Kamar Hotel Kurang, Penonton MotoGP Bisa Menginap di Camping Ground

Jumlah kekurangan kamar hotel di Lombok mencapai 20.000

Lombok Tengah, IDN Times - Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menyiapkan jumlah hunian untuk tamu event MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika. Namun, 42 ribu kamar penginapan yang ada dinilai masih kurang. Sementara jumlah tiket yang tersedia mencapai 65 ribu lembar.

Hal itu diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno pada rapat Sinkronisasi Panitia Nasional Pendukung Penyelenggaraan MotoGP tahun 2022 di Novotel Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kuta Mandalika, Selasa (11/1/2022) siang kemarin.

1. Siapkan 398 Sarhunta

Kamar Hotel Kurang, Penonton MotoGP Bisa Menginap di Camping GroundMenparekraf Sandiaga Salahuddin Uno di Lombok IDN Times/Ahmad Viqi

Sandi mengatakan kurangnya jumlah kamar hotel untuk tamu MotoGP akan menjadi perhatian serius. Pemerintah akan mengambil langkah untuk Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) bagi tamu event MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika.

Diketahui bahwa jumlah Sarhunta di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika baru tersebar 300 unit. Selain tersebar di Mandalika, 98 Sarhunta berada di tiga Gili Tramena (Trawangan, Meno dan Air).

"Dengan adanya Sarhunta ini mudahan kekurangan 20 ribu bisa mengurangi jumlah kamar di Lombok," ujar Sandi, Selasa (11/1/2022) kemarin.

Baca Juga: Keindahan Pantai Surga di Lombok dengan Hamparan Pasir Putih

2. Bisa camping ground di Lombok

Kamar Hotel Kurang, Penonton MotoGP Bisa Menginap di Camping GroundIlustrasi camping ground IDN Times/Ahmad Viqi

Mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia Hadi Tjahjanto mengatakan, bagi penonton yang belum mendapatkan kamar hotel bisa menginap di kapal terapung yang disiapkan pihak Kementerian Perhubungan RI. Selain menginap di Kapal Terapung dan Sarhunta, tamu MotoGP juga bisa memilih menginap di pulau Bali.

"Yang tinggal di Bali kita akan dukung menggunakan komuter plane. Jasa angkut laut itu sudah kita hitung berapa waktu sampai ke Gili Mas di Lembar Lombok Barat," ujar Hadi.

Selain dialihkan ke Pulau Bali, untuk mengantisipasi jumlah ketersediaan kamar di Lombok bagi tamu MotoGP, penonton bisa memilih untuk melakukan camping ground di beberapa titik. "Kami sampaikan ini skenarionya. Nanti ada empat kapal Pelni masing-masing kapasitas 1.000 dan 500 mereka akan docking di Lembar," kata Hadi. 

3. 700 kapal Pinisi disiapkan

Kamar Hotel Kurang, Penonton MotoGP Bisa Menginap di Camping GroundIlustrasi kapal Pinisi IDN Times/Ahmad Viqi

Pemerintah juga akan menyiapkan 700 unit Kapal Pinisi dari berbagai daerah sebagai hotel sementara khusus bagi tamu menginap selama event MotoGP yang akan berlangsung tanggal 18 hingga 21 Maret 2022 mendatang. Masing-masing kapal Pinisi memiliki 5 kamar untuk para tamu.

"Nanti semua kapal kita parkir di perairan Gili Mas. Di sana ada kolam yang tenang," ujar Hadi.

Selain menyiapkan Kapal Pinisi, skenario terakhir yang bakal dilakukan pemerintah dengan mendatangkan dua unit Kapal Genting Cruise Lines dari Singapura.

"Nanti kedua kapal ini kita akan parkir di Gili Mas. Dermaga Gili Mas itu panjangnya 500 meter. Cukup untuk dua Cruise," pungkas Hadi.

Baca Juga: Dua Siswa yang Berbuat Asusila di Lombok Timur Akhirnya Dinikahkan

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya