Ternyata Bukit ini Jadi Inspirasi Awal Pembangunan Sirkuit Mandalika

Bukit 360 akan jadi lokasi menonton paling elit di Mandalika

Lombok Tengah, IDN Times - Keistimewaan Sirkuit Pertamina Mandalika yang menjadi kebanggaan warga negara Indonesia dipercaya bisa memikat hati para rider yang akan berlaga pada event balap motor internasional MotoGP pada musim 2022 mendatang.

Letak dan topografi yang dikelilingi perbukitan masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika membuat keistimewaan tersendiri pada Sirkuit Pertamina Mandalika yang diresmikan pada tanggal 11 November 2021 lalu.

1. Siap gelar tiga event skala internasional

Ternyata Bukit ini Jadi Inspirasi Awal Pembangunan Sirkuit MandalikaArea Paddock Sirkuit Pertamina Mandalika (IDN/Ahmad Viqi)

Sejak diresmikan Presiden Ir. Joko Widodo, Sirkuit Pertamina Mandalika bisa dibilang sukses menggelar event World Superbike (WSBK) dan event Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) pada bulan November 2021 lalu. Hampir semua pembalap yang berlaga di Sirkuit Pertamina Mandalika mengagumi tata letak Sirkuit Pertamina Mandalika.

Lokasi yang bersebelahan di sebelah Pantai bersejarah yaitu Pantai Seger Kuta Mandalika menambah daya tarik wisatawan lokal bahkan internasional untuk menonton event MotoGP. 

"Mereka berhasil menjadi tuan rumah event kelas dunia. Selamat untuk mereka penyelenggara sirkuit (Mandalika), dan ini adalah pengalaman yang sangat menyenangkan," kata Jonathan Rea pemenang dua race di Sirkuit Pertamina Mandalika usai gelaran WSBK bulan November 2021 lalu.

Baca Juga: Direksi MGPA Dirombak, NTB Harapkan MotoGP Lebih Baik dari WSBK

2. Sirkuit Mandalika miliki bukit 360

Ternyata Bukit ini Jadi Inspirasi Awal Pembangunan Sirkuit MandalikaMarshal di Sirkuit Pertamina Mandalika (IDN Times/Ahmad Viqi)

Direktur Teknik dan Operasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Samsul Purba mengatakan bahwa ada bukit 360 di tengah Sirkuit Pertamina Mandalika tepat di sebelah tikungan 10 yang menjadi tikungan paling indah.

Menurut Purba, jika berdiri dari atas bukit 360, sejauh mata memandang bisa melihat sirkuit Mandalika secara keseluruhan. Di samping itu juga bisa melihat keindahan pantai Seger dan sekitarnya. 

"Nanti di bukit 360 akan dibuat beberapa bangunan yang kita sebut dengan corporate launch," ujar Purba.

Sejauh ini beberapa perusahan telah berkontrak dengan PT ITDC untuk merealisasikan pembangunan ini.

"Nanti korporat yang sudah berkontak inilah yang akan mengelola lokasi penonton-penonton yang bisa diakreditasi di corporate launch. Ini luar dari target penonton saat ini," ujar Purba.

3. Pembangunan sirkuit Mandalika berawal dari bukit 360

Ternyata Bukit ini Jadi Inspirasi Awal Pembangunan Sirkuit MandalikaPemandangan Sirkuit Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit/dok. Humas ITDC

Usai didaki presiden Jokowi kata Purba progres pembangunan bukit 360 baru capai 40 persen. Purba juga mengaku, pembangunan korporat launch di bukit 360 ditargetkan bisa dimanfaatkan 100 persen sebelum race MotoGP pada tanggal 18 Maret 2022.

"Nanti lengkap dengan furniture, lengkap juga dengan fasilitas lain yang harus ada di situ," katanya.

Purba juga menjelaskan menonton balapan dari atas bukit 360 bisa melihat view Sirkuit Pertamina Mandalika secara menyeluruh. Bahkan, kata Purba, pembangunan sirkuit Pertamina Mandalika pertama kali datang ketika Dorna Sport menaiki bukit 360 ini.

"Awalnya meraka terkesan atau impresi pertama. Jadi bagaimana kalau kita desain sirkuit yang lokasinya seperti ini. Setelah melihat view dari atas Bukit 360 mereka langsung oke," pungkas Purba. 

Baca Juga: NTB Siapkan 1.000 UMKM Lokal Jualan saat MotoGP Mandalika 2022 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya