Comscore Tracker

Proyek JKK MotoGP Mandalika Lombok Diterjang Banjir 

ITDC pastikan proyek tak terganggu

Praya, IDN Times - Tingginya intensitas hujan di wilayah Kabupaten Lombok Tengah membuat sejumlah daerah terendam banjir pada, Sabtu (30/1/2021) pukul 23:00 WITA. 

Akibatnya, tiga kecamatan di wilayah Kabupaten Lombok Tengah baik di Kecamatan Pujut, Praya Barat dan Praya Barat Daya terendam banjir.

Selain itu, beberapa lokasi pembangunan proyek Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Lombok pun diterjang banjir.

1. Data sementara 350 KK di Lombok Tengah terdampak banjir

Proyek JKK MotoGP Mandalika  Lombok Diterjang Banjir Suasana banjir di Kecamatan Kuta Mandalika Lombok/dok. BPBD provinsi NTB

Berdasarkan pemantauan sementara, sebanyak 350 Kepala Keluarga (KK) di Desa Kuta Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah terdampak banjir. 

Banjir yang melanda Desa Kuta dan Mertak, Sukadan, Kabul, Tampak, Mangkung dan Banyu Urif itu akibat intensitas hujan yang cukup tinggi Minggu malam.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Barat Ir.Zainal Abidin mengatakan, akibat hujan lebat yang terjadi tadi malam mengakibatkan 6 Desa terendam banjir di wilayah Kecamatan Pujut dan Praya Barat Daya serta Praya Barat Daya. 

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian banjir di beberapa Dusun tersebut. Total sementara sekitar 350 KK yang terdampak banjir," katanya, Minggu (31/1/2021).

2. Proyek KEK Mandalika dipastikan tetap berjalan

Proyek JKK MotoGP Mandalika  Lombok Diterjang Banjir Foto udara bentuk salah satu tikungan lintasan sirkuit saat pengerjaan lapisan atas badan jalan Mandalika MotoGP Street Circuit, di The Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/12/2020)

Managing Director The Mandalika, Bram Subiandoro mengatakan, hujan deras yang terjadi mulai siang hingga Sabtu malam (30/1/2021) memang sempat menimbulkan genangan air di sejumlah titik dalam kawasan The Mandalika.

Akan tetapi, genangan tersebut dapat segera surut karena sistem drainase yang berfungsi dengan baik.

Selain itu, lokasi pembangunan Jalan Kawasan Khusus (JKK) The Mandalika juga dipastikan dalam kondisi aman dan kegiatan pembangunan tetap berjalan.

“Terkait info banjir di kawasan Mandalika, kami pastikan kawasan The Mandalika, khususnya lokasi JKK dalam kondisi aman dan tidak begitu terdampak," ujarnya.

Subiandoro mengklaim, sistem drainase yang dibangun di JKK Mandalika berfungsi dengan baik. Sehingga genangan air yang ada dapat surut dalam waktu yang tidak begitu lama.

"Kegiatan pembangunan di dalam The Mandalika tetap berjalan dengan normal," katanya. 

3. ITDC lakukan pengecekan dan pemeliharaan kawasan KEK Mandalika

Proyek JKK MotoGP Mandalika  Lombok Diterjang Banjir Proyek KEK Mandalika/dok. Humas Provinsi NTB

Saat ini, pihak ITDC tengah melakukan pemeriksaan menyeluruh dan pemeliharaan atas kondisi infrastruktur dasar di JKK Mandalika.

Sistem drainase yang dibangun dipastikan bisa menjaga sistem aliran air tetap berfungsi dengan baik. 

"Kita juga antisipasi kemungkinan hujan deras terjadi kembali," katanya.

Selain itu, ITDC juga telah menerjunkan tim untuk melakukan pengecekan ke Desa-Desa Penyangga The Mandalika untuk melihat kondisi di lapangan serta memonitor kawasan terdampak banjir.

4. Satu jembatan penghubung Desa Pujut-Mandalika terputus

Proyek JKK MotoGP Mandalika  Lombok Diterjang Banjir Satu jembatan di KEK Mandalika terputus/dok. BPBD provinsi NTB

Akibat banjir yang menerjang kata Subiandoro salah satu jembatan di Desa Rembitan yang merupakan Desa Penyangga The Mandalika rusak parah.

"Kita akan membantu mengirimkan material saluran beton (U-Ditch) ukuran 60 x 60 cm sebanyak 12 unit dalam membantu jembatan terputus di Desa Rembitan yang merupakan Desa Penyangga The Mandalika," ujarnya. 

5. Gubernur pastikan korban banjir dapat bantuan

Proyek JKK MotoGP Mandalika  Lombok Diterjang Banjir Gubernur NTB saat menyapa korban Banjir di Kuta Mandalika/dok. Humas Provinsi NTB

Saat mengunjungi lokasi banjir di Kuta Mandalika, Minggu (31/1/2021). Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. H. Zulkieflimansyah memastikan semua korban terdampak banjir akan didistribusikan dalam waktu dekat.

"Kita telah serahkan bantuan. Kita juga akan pastikan semua korban di yang terdampak di beberapa wilayah terbantu," jelas Gubernur.

Ia pun menyebut, korban banjir di sejumlah daerah lainnya di Lombok seperti di wilayah Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat, yang menerjang enam desa dipastikan terbantu.

Topic:

  • Ahmad Viqi
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya