6 Pesawat Buatan Negara 'Oppa Lee Min-Ho' Unjuk Gigi di Mandalika

Pertunjukan juga akan dilakukan sebelum race MotoGP

Lombok Tengah, IDN Times - Selain aksi para pembalap dunia di Sirkuit Mandalika, para penonton MotoGP juga disuguhkan aksi Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara. Pertunjukan itu dari Jupiter Aerobatik Team yang dilakukan di langit Mandalika dengan pesawat buatan negara aktor terkenal Lee Min-Ho, Korea Selatan (Korsel).

Tim ini beranggotakan para instruktur pilot Skadron Khusus di bawah Skadron Pendidikan 102, Wing Pendidikan Terbang, Lanud Adisucipto, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Para penonton MotoGP terlihat menikmati atraksi itu.

1. Peragakan aksi menarik selama 15 menit

6 Pesawat Buatan Negara 'Oppa Lee Min-Ho' Unjuk Gigi di MandalikaPenampilan Tim Aerobatik Jupiter TNI AU di langit Sirkuit Mandalika, Sabtu (19/3/2022). (IDN Times/Istimewa)

Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara, Jupiter Aerobatik Team dipimpin Marsekal Muda (Pnb) Anang "Morgan" Nurhadi Susilo. Atraksi menggunakan 6 pesawat KT 1 Woongbee buatan Korsel. Mereka mengisi waktu jeda dari berakhirnya sesi latihan resmi dan babak kualifikasi MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Sabtu (19/3/2022).

Selama 15 menit, mereka memperagakan sejumlah aksi menarik seperti Jupiter Roll, Delta Loop, Eagle to Arrow Head Loop & Break Off, Twin Half Cuban, Jupiter Wheel, dan Tango to Diamond Loop. Cuaca mendung mewarnai langit Mandalika mengiringi aksi Jupiter.

Baca Juga: Penonton: Jarak ke Gate Jauh, Nonton MotoGP Kayak Naik Gunung!

2. Kembali peragakan aksi lebih menarik besok

6 Pesawat Buatan Negara 'Oppa Lee Min-Ho' Unjuk Gigi di MandalikaPemandangan Sirkuit Mandalika dari udara yang diklaim MotoGP sebagai sirkuit paling indah di dunia (www.instagram.com/@motogp)

Tidak hanya pada hari Sabtu (19/3/2022), aksi yang jauh lebih menarik akan disajikan oleh Tim Aerobatik Jupiter pada jeda balapan MotoGP Mandalika, Minggu (20/3/2022). Tim Aerobatik Jupiter TNI Angkatan Udara akan menampilkan 15 atraksi.

Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI Angkatan Udara (Kodiklatau) Marsekal Madya TNI Nanang Santoso, menjelaskan tim ini berangkat dari pangkalan mereka di Yogyakarta, Jumat (18/3/2022). Selain tujuh pesawat dengan 14 pilot, tim juga membawa 57 kru.

3. Telah berlatih selama 2 pekan

6 Pesawat Buatan Negara 'Oppa Lee Min-Ho' Unjuk Gigi di MandalikaPesawat Jupiter Aerobatic Team TNI AU. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Menurut Nanang, Tim Aerobatik Jupiter telah berlatih selama dua pekan untuk acara puncak MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika. Menurutnya hal ini menjadi kesempatan untuk mengangkat Indonesia, pariwisata termasuk TNI Angkatan Udara dengan menghadirkan Jupiter Aerobatic Team.

Pihaknya minta doa restu seluruh masyarakat agar dapat tampil secara maksimal dan sukses memeriahkan MotoGP Mandalika 2022. Tim yang dibentuk pertama kali pada 1996 tersebut telah dua kali beraksi di langit Sirkuit Mandalika.

Aksi pertama pada saat perhelatan World Superbike (WSBK) November 2021, dan MotoGP 2022. Dalam ajang internasional tersebut, Tim Aerobatik Jupiter pada 18 Februari 2022 lalu berhasil memukau publik dalam Singapore Air Show 2022. Mereka juga pernah tampil pada Langkawi Air Show.

"Mudah-mudahan bisa menyukseskan dan menggelegarkan ajang internasional MotoGP. Semoga semua terlaksana dengan aman, lancar, dan sukses," harap Nanang.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya