Buka Rute Lombok - Kuala Lumpur, Super Air Jet Angkut 141 Penumpang

Diharapkan semakin banyak wisatawan mancanegara ke Lombok

Lombok Tengah, IDN Times - Maskapai penerbangan Super Air Jet resmi membuka rute penerbangan internasional Lombok - Kuala Lumpur, Rabu (23/8/2023). Kegiatan seremonial penerbangan perdana rute Lombok - Kuala Lumpur ini dilakukan di area ruang tunggu penumpang internasional Bandara Lombok, Rabu (23/8/2023) pagi.

Dalam kegiatan ini dilakukan prosesi pengalungan bunga kepada lima orang perwakilan penumpang Super Air Jet nomor penerbangan IU160. Pada penerbangan perdana ini tercatat ada 141 penumpang yang bertolak ke Kuala Lumpur.

Hadir dalam kegiatan ini General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok Rahmat Adil Indrawan, Direktur Niaga Super Air Jet Novi Harahap, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Jamaluddin, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB Lalu Moh Faozal, serta perwakilan Kantor Bea Cukai Mataram dan Kantor Imigrasi Mataram.

1. Frekuensi penerbangan tujuh kali seminggu

Buka Rute Lombok - Kuala Lumpur, Super Air Jet Angkut 141 PenumpangPenumpang Super Air Jet pada penerbangan perdana rute Lombok - Kuala Lumpur, Rabu (23/8/2023). (dok. Bandara Lombok)

General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Lombok Rahmat Adil Indrawan mengatakan penerbangan Lombok-Kuala Lumpur menggunakan armada pesawat Airbus 320-200 berkapasitas 180 kursi kelas ekonomi dengan frekuensi tujuh kali seminggu. Untuk jadwalnya, Super Air Jet nomor penerbangan IU160 berangkat dari Lombok pukul 06.15 WITA dan tiba Kuala Lumpur pukul 09.25 waktu setempat.

Sedangkan Super Air Jet nomor penerbangan IU161 akan berangkat dari Kuala Lumpur pukul 16.50 waktu setempat dan tiba di Lombok pukul 20.00 WITA. Dengan tambahan penerbangan ini, artinya saat ini ada tiga maskapai yang melayani rute internasional dari Lombok, yaitu AirAsia (Lombok-Kuala Lumpur), Scoot (Lombok-Singapura), dan Super Air Jet (Lombok-Kuala Lumpur).

Baca Juga: Pemerintah Targetkan Pengurangan Emisi Karbon 1.185 Juta Ton

2. Diharapkan semakin banyak wisatawan mancanegara ke Lombok

Buka Rute Lombok - Kuala Lumpur, Super Air Jet Angkut 141 PenumpangSuasana di tempat kedatangan penumpang Bandara Internasional Lombok. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Adil menyatakan pihaknya menyambut baik hadirnya pilihan penerbangan baru bagi pengguna jasa di Bandara Lombok ini. Hal ini tentunya akan semakin memudahkan pelaku perjalanan dari Lombok, NTB untuk menuju Kuala Lumpur, Malaysia dan sebaliknya.

Dengan adanya tambahan konektivitas langsung Lombok-Kuala Lumpur diharapkan akan semakin banyak lagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke NTB, baik Lombok dan Sumbawa. Karena selain memiliki kekayaan alam, keragaman budaya, dan destinasi pariwisata yang unik, Lombok juga merupakan tuan rumah bagi event-event internasional serta ajang bergengsi kelas dunia. Salah satunya ajang balap motor MotoGP yang akan digelar pada Oktober 2023 mendatang.

3. Dorong semakin banyak rute penerbangan di Bandara Lombok

Buka Rute Lombok - Kuala Lumpur, Super Air Jet Angkut 141 PenumpangGeneral Manager Bandara Lombok, Rahmat Adil Indrawan. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Adil mengapresiasi pihak Super Air Jet Pemerintah Provinsi NTB, serta seluruh stakeholder yang telah berkolaborasi mewujudkan konektivitas udara dari dan menuju Lombok. Ia berharap akan makin banyak lagi rute-rute penerbangan lain yang hadir di Bandara Lombok.

"Sehingga akan mendorong peningkatan kegiatan pariwisata dan mendukung pertumbuhan ekonomi Provinsi NTB,” ujar Adil.

Bandara Lombok mencatat pertumbuhan pergerakan penumpang pesawat udara sebesar 19 persen pada semester I tahun 2023 jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022 lalu. Pada Januari hingga Juni 2023, jumlah penumpang yang berangkat dan tiba di Bandara Lombok sebanyak 1.103.215 orang, sementara pada tahun lalu tercatat hanya 924.933 orang.

Selain pergerakan penumpang, pergerakan pesawat udara juga mengalami peningkatan. Yaitu dari 9.688 pergerakan pesawat udara pada semester I 2022 menjadi 11.702 pergerakan pesawat udara pada periode yang sama tahun ini, atau tumbuh sekitar 20 persen.

Baca Juga: Jadwal dan Harga Tiket Penyeberangan Lombok - Bali 23 Agustus 2023

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya