KMP Nusa Abadi Terbakar di Pelabuhan Teluk Waru Lembar Saat Docking

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut

Lombok Bara, IDN Times – Beredar video satu unit kapal motor penumpang (KMP) Nusa Abadi terbakar terbakar di media sosial. Kapal jenis KMP Nusa Abadi itu terbakar di PT Dukuh Raya, Dusun Teluk Waru Utara Desa Labuhan Tereng Kecamatan Lembar Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat  (NTB).

Kebakaran kapal itu terjadi pada Selasa (15/3/2022) sekitar pukul 07:00 WITA. Terlihat asap dan kobaran api yang berasal dari dalam kapal.

1. Terbakar saat lakukan perbaikan

KMP Nusa Abadi Terbakar di Pelabuhan Teluk Waru Lembar Saat DockingKapal terbakar saat docking di Teluk Waru Lembar/dok. Evi Riskiani

Menurut Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar Iptu Irvan Surahman, kapal jenis Fery yang terbakar tersebut saat docking (perbaikan kapal) di PT Dukuh Raya sekitar 1 kilometer setelah Pelabuhan Gilimas. Kapal jenis Fery tersebut merupakan kapal lama yang sebelumnya beroperasi di Pelabuahan Kayangan-Poto Tano Lombok Timur.

“Hingga kini belum diketahui penyebab terbakar,” katanya.

Menurut Irvan, tidak ada korban jiwa  dalam kejadian tersebut. “Karena kapal tidak dipakai (saat terbakar), kerugian material masih dicek,” kata Irvan, melalui pesan singkat.

Baca Juga: 55 Kru Beserta Pembalap Moto3 dan Moto2 Tiba di Lombok 

2. Berhasil dipadamkan

KMP Nusa Abadi Terbakar di Pelabuhan Teluk Waru Lembar Saat DockingKMP Nusa Abadi terbakar di Teluk Waru Lembar/dok.Evi Riskiani

Menurut Kapores Lombok Barat AKBP Wirasto Adi Nugroho, kapal tersebut sejak tahun 2014 sudah melakukan docking di PT Dukuh Raya di dekat Pelabuhan Gilimas Desa Labuhan Tereng Kecamatan Lembar Lombok Barat.

Beruntungnyam ujar Wirastom saat terjadi kebakaran, kapal sedang dalam perbaikan dan tidak ada penumpang.

“Jam 08.30 WITA tadi sudah berhasil dipadamkan, untuk penyebabnya kami masih koordinasi dengan Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar,” katanya.

3. Penyebab kebakaran masih diselidiki

KMP Nusa Abadi Terbakar di Pelabuhan Teluk Waru Lembar Saat DockingKapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar Ipda Irvan siap bantu semua supir IDN Times/Ahmad Viqi Wahyu Rizki

Menurut Irvan kapal jenis KMP Nusa Abadi itu berhasil dipadamkan oleh pihak Balai Pengelolaan Transportasi Darat yang bertugas di Pelabuhan Lembar.

“UntuK penyebabnya masih di cek oleh petugas BPTD,” ujarnya.

Video kapal terbakar itu bermula dari unggaran story warga Lembar atas nama Evi Riskiani (22). Video itu dia dapatkan dari rekannya yang bertugas di Pelabuhan Teluk Waru Desa Labuhan Tereng Kecamatan Lembar.

Sejak pukul 07:00 WITA, api telah melahap bagian atas kapal saat beberapa pekerja saat memperbaiki kapal. 

Baca Juga: Tak Sabar Lihat Mandalika, Fabio Quartaro Tiba di Lombok Lebih Awal 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya