Bawaslu NTB Temukan Pengiriman Surat Suara Nyasar ke Daerah Lain

Surat suara DPRD Flores Timur ditemukan di Lombok Utara

Mataram, IDN Times - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTB menemukan pengiriman surat suara Pemilu 2024 yang nyasar ke daerah lain di NTB. Bawaslu NTB melakukan pengawasan terhadap tahapan pengadaan dan distribusi perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan pemungutan suara lainnya pada Pemilu 2024.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu NTB Umar Ahmad Seth di Mataram, Senin (12/2/2024) menjelaskan pihaknya melakukan pengawasan langsung atau melekat terhadap proses pengadaan, sortir, lipat, pengepakan dan distribusi perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainnya, dan perlengkapan pemungutan suara lainnya pada Pemilu 2024 di NTB.

1. Kontainer pengangkut surat suara tujuan Lombok Tengah nyasar ke Lombok Utara

Bawaslu NTB Temukan Pengiriman Surat Suara Nyasar ke Daerah Lainilustrasi surat suara pemilu (ommons.wikimedia.org/Komisi Pemilihan Umum)

Umar mengungkapkan sejumlah temuan dalam distribusi surat suara Pemilu 2024 di NTB. Antara lain, kontainer pengangkut surat suara DPRD Povinsi Dapil 7 dan DPRD kabupaten/kota Dapil 1 dan 2 tujuan KPU Lombok Tengah nyasar ke KPU Lombok Utara.

Sementara itu, surat suara untuk Kota Bima terkirim ke KPU Lombok Tengah sebanyak 1 box atau 500 lembar untuk Dapil II DPRD Kota Bima. Selain itu, surat suara DPD untuk Kabupaten Lombok Barat sebanyak 1 box atau 500 lembar terkirim ke KPU Lombok Timur.

Baca Juga: KPU NTB Temukan 812 TPS Blank Spot dan Lemah Sinyal pada Pemilu 2024

2. Surat suara untuk DPRD Flores Timur ditemukan saat sortir di Lombok Utara

Bawaslu NTB Temukan Pengiriman Surat Suara Nyasar ke Daerah Lain(Pendistribusian logistik pemilu di wilayah perairan kabupaten OKI) IDN Times/istimewa

Umar menambahkan, surat suara yang nyasar juga ditemukan pada saat proses sortir di Lombok Utara. Surat suara untuk DPRD Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) ditemukan saat sortir surat suara DPRD Kabupaten Lombok Utara sebanyak 28 lembar.

Pihaknya juga menemukan surat suara Kabupaten Bima ditemukan pada penambahan kekurangan surat suara untuk DPRD Kabupaten dapil 4 Dompu sebanyak 4 lembar.

"Selama pelaksanaan pengawasan sortir, lipat dan pengepakan surat suara ditemukan surat suara kurang dengan katagori kurang dalam box, lebih serta rusak," terangnya.

3. Kotak dan bilik suara rusak terkena air hujan

Bawaslu NTB Temukan Pengiriman Surat Suara Nyasar ke Daerah LainIlustrasi bilik suara pemilu. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ditambahkan, surat suara yang kurang telah dilakukan pengadaan kembali sehingga kesediaan surat suara untuk Pemilu 2024 telah sesuai kebutuhan dan siap distribusikan. Selanjutnya, kata Umar, terhadap surat suara rusak pertanggal 12 Februari 2024, Bawaslu NTB masih menunggu jadwal dilaksanakannya pemusanahan surat suara rusak oleh KPU Kabupaten/Kota di NTB.

Distribusi perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainnya, dan perlengkapan pemungutan suara lainnya pada Pemilu 2024 telah dilakukan di 4 kabupaten. Yakni Lombok Timur, Sumbawa, Dompu dan Lombok barat.

Sementara 6 kabupaten/kota lainnya akan melakukan distribusi logistik pada 12-13 Februari 2024. Umar menyebutkan kotak suara sebanyak 28 buah dan bilik suara sebanyak 4 buah rusak berat terkena air hujan dalam kontainer saat distribusi logistik Pemilu 2024 di Kabupaten Lombok Timur.

Baca Juga: Bawaslu NTB Ungkap 13.539 TPS Rawan Pelanggaran pada Pemilu 2024 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya