Pesawat Rusak, Super Air Jet Rute Lombok - Jakarta Gagal Terbang

Pesawat mengalami kerusakan teknis

Lombok Tengah, IDN Times - Pesawat Super Air Jet dengan rute penerbangan Bandara Internasional Lombok - Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta, gagal terbang. Pesawat jenis Airbus A320-232 dengan registrasi PK-SGC tersebut mengalami kerusakan teknis saat akan take off pada Jumat (14/7/2023) pukul 14.25 WITA.

"Dia mau berangkat, ada kerusakan teknis, iya kembali lagi ke apron. Kembali lagi ke parkiran, penumpangnya diturunkan. Sekarang mungkin masih di apron masih dicek sama teknisi," kata General Manager AirNav Indonesia Cabang Lombok Kiki Adrian, Jumat (14/7/2023).

1. Pesawat mengalami kerusakan

Pesawat Rusak, Super Air Jet Rute Lombok - Jakarta Gagal TerbangBandara Internasional Lombok (IDN Times/Sunariyah)

Adrian mengatakan belum tahu jumlah penumpang dalam pesawat Super Air Jet yang gagal tersebut. Namun yang pasti pesawat tidak bisa melanjutkan take off karena mengalami kerusakan mesin.

"Kurang jelas kerusakannya apa. Yang kami tahu dia minta kembali (ke apron) dia tidak bisa melanjutkan take off, gitu aja. Pesawat balik lagi ke apron," terang Adrian.

Baca Juga: 2030, Perspebsi Prediksi 1 Dokter Bedah Saraf Layani 500.000 Penduduk

2. Tidak mengganggu penerbangan lain

Pesawat Rusak, Super Air Jet Rute Lombok - Jakarta Gagal TerbangPesawa parkir di apron Bandara Internasional Lombok. (dok. Humas Bandara Lombok)

Meskipun pesawat tersebut gagal terbang, namun Adrian mengatakan tidak sampai mengganggu penerbangan yang lain. Karena di Bandara Internasional Lombok ada tiga taxi way untuk menuju landasan pacu.

"Kita punya tiga taxi way penghubung. Kondisi terakhir pesawat masih di apron. Saya tadi lihat terakhir di situ," tuturnya.

3. Pergerakan pesawat di Bandara Internasional Lombok meningkat

Pesawat Rusak, Super Air Jet Rute Lombok - Jakarta Gagal TerbangGeneral Manager Bandara Internasional Lombok, Rahmat Adil Indrawan. (IDN Times/Muhammad Nasir)

General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok Rahmat Adil Indrawan mengatakan pergerakan penumpang pada semester I 2023 mencapai angka 1.103.215 orang. Jumlah penumpang selama enam bulan mengalami pertumbuhan sebesar 19 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022 lalu.

Pada Januari hingga Juni 2023, jumlah penumpang yang berangkat dan tiba di Bandara Lombok sebanyak 1.103.215 penumpang, sementara pada tahun lalu tercatat hanya 924.933 penumpang.

Selain itu, pergerakan pesawat udara juga mengalami peningkatan di Bandara Internasional Lambok. Pada semester I 2023, pergerakan pesawat tercatat 11.702. Angkanya tumbuh sebesar 20 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022 yaitu sebanyak 9.688 pergerakan pesawat udara.

Baca Juga: Heboh Jasa Sewa Pacar di Mataram, LPA Khawatir Mengarah ke Prostitusi 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya