Comscore Tracker

Zul: Jokowi Intruksikan Semua Menteri Bantu NTB pada MotoGP 2022

Infrastruktur harus diperhatikan jelang MotoGP 2022

Sumbawa, IDN Times - Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat Dr. H. Zulkieflimansyah menargetkan jumlah penonton untuk ajang event MXGP atau balap Motor Cross Grand Prix bisa mencapai 300 ribu penonton yang direncanakan pada Juni 2022 mendatang. Begitu pula pada event MotoGP dan WSBK yang diharapkan bisa mendatangkan lebih banyak penonton.

Sebelumnya, lokasi pembangunan sirkuit MXGP direncanakan akan dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika yang akan berdekatan dengan Sirkuit Pertamina Mandalika.

1. Dorong kemajuan ekonomi NTB

Zul: Jokowi Intruksikan Semua Menteri Bantu NTB pada MotoGP 2022Pengunjung WSBK di Sirkuit Pertamina Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi

Pada tahun 2022 mendatang, tiga event Internasional mulai dari MXGP, WSBK, dan MotoGP digelar secara terpusat di KEK Madalika. Ketiga event bergengsi ini dipercaya dapat menjadi pendorong perekonomian daerah.

Dalam menyambut ketiga event bergengsi itu, kata Gubernur NTB, Pemerintah harus menyiapkan segala infrastruktur bagi para pengunjung yang hadir membuat rasa nyaman.

"Kita ingin banyak event hadir di daerah kita, tetapi jangan sampai daerah kita tidak menyiapkan infrastruktur,” ujar Zul, saat memberikan sambutan dalam acara Penyerahan Alokasi Dana Transfer Daerah dan Dana Desa (TKDD) di Kantor Bupati Sumbawa, Jumat (3/12/2021).

2. Buat tamu merasa nyaman ke NTB

Zul: Jokowi Intruksikan Semua Menteri Bantu NTB pada MotoGP 2022Tamu WSBK saat naik bus menuju Sirkuit Pertamina Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi

Sebagai tuan rumah untuk event kelas internasional, Gubernur NTB mengajak seluruh pihak menyambut tamu dan membuat mereka merasa nyaman ketika berada di NTB. Membuat tamu merasa nyaman, kata Zul, adalah prioritas utama dalam menyambut semua event internasional. Zul menambhkan, selain mempunyai banyak lokasi wisata yang indah yang nyaman dipandang mata, warga juga harus ikut membuat para tamu merasa nyaman.

“Kita punya banyak pantai indah, bagus gunungnya. Tetapi kalau kita datang ke toiletnya sangat tidak layak untuk kita datangi," tuturnya seraya mengkritik.

Kepada seluruh pimpinan daerah kabupaten dan kota di NTB, Zul mengimbau untuk sama-sama berdiskusi melakukan perubahan. Dengan saling tukar cerita semua pimpinan daerah di NTB, kata Zul, sedapatnya bisa bertukar pikiran untuk NTB yang layak bagi tamu-tamu ketika berkunjung ke NTB.

“Sehingga dapat menemukan jalan keluar dan langkah yang bisa diambil,” katanya.

3. Event MXGP target 300 ribu penonton

Zul: Jokowi Intruksikan Semua Menteri Bantu NTB pada MotoGP 2022Presiden Joko Widodo bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah bertemu membahas event MotoGP di Mandalika/dok. Humas Pemprov NTB

Pemprov NTB terus berupaya agar lokasi perhelatan MXGP bisa dilaksanakan di pulau Sumbawa tepatnya di Kabupaten Dompu Tambora. Hanya saja, kata dia, yang menjadi persoalan jumlah logistik MXGP lebih besar dari event World Superbike November lalu .

Apalagi jumlah penonton event MXGP bisa mencapai 300 ribu penonton. Jadi harus benar-benar disiapkan dengan matang.

"Kalau kita tidak mulai menaruh event di pulau Sumbawa maka makin lama pulau Sumbawa ini akan tertinggal sekali."

Ia bertutur usai bertemu Presiden Joko Widodo bahwa presiden telah menginstruksikan agar seluruh menteri turut membantu perhelatan event MotoGP yang digelar pada Maret 2022 mendatang.

"Semua menteri akan membantu NTB sesuai instruksi Presiden," tutupnya.

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya