Siswa di Bima ini Juara 1 Olimpiade Nasional dari 2.000 Peserta

Muhammad Ra’f Dzakir juara olimpiade bahasa inggris nasional

Kota Bima, IDN Times – Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Bima mengukir prestasi di kancah Nasional. Muhammad Ra’if Dzakir  berhasil mengharumkan nama Provinsi Nusa Tenggara Barat usai berhasil meraih nilai sempurna pada kompetisi Olimpiade Bahasa Nasional (OBN) kategori Bahasa Inggris SMA/SMK/MA/Sederajat Tingkat Nasional.

“Dia telah mengharumkan nama NTB dan lebih khusus Kementerian Agama Republik Indonesia,” Kepala MAN 2 Kota Bima Muslihah, Selasa (18/1/2022) di Bima.

Muhammad Ra’if Dzakir  berhasil menjadi juara usai meraih nilai sempurna dari 2.000 peserta. Dia mendapatkan poin tertinggi pada kompetisi itu.

1. Raih nilai sempurna di OBN

Siswa di Bima ini Juara 1 Olimpiade Nasional dari 2.000 Pesertailustrasi angka-angka (unsplash.com/Volkan Olmez)


Ra’if  adalah siswa MAN 2 Kota Bima yang berhasil mendapatkan nilai sempurna kategori Bahasa Inggris jenjang SMA pada ajang kompetisi OBN tingkat nasional. Siswa asal Kota Bima ini berhasil bersaing dengan sekolah lainnya dari seluruh Indonesia dengan memperoleh nilai maksimal poin 200.

“Ra’if ditetapkan sebagai juara terbaik 1 dari dua ribuan peserta,” ujar Muslihah dilansir laman https://ntb.kemenag.go.id.

Baca Juga: Mengenal Tari Lenggo untuk Menyambut Tamu di Bima

2. Peserta dari seluruh Indonesia

Siswa di Bima ini Juara 1 Olimpiade Nasional dari 2.000 PesertaMAN 2 Bima NTB/dok. MAN 2 Bima

Menurut Muslihan, prestasi Ra’if  sangat berkesan di awal tahun 2022 ini. Sebab, hampir 2.000 siswa OBN berasal dari dari sekolah-sekolah favorit dari seluruh Indonesia.

“Excellent. Alhamdulillah. Prestasi siswa dari madrasah yang patut diperhitungkan karena mampu meraih peringkat teratas dengan nilai sempurna,” ujarnya.

Terbukti, Ra’if yang berasal dari sekolan non favorit di MAN 2 Kota Bima mampu bersaing dengan ribuan siswa dari seluruh Indonesia.

3. OBN dilaksanakan secara daring

Siswa di Bima ini Juara 1 Olimpiade Nasional dari 2.000 PesertaIlustrasi toko online (Pexels/PhotoMIX Company)

Pendaftaran kompetisi OBN dibuka mulai tanggal 19 Desember 2021 sampai dengan 6 Januari 2022 lalu. Pelaksanaan kompetisi dilaksanakan secara online pada 7-9 Januari 2022. Pengumuman hasil kompetisi pada tanggal 15 Januari 2022.   

Nama Ra’if masuk sebagai peserta juara terbaik 1 dengan poin sempurna 200. Masing-masing juara 1 terbaik, juara terbaik 2, dan juara terbaik 3 mendapatkan sertifikat cetak tingkat nasional, E-Sertfikat dengan nomor dan QR code, medali, dan merchandise.

Kompetisi OBN sendiri digelar oleh Indonesian Modern Quiz. Kompetisi ini juga diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia ini terdiri dari 2 bidang studi, yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk jenjang SMP sederajat dan SMA sederajat.

Baca Juga: Mengenal Bahasa Bima dari Suku Mbojo di NTB

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya