Belum Penuhi Syarat Dorna, Evant Balap IATC Ditunda

Race dibatalkan karena kekurangan marshall

Lombok Tengah, IDN Times - Seri pamungkas Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) tahun 2021 di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit pada Minggu (14/11/2021) dibatalkan. Rencananya, event balap ini akan dilakukan pada 19-21 November mendatang.

Race 1 dan Race 2 IATC terpaksa dibatalkan diduga akibat kekurangan jumlah marshall di setiap point  lintasan sirkuit. Padahal sejak pukul 09:00 WITA, penonton sudah antusias dan menunggu di setiap tribun dan bukit dekat area sirkuit. Para pembalap juga terlihat sudah siap dengan motor balapnya.

1. Dorna meminta kelengkapan marshall di Sirkuit Mandalika

Belum Penuhi Syarat Dorna, Evant Balap IATC DitundaPembalap Indonesia di ajang IATC Fadillah Aditama (instagram.com/f.arbi393)

Percobaan race dari masing-masing pembalap IATC sempat dilakukan pada pukul 11:51 WITA. Namun, baberapa saat setelah itu, semua pembalap diminta kembali ke masing-masing paddock.

Kemudian pada pukul 14:00 WITA, Dorna Sport meminta kepada Mandalika Grand Prix Assosiation (MGPA) untuk melengkapi jumlah marshall. Paling tidak ada delapan orang di setiap point.

Marshall di masing-masing point memiliki tugas bertanggung jawab mengawasi balapan seandainya terjadi insiden atau crash. Ketentuan ini pun tidak terpenuhi di Sirkuit Mandalika.

2. Gubernur: Dorna tidak ingin ambil risiko

Belum Penuhi Syarat Dorna, Evant Balap IATC DitundaGubernur NTB Dr. H Zulkieflimansyah di Sirkuit Mandalika/dok. Humas Pemprov NTB

Baca Juga: SAR dan Tenaga Kesehatan Siap Kawal Keselamatan Pembalap IATC dan WSBK

Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah mengatakan event IATC dibatalkan karena ada kekeliruan yang ada di Sirkuit Pertamina Mandalika.

“Mungkin ada kekeliruan. Marshall kita minta lebih responsif, karena mungkin ini pertama” kata Zul, di Mandalika, Minggu (14/11/2021) sore.

Marshall semestinya, kata Zul, bertugas untuk memantau setiap pembalap yang berlaga di dalam lintasan Sirkuit Mandalika. “Misalnya, belum waktuya angkat bendera ini harus diperhatikan, ini kan demi keselamatan pembalap,” katanya.

Oleh karenanya, Dorna Sport tidak ingin menerima risiko sedikitpun jika event IATC tetap dilanjutkan dengan kurangnya jumlah marshall di Sirkuit Mandalika. Gubernur juga mengakui, perekrutan marshall di Lombok sendiri khusus di Sirkuit Mandalika ada kesulitan.

“Kemarin kan kita serba susah, kita ingin mengakomodir masyarakat sekitar. Nanti kita datangkan pelatihnya dari luar. Masa marshall datang dari Jakarta. Nanti masyarakat juga protes,” timpal Gubernur.

3. Masyarakat kecewa menunggu selama 7 jam

Belum Penuhi Syarat Dorna, Evant Balap IATC DitundaWarga rela menunggu di atas bukit demi menonton race IATC IDN Times/Ahmad Viqi

Terpisah, Chief Strategic Communication Officer Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Happy Harianto menjelaskan bahwa race 1 dan race 2 IATC diundur dan akan berbarengan dengan event balap motor World Superbike pada tanggal 19-21 November 2021 mendatang.

“Nanti berbarengan dengan WSBK,” singkat Happy kepada IDN Times.

Ditemui IDN Times usai mendengar IATC dibatalkan, Eko (18) mengungkapkan ia awalnya sengaja datang dari Desa Pringgarata sejak pukul 07:00 WITA pagi untuk menonton race 1 dan race 2 IATC.

Selama mengantri tujuh jam lamanya di antrean rapid antigen, di Masjid Nurul Bilad KEK Mandalika, kata Eko, ia mendengar Race harus dibatalkan begitu saja.

“Iya kami sudah menunggu selama tujuh jam. Padahal harapan kita semoga dapat nonton,” sesal Eko.

Hal yang sama juga diungkapkan Alex (17) asal Lombok Tengah. Ia rela berpanas-panasan di tribun tepat di depan tikungan ke 16 Sirkuit Mandalika untuk bisa menonton IATC.

“Ini kan sejarah saya bisa menonton Motor balap secara langsung. Kami harap bisa nonton kembali nanti. Kalau bisa juga sistem antrinya jangan sampai berkerumun,” tukas remaja yang baru lulus sekolah menengah atas asal Lombo ini.

Untuk diketahui, jadwal balapan IATC semestinya digelar pada, Minggu (14/11/2021). Untuk Race 1 mulai pukul 12: 00 WITA dan untuk Race 2 pada pukul 16:00 WITA. Ada pun total race masing-masing Race sebanyak 14 kali putaran.

Baca Juga: Sirkuit Pertamina Mandalika Diprediksi Diguyur Hujan saat Event IATC

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya