240 Atlet NTB Lolos PON Aceh - Sumut 2024, Butuh Anggaran Rp36 Miliar

40 cabor Lolos PON Aceh - Sumut 2024

Mataram, IDN Times - Sebanyak 40 cabang olahraga (cabor) di Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah mengantongi tiket PON Aceh - Sumut 2024 dengan jumlah atlet sebanyak 240 orang. Jumlah cabor yang lolos PON Aceh - Sumut 2024, dua kali lipat dibandingkan pada PON Papua 2021.

"Kalau PON Papua 2021 ada 19 cabor, jumlah atlet 104 orang. Sekarang dari 40 cabor, jumlah atletnya 240 orang. Sampai saat ini masih ada dua sampai tiga cabor yang belum selesai babak kualifikasi PON seperti biliar dan panahan. Itu akan tuntas pada awal Desember. Jadi jumlah atlet bisa saja meningkat," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) NTB Tri Budiprayitno dikonfirmasi IDN Times, Jumat (17/11/2023).

1. Butuh Anggaran dua kali lipat dari PON Papua

240 Atlet NTB Lolos PON Aceh - Sumut 2024, Butuh Anggaran Rp36 MiliarIlustrasi Anggaran. (IDN Times/Aditya Pratama)

Tri mengatakan jumlah cabor dan atlet yang akan diberangkatkan berkompetisi di PON Aceh - Sumut 2024, dua kali lipat dari PON Papua 2021. Konsekuensinya, Pemprov NTB harus menyiapkan anggaran dua kali lipat dari PON Papua.

Pada saat PON Papua 2021, Pemprov NTB mengalokasikan anggaran sebesar Rp18 miliar. Sehingga pada PON Aceh - Sumut 2024, anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp36 miliar.

"Kalau melihat cabor yang lolos dan jumlah atletnya 100 persen meningkat dari PON sebelumnya tentunya dibutuhkan alokasi dana yang lebih lagi," kata pria yang akrab disapa Yiyit ini.

Baca Juga: BKD NTB Ungkap Banyak Pelamar PPPK Beda Foto dengan Wajah Aslinya

2. Petakan peluang lewat sport intelijen

240 Atlet NTB Lolos PON Aceh - Sumut 2024, Butuh Anggaran Rp36 MiliarAtlet NTB peraih medali di PON XX Papua 2021 saat diberikan bonus oleh Pemprov NTB (Dok. Diskominfotik NTB)

Yiyit menambahkan idealnya ada alokasi anggaran yang cukup untuk memberangkatkan atlet pada PON Aceh-Sumut 2024. Namun, melihat kondisi keuangan daerah yang terbatas, pihaknya sudah meminta KONI NTB dan pengurus cabor untuk berdiskusi membuat beberapa opsi.

KONI NTB dan cabor diminta melakukan pemetaan cabor-cabor yang berpeluang mendulang medali di PON Aceh-Sumut 2024. "Artinya, bagaimana pun sport intelijen juga harus dilakukan terkait pemetaan peluang-peluang kita," ujarnya.

Selain pendanaan dari Pemda, pihaknya berharap dunia usaha dan industri serta perorangan dapat berkontribusi memberikan dukungan terhadap atlet NTB yang akan berlaga di event olahraga tingkat nasional tersebut.

3. Antisipasi atlet NTB yang hengkang membela daerah lain

240 Atlet NTB Lolos PON Aceh - Sumut 2024, Butuh Anggaran Rp36 MiliarTim sepatu roda NTB yang berhasil lolos PON Aceh - Sumut 2024. (dok. Istimewa)

Yiyit mengatakan pihaknya bersama cabor juga berusaha mengantisipasi adanya atlet yang hengkang membela daerah lain di PON Aceh-Sumut 2024. Pada PON mendatang, Pemprov NTB menargetkan meraih 20 medali emas.

"Ini sudah dipetakan, cukup rasional target 20 medali emas. Pelatda segera digelar setidaknya bulan Januari tahun depan. Jadwalnya PON digelar bukan September. Apakah dimajukan atau tidak karena adanya Pilkada. Sejauh ini on schedule PON bulan September 2024," tandasnya.

Adapun 40 cabor yang sudah lolos PON Aceh-Sumut 2024 yaitu atletik, menembak, gateball, petanque, bermotor, hopkido, hoki, tinju, kurash, bridge, catur, selam, tenis meja, bulu tangkis, sepaturoda, kempo, muaythai, karate, soft tenis, balap sepeda, tenis lapangan, triathlon, dance sport, pencak silat.

Kemudian e-sport, berkuda, selancar ombak, akuatik, anggar, senam, kabaddi, tarung derajat, taekwondo, kick boxing, voli pasir, Wushu, panjat tebing, judo, biliar, dan gulat.

Baca Juga: Dikes NTB Ungkap Hasil Uji Laboratorium Pasien Suspek Cacar Monyet

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya