25.000 Tiket Murah MotoGP Dijual untuk Warga NTB 

Warga NTB diimbau tak hanya menonton, tapi juga jualan

Mataram, IDN Times - Komisaris PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Irzani mengungkapkan sebanyak 25.000 tiket MotoGP Mandalika akan dialokasikan untuk masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB). Supaya masyarakat NTB tertarik membeli, pihaknya mengusulkan agar harga tiket harian untuk hari Sabtu atau Minggu atau pada saat weekend sedikit diturunkan.

Irzani menjelaskan alokasi tiket MotoGP sebanyak 25.000 untuk masyarakat lokal di NTB tujuannya mengatasi kekurangan akomodasi pariwisata. Karena akomodasi pariwisata menjadi salah satu persoalan yang krusial jelang MotoGP Mandalika yang diperkirakan akan dihadiri 100.000 penonton.

"Makanya kita dorong 25.000 tiket untuk yang tidak menginap. Maksudnya untuk masyarakat NTB. Supaya masyarakat tertarik beli tiket maka turunkan tarif yang untuk hari Sabtu atau Minggu. Ini salah satu cara kita memberikan ruang seluas-luasnya bagi masyarakat lokal," kata Irzani dikonfirmasi di Mataram, Rabu (2/2/2022).

2. Jual tiket harian supaya dapat dijangkau masyarakat

25.000 Tiket Murah MotoGP Dijual untuk Warga NTB Komisaris ITDC Irzani (IDN Times/Muhammad Nasir)

Irzani mengatakan agar tiket MotoGP Mandalika dapat dijangkau oleh masyarakat lokal, maka dijual dalam bentuk tiket harian. Terutama pada hari Sabtu dan Minggu, harga tiketnya juga perlu diturunkan sedikit untuk masyarakat lokal di NTB.

"Polanya dibuat tiket harian. Supaya terjangkau oleh masyarakat. Kalau tiket tiga harian, itu relatif agak mahal. Porsinya yang 25.000 seet (kursi) kita dorong untuk penonton lokal. Supaya kekurangan akomodasi bisa diatasi," imbuhnya.

Baca Juga: Taman Hiburan Loang Baloq, Ikon Wisata Baru di Kota Mataram 

2. Sirkuit Mandalika siap untuk tes pramusim MotoGP

25.000 Tiket Murah MotoGP Dijual untuk Warga NTB Balapan WSBK Mandalika, November 2021 (IDN Times/Muhammad Nasir)

Irzani menuturkan Sirkuit Mandalika sudah siap digunakan untuk gelaran tes pramusim MotoGP pada 11 - 13 Februari mendatang. Kesiapan tersebut diperoleh dari laaporan jajaran Direksi ITDC. Begitu juga saat gelaran balap MotoGP pada 18 - 20 Maret mendatang, Sirkuit Mandalika secara teknis sudah siap digunakan.

Saat ini, kata Irzani, pembangunan fasilitas pendukung seperti tribun penonton sedang dikerjakan di lapangan. "Laporan direksi optimistis . Besok tes pramusim sudah ready digunakan. Tapi kalau untuk tes pramusim MotoGP, ndak ada penontonnya. Hanya pembalap dan ofisial saja," terangnya.

3. Dorong masyarakat jualan daripada menonton

25.000 Tiket Murah MotoGP Dijual untuk Warga NTB UMKM lokal menjajakan baju kaos saat perhelatan WSBK Mandalika, November 2021 (IDN Times/Muhammad Nasir)

Irzani mendorong masyarakat lokal memanfaatkan momentum perhelatan MotoGP Mandalika, tidak hanya menonton balapan. Tetapi ia mendorong agar masyarakat lokal sibuk berjualan.

Jangan sampai momentum MotoGP hanya dimaanfaatkan masyarakat dari luar NTB. Ia memberikan contoh pada saat gelaran World Superbike (WSBK) Mandalika pada November 2021. Justru momentum tersebut banyak dimanfaatkan masyarakat luar daerah seperti Bandung dan Jakarta untuk jualan baju kaos.

"Sementara kita sibuk nonton, sibuk cari tiket. Pada waktu WSBK, saya ketemu anak muda dari Bandung. Dua karung dia bawa kaos. Dia beli tiket Rp2 juta, dia ndak nonton. Tetapi berdagang. Dia bawa pulang Rp100 juta. Dia jual Rp150.000 satu kaos. Modalnya hanya Rp35.000," tutur Irzani.

 

Baca Juga: Lotim Punya Kampung Lobster, KKP Kucurkan Anggaran Sebesar Rp59 Miliar

4. Harga tiket

25.000 Tiket Murah MotoGP Dijual untuk Warga NTB ilustrasi balap motogp (motogp.com)

Sebagaimana diketahui, ITDC bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku bagian dari ITDC Group, membuka penjualan tiket balap motor Grand Prix of Indonesia (MotoGP) 2022 di sejumlah platform online dan offline. Lebih dari 62.000 tiket MotoGP Mandalika dijual setiap hari dan dapat dibeli melalui sejumlah platform online.
Di antaranya, My Pertamina Apps, InJourney, Xplorin yang didukung oleh Bank NTB Syariah, Livin’ by Mandiri, Tiketapasaja.com, Tiket.com, dan DyandraTiket.com. Tiket juga dapat dibeli secara offline di seluruh gerai Indomaret, Alfamart, dan Angkasa Pura Hotels yang tersebar di Indonesia.

Secara online, tiket MotoGP dapat dibeli untuk seluruh kategori yakni VIP Hospitality Suites Deluxe Class, Premium Grandstand, Standard Grandstand dan General Admission. Sedangkan melalui offline, tiket yang dapat dibeli adalah kategori Standard Grandstand dan General Admission baik untuk tiket harian maupun weekend pass.

Tiket MotoGP dijual dalam berbagai bentuk dan range harga, sehingga calon penonton dapat memilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Kategori General Admission, Standard Grandstand, dan Premium Grandstand, dijual dalam bentuk tiket harian dan paket weekend pass yang berlaku untuk Sabtu dan Minggu.

Tiket harian, terdiri dari tiket hari pertama (18 Maret) pada harga Rp 115.000 – Rp 431.250, tiket hari kedua (19 Maret) pada harga Rp 287.500 – Rp 1.150.000, dan tiket race day (20 Maret) pada harga Rp 575.000 – Rp 1.725.000. Paket weekend pass tersedia dengan harga Rp 805.000 – Rp 2.587.000. Sementara kategori VIP Hospitality Suites Deluxe Class, tersedia tiket 3 days pass yang dijual dengan harga Rp 10.000.000 (berlaku untuk menonton selama tiga hari).

Untuk masyarakat yang ingin menyaksikan balapan secara langsung, ITDC Group telah menetapkan sejumlah ketentuan atau syarat menonton MotoGP 2022. Syarat tersebut antara lain wajib membeli tiket melalui jalur resmi yang ditentukan, penonton sudah berumur 12 tahun ke atas, sudah mendapatkan dua dosis vaksinasi COVID-19 sebelum memasuki area Sirkuit yang dibuktikan dengan keterangan pada aplikasi PeduliLindungi, dan wajib menunjukkan hasil PCR (2x24 jam)/antigen (1x24 jam) sebelum memasuki area Sirkuit.

Apabila penonton belum terdaftar dalam aplikasi PeduliLindungi, diwajibkan untuk menunjukkan hasil tes PCR/Antigen dari Rumah Sakit/Klinik. Bagi Warga Negara Asing, diwajibkan untuk menunjukkan sertifikat vaksin serta hasil tes PCR/Antigen sesuai dengan prosedur yang dikirim melalui email terdaftar.

Baca Juga: NTB Siapkan 1.000 UMKM Lokal Jualan saat MotoGP Mandalika 2022 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya