. Lombok menjadi prioritas bagi maskapai AirAsia

Gubernur NTB dan Bos AirAsia Bahas 'Flight' dari Australia dan KoreaCEO Capital A Tony Fernandes. (dok. Diskominfotik NTB)

CEO Capital A, Tony Fernandes menyatakan bahwa Lombok menjadi prioritas bagi maskapai AirAsia untuk dapat diperkenalkan di berbagai penjuru dunia dengan dibukanya kembali direct flight Lombok - Perth, Australia.

"Lombok akan menjadi prioritas utama kami. Kami kembali, dan akan melanjutkan mimpi kami untuk memberitahu dunia bahwa banyak sekali tempat-tempat indah di Indonesia," kata Tony Fernandes.

Ia mengungkapkan, Gubernur NTB Zulkieflimansyah merupakan satu - satunya gubernur yang menyambangi kantor Airasia. Gubernur terus meminta agar AirAsia membuka direct flight ke Lombok.

Menurut Tony Fernandes, Indonesia punya banyak daerah yang indah. Tetapi jika tidak ada direct flight maka tidak akan ada yang bisa menikmati keindahannya. "Kami akan melakukan yang terbaik, tidak hanya di Lombok tapi juga tempat-tempat lain di dunia," ucapnya.

CEO AirAsia Indonesia Veranita Yosephine Sinaga menambahkan Airasia akan terus melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan pariwisata di Indonesia setelah pandemik COVID-19. Menurutnya, pertemuan tersebut sebagai upaya Airasia Group di Indonesia untuk mengembangkan pariwisata post pandemik.

"Sekaligus meningkatkan konektivitas dan berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, UMKM dan industri- industri lainnya," tuturnya.

Baca Juga: Investasi di NTB Tembus Rp21,6 Triliun, Serap 4.173 Tenaga Kerja  

2. Direct flight kunci menarik wisatawan ke NTB

Gubernur NTB dan Bos AirAsia Bahas 'Flight' dari Australia dan KoreaWisatawan mancanegara saat berlibur di Gili Trawangan Lombok Utara. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sementara, Gubernur NTB Zulkieflimansyah menyatakan direct flight menjadi kunci untuk menarik banyak wisatawan berkunjung ke NTB.

Senada dengan CEO Capital A, Tony Fernandes, Zulkieflimansyah mengatakan bagaimanapun indahnya suatu daerah, jika tidak ada direct flight maka sangat sulit untuk dapat menarik para wisatawan.

"Benar sekali bahwa bagaimanapun cantik dan indahnya daerah yang kami punya, namun jika tidak mempunyai direct flight, sangat sulit bagi kami untuk menarik para wisatawan mengunjungi daerah kami," kata Zulkieflimansyah.

3. NTB memiliki daya tarik sport tourism

Gubernur NTB dan Bos AirAsia Bahas 'Flight' dari Australia dan KoreaSejumlah pembalap beradu kecepatan pada Race 1 WSBK Mandalika 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/11/2022). Pembalap Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu memenangi Race 1 disusul Alvaro Bautista dan Jonathan Rea. (ANTARA/Puspa Perwitasari/tom)

Provinsi NTB merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki daya tarik sport tourism. NTB sukses menyelenggarakan berbagai event sport tourism internasional maupun nasional. Seperti MotoGP, World Superbike (WSBK) dan Motocross Grand Prix (MXGP).

"Sehingga harapannya dengan adanya direct flight AirAsia dari Perth ke Lombok nantinya, kita akan sangat senang untuk menyambut para wisatawan yang datang ke daerah kami," ujarnya.

Gubernur berterima kasih kepada CEO Capital A, Tony Fernandes dengan rencana pembukaan beberapa direct flight ke Lombok. Sehingga membantu NTB untuk dapat dikenal oleh para wisatawan dari berbagai mancanegara.

Dengan dibukanya penerbangan Bali - Lombok (PP), direct flight dari Sydney, Melbourne dan Perth ke Lombok serta Seoul, Korea langsung ke Lombok oleh maskapai Airasia tentu memberikan harapan yang besar bagi NTB.

Baca Juga: Jual BBM Eceran Ilegal, BUMDes di NTB Didorong Bikin Pertashop 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya