Bandara Lombok akan Buka Penerbangan Rute Kuala Lumpur 

Penerbangan rute Kuala Lumpur dibuka pada 1 Mei 2022

Mataram, IDN Times - Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid akan melayani penerbangan rute Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) - Kuala Lumpur Malaysia pada 1 Mei 2022 nanti. Penerbangan secara langsung ini akan dilayani Maskapai AirAsia. 

Namun, persoalan karantina masih menjadi hal yang masih didiskusikan.

"Karena Kuala Lumpur sendiri buka per 1 Mei tanpa karantina. Sedangkan kita masih memberlakukan karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi NTB Lalu Moh Faozal, Kamis (7/4/2022).

1. Bicarakan dengan Satgas soal karantina

Bandara Lombok akan Buka Penerbangan Rute Kuala Lumpur Ilustrasi ruang Isolasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Faozal mengatakan, pihaknya akan membicarakan lebih lanjut mengenai skenario karantina ketika penerbangan Lombok - Kuala Lumpur dibuka. Apakah aturan karantina saat ini akan disederhanakan atau tanpa karantina seperti penerbangan internasional ke Bali.

"Kita harus mendiskusikan dengan Satgas di sini tentang karantina. Apakah karantina sama kita tidak berlakukan seperti Bali. Atau ada proses lain, kita akan bicarakan besok," terang Faozal.

Baca Juga: Fenomena La Nina Berakhir, NTB Akan Memasuki Musim Kemarau

2. Penerbangan rute internasional pertama ke Lombok

Bandara Lombok akan Buka Penerbangan Rute Kuala Lumpur Bandara Internasional Lombok (IDN Times/Sunariyah)

Maskapai AirAsia telah mendapatkan slot penerbangan mulai 1 Mei 2022. Penerbangan Lombok - Kuala Lumpur akan menjadi penerbangan internasional pertama sejak pandemik COVID-19. 

Frekuensi penerbangannya sekali dalam sehari.

Menurut Faozal, rute Lombok - Kuala Lumpur punya pasar yang bagus. Selain wisatawan juga ada pekerja migran Indonesia (PMI). NTB merupakan salah satu provinsi pengirim PMI terbanyak ke Malaysia.

3. Dorong pembukaan penerbangan ke Australia dan Singapura

Bandara Lombok akan Buka Penerbangan Rute Kuala Lumpur Ilustrasi pesawat (Pesawat) (IDN Times/Arief Rahmat)

Usai pembukaan penerbangan internasional Lombok - Kuala Lumpur, Pemprov NTB juga mendorong kembali dibukanya penerbangan Lombok - Perth Australia dan Lombok - Singapura.

Saat ini, rute Perth - Bali sudah mulai dibuka dan dinilai ada perkembangan positif dari rute ini.

"Kalau memang skemanya sama kita usulkan juga," tandas mantan Kepala Dinas Pariwisata NTB ini.

Baca Juga: Bayar Utang Daerah Rp227 Miliar, Dewan Akan Geser Dana OPD NTB

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya