Balap Sportbike Digelar di Sirkuit Mandalika, Tiket Mulai Rp50 Ribu

Tolak ukur menghadapi kejuaraan ARRC

Lombok Tengah, IDN Times - Kejuaraan nasional balap Sportbike kembali digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 15 - 16 Juli 2023. Sebelumnya, balap Sportbike menjadi supporting race pada gelaran World Superbike (WSBK) Mandalika, 3 - 5 Maret 2023 lalu.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengatakan balap Sportbike akan mempertandingkan semua kelas yaitu kelas sport 150 cc, kelas sport 250 cc dan kelas supersport 600 cc. Event balap Sportbike akan dibuka untuk masyarakat yang ingin menonton balap motor nasional tersebut dengan harga tiket mulai dari Rp50 ribu hingga Rp250 ribu.

1. Tribun J dan K Sirkuit Mandalika akan dibuka untuk penonton

Balap Sportbike Digelar di Sirkuit Mandalika, Tiket Mulai Rp50 RibuPenonton WSBK Mandalika memadati tribun merah putih pada final race WSBK Mandalika, Minggu (13/11/2022). (dok. MGPA)

Priandhi merincikan harga tiket Kejurnas Balap Sportbike 2023, kategori tiket Zone A Rp50.000, Premiere Class Rp 250.000 - include paddock pass. Sedangkan Paddock Pass Rp 100.000, parkir mobil Rp25.000 dan motor Rp10.000.

"Penyelenggara akan membuka tribun J dan K bagi warga yang ingin menonton kejuaraan balap motor nasional ini. Jika memungkinkan, tribun lain akan dibuka juga untuk penonton," kata Priandhi dalam keterangannya, Kamis (13/7/2023).

Untuk memeriahkan acara tersebut, disiakan giveaway, akses paddock pass, meet and greet dengan pembalap, bazar UMKM, panggung musik dan lomba foto. Tiket balap Sportbike dijual di aplikasi Xplorin dan akan tersedia juga tiket box di pintu masuk sirkuit Mandalika.

Baca Juga: PPDB di NTB, Peserta Didik Ubah Alamat KK Demi Masuk Sekolah Favorit 

2. Tiga kelas balap Sportbike yang dipertandingkan di Sirkuit Mandalika

Balap Sportbike Digelar di Sirkuit Mandalika, Tiket Mulai Rp50 RibuDirektur Utama MGPA Priandhi Satria (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dijelaskan balap Sportbike pada 15 - 16 Juli 2023 merupakan putaran kedua setelah digelar ronde pertama pada saat WSBK Mandalika, 3 - 5 Maret lalu. Berbeda dengan putaran sebelumnya, Balap Sportbike ini akan mempertandingkan semua kelas Kejurnas yakni Sport 250, Sport 150 dan Supersport 600.

Selain itu, akan dibuka juga kelas Underbone 150 dan Supersport/Superbike Community sebagai supporting race. Digelarnya tiga kelas balap Sportbike dan dua supporting race akan membuat sensasi baru untuk para pembalap nasional dalam menaklukan tantangan di Sirkuit Mandalika sepanjang 4,3 kilometer tersebut.

3. Tolak ukur menghadapi Asia Road Racing Championship pada bulan Agustus

Balap Sportbike Digelar di Sirkuit Mandalika, Tiket Mulai Rp50 RibuKejurnas balap Sportbike di Sirkuit Mandalika, 3 - 5 Maret 2023. (dok. MGPA)

Priandhi menjelaskan Kejurnas Balap Sportbike atau Mandalika Racing Series telah menjadi entitas baru di dunia motorsport Indonesia karena menjadi kejuaraan nasional berjenjang menuju pentas dunia. Ia mengatakan pada putaran pertama, balap Sportbike mampu mengundang pembalap papan atas nasional untuk berkompetisi didukung para pabrikan.

Sementara Eddy Saputra dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) mengungkapkan, Mandalika Racing Series telah membangkitkan semangat para pembalap untuk bisa bersaing menjadi yang terbaik di kelas sportbike. Pada putaran sebelumnya, 18 pembalap di Kelas Sport 250 telah membuktikan performanya tampil di hadapan puluhan ribu penonton WSBK Mandalika.

Selain menjadi ajang bergengsi Kejurnas, Mandalika Racing Series akan menjadi tolak ukur kesiapan pembalap menghadapi gelaran Asia Road Racing Championship (ARRC) putaran keempat pada Agustus mendatang. Event ini diharapkan tetap berkesinambungan menjadi ajang pembinaan dan prestasi.

Baca Juga: Erick Ingin Setiap Bulan Ada Event di Sirkuit Mandalika

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya