TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tiket Pesawat dan Hotel Mahal, WSBK Mandalika Terancam Sepi Penonton

Kenaikan harga akomodasi jangan lampaui batas kewajara

twitter.com/ducaticorse

Mataram, IDN Times - Gelaran balap motor World Superbike (WSBK) Mandalika pada 11 - 13 November 2022 terancam sepi penonton. Pasalnya, harga tiket pesawat secara nasional masih cukup tinggi. Belum lagi, tarif kamar hotel di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang mulai merangkak naik. Padahal tiket WSBK Mandalika 2022 belum dijual.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia atau Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (ASITA) NTB, Dewantoro Umbu Joka meminta Pergub No. No. 9 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Usaha Jasa Akomodasi agar segera direvisi.

"Kalau harga tiket pesawat mahal, hotel juga mahal maka akan sepi penonton. Kita bukan pesimis. Apalagi WSBK ini beda dengan MotoGP," kata Dewantoro di Mataram, Selasa (2/8/2022).

Baca Juga: Dijual Bulan Ini, Harga Tiket WSBK Mandalika Lebih Murah dari MotoGP 

1. Olahraga minat khusus, IMI harus aktif

Ketua ASITA NTB Dewantoro Umbu Joka. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dewantoro mengatakan event WSBK merupakan olahraga minat khusus. Sehingga menurutnya, Ikatan Motor Indonesia (IMI) juga harus aktif agar komunitas sepeda motor di Indonesia dapat meramaikan event tersebut. Karena jika berkaca pada event WSBK Mandalika 2021, penonton banyak berasal dari luar NTB.

Tetapi penontonnya berasal dari kementerian dan lembaga terkait. "Karena ini olahraga minat khusus. IMI NTB harus bersinergi dengan pelaku wisata. Karena dia tahu komunitas penggemar WSBK, komunitas motor yang ada di Indonesia," sarannya.

2. Kenaikan akomodasi jangan lampaui batas kewajaran

Hotel Pullman Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dewantoro berharap kepada pelaku wisata yang ada di NTB seperti usaha transportasi, travel agen dan perhotelan supaya jangan menaikkan harga akomodasi melampaui batas kewajaran. Menurutnya, harga akomodasi boleh naik tetapi harus wajar.

Karena gelaran WSBK dan MotoGP di Mandalika bukan hanya digelar tahun ini. Tetapi akan digelar dalam beberapa tahun mendatang. Menurut Dewantoro, Malaysia dan Thailand bisa dijadikan sebagai pembanding. Untuk paket nonton WSBK Mandalika dan berwisata paling tidak penonton mengeluarkan uang Rp4 - 5 juta.

Baca Juga: Calon TKI NTB Keluarkan Uang Rp2,5 Juta ke Calo Demi Dapat Paspor

Berita Terkini Lainnya