Comscore Tracker

Bangga! Lombok Masuk dalam Zona Waktu pada Peta Dunia MotoGP

Balapan seri kedua MotoGP di Sirkuit Mandalika

Mataram, IDN Times - Gelaran balapan perdana MotoGP 2022 akan dimulai dari Sirkuit Losail, Qatar pada 4 - 6 Februari, akhir pekan ini. Dalam jadwal Grand Prix (GP) Qatar yang dirilis Dorna Sports dikutip dari motogp.com, zona waktu Lombok juga ditampilkan, yang semula hanya menampilkan zona waktu Jakarta.

Sirkuit Mandalika atau Pertamina Mandalika International Street Circuit telah masuk dalam kalender MotoGP 2022. Balapan MotoGP seri kedua akan dilaksanakan di Sirkuit Mandalika pada 18 - 20 Maret mendatang. Pihak Dorna Sports dalam situs motogp.com menyatakan bahwa Sirkuit Mandalika menawarkan pemandangan yang indah dan pengalaman yang tak terlupakan.

1. Lima pembalap berpotensi bersaing perebutkan juara MotoGP 2022

Bangga! Lombok Masuk dalam Zona Waktu pada Peta Dunia MotoGPFrancesco Bagnaia dan Fabio Quartararo (motogp.com)

Sebanyak lima pembalap berpotensi bersaing ketat menjadi juara  balapan MotoGP 2022. Mereka adalah Marc Marquez (Tim Repsol Honda), Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP™), Francesco Bagnaia (Tim Ducati Lenovo), Joan Mir (Tim Suzuki Ecstar) dan Maverick Viñales (Tim Aprilia).

Adapun jadwal GP Qatar 2022 pada Jumat (4/2/2022) adalah untuk latihan bebas. Kemudian pada Sabtu (5/2/2022) adalah babak kualifikasi dan Minggu (5/2/2022) adalah balapan perdana MotoGP 2022. Dalam GP Qatar 2022 juga menampilkan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC), kelas Moto3 dan Moto2.

Baca Juga: Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Dimulai 4 Maret 2022

2. Mandalika tawarkan pemandangan indah dan pengalaman tak terlupakan

Bangga! Lombok Masuk dalam Zona Waktu pada Peta Dunia MotoGPSirkuit Mandalika (Dok. Diskominfotik NTB)

Sementara itu, Dorna Sports dikutip dari motogp.com menyatakan Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit yang dikelilingi oleh pemandangan tropis yang spektakuler. Sirkuit Jalan Internasional Pertamina Mandalika dapat berada di tepi selatan Lombok, Nusa Tenggara Barat. Terletak di sepanjang garis pantai Mandalika yang memesona, Sirkuit Jalan Internasional Pertamina Mandalika menawarkan pemandangan tropis yang indah dan pengalaman yang tak terlupakan.

Indonesia sendiri merupakan negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia, dengan total panjang 54.716 kilometer. Lombok juga terletak strategis. Akses menuju Sirkuit Mandalika melalui Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok di Praya Lombok Tengah atau Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali, kemudian mencapai Lombok dengan menggunakan kapal feri.

Dengan banyaknya hotel dan resort yang tersedia di Lombok, MotoGP menyatakan penonton dapat memilih untuk bermalam di sepanjang pesisir pantai Mandalika yang indah atau area lain di sekitar pulau. Penonton bahkan dapat menginap di beberapa hotel dan resort unik yang tersedia di Bali. Tempat berkemah, serta pilihan akomodasi khusus lainnya, juga akan tersedia di dekat Sirkuit Jalan Internasional Pertamina Mandalika selama menyaksikan MotoGP Mandalika.

3. Pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika dimulai pekan ini

Bangga! Lombok Masuk dalam Zona Waktu pada Peta Dunia MotoGPPemandangan Sirkuit Mandalika dari Bukit Pantai Seger Kuta Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sementara itu, PT. Pembangunan Perumahan (PP) didampingi konsultan yang ditunjuk oleh PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) telah melakukan persiapan untuk pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika sejak Kamis (24/2/2022) lalu. Pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika direncanakan dimulai pekan ini yaitu tanggal 4 Maret mendatang.

Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro mengatakan pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika dimulai 4 Maret, pekan ini. Sedangkan pekerjaan persiapan sudah dimulai tanggal 24 Februari lalu. PT. PP, konsultan yang ditunjuk ITDC dan MGPA telah melakukan setting cold milling machine dan percobaan melakukan pengelupasan permukaan lintasan dengan ketebalan tertentu pada Kamis (24/2/2022).

Setting Cold Milling Machine ini sangat diperlukan. Sehingga dalam proses pengelupasan permukaan lintasan dapat dilakukan dengan kedalaman yang telah ditentukan dan konsisten berlangsung sepanjang permukaan lintasan dari tikungan 16 hingga tikungan 5,5.

Setelah proses setting Cold Milling Machine ini disetujui para pihak. Maka PT. PP akan melakukan pengelupasan permukaan lintasan yang dibagi dalam beberapa section.Selain itu, sedang dipersiapkan bahan baku untuk melapisi permukaan lintasan yang telah dikelupas. Dan juga akan mempersiapkan setting alat-alat berat untuk melakukan pengaspalan ulang permukaan lintasan Sirkuit Mandalika dari tikungan 16 hingga tikungan 5,5.

Baca Juga: Kapal Pengangkut Material Sirkuit Mandalika Hilang Kontak 4 Hari

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya