Program Dashat, Cara Pemkab Manggarai Timur Atasi Persoalan Stunting

Dapur sehat sebagai upaya untuk atasi stunting 

Borong, IDN Times - Dalam rangka percepatan penurunan jumlah stunting, Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (P2KBP3A) meluncurkan program Dashat (Dapur Sehat Atasi Stunting). Program ini dibuka di desa Satar Tesem Kecamatan Lambaleda Selatan.

"Dapur sehat berarti kebersihan ruangan, menu-menu masakan yang mengandung gizi tinggi, proses atau cara membuat masakan dan bagaimana menghidangkan masakan sehingga unsur higienisnya tetap terjaga," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Jefrin Haryanto menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo menugaskan BKKBN menjadi Ketua Pelaksana Program Percepatan Penurunan Stunting Oleh sejak tanggal 25 Januari 2021. Menindaklanjuti tugas tersebut, kata Jefri, BKKBN melakukan berbagai terobosan inovatif, dengan menggunakan pendekatan konvergenitas dan partisipatif.

1. Pemberian makanan bergizi

Program Dashat, Cara Pemkab Manggarai Timur Atasi Persoalan StuntingAlodokter.xom/6 pilihan makana sehat yang perlu dikonsusmi setiap hari/dr. Diana Putri Veronika

Praktisi Psikologi dari Yayasan Mariamoe Peduli (YMP), Jefrin Haryanto, menambahkan, program penurunan stunting melalui pemberian makanan yang bergizi bagi keluarga risiko stunting ini sangat penting. Sebab asupan makanan itu sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak.

"Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengoptimalisasi bahan pangan lokal dalam kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting Di Kampung Keluarga Berkualitas", ucapnya.

Baca Juga: Ditebas Warga, Dua Jari Tangan Polisi di Mabar NTT Nyaris Putus

2. Kampung berkualitas

Program Dashat, Cara Pemkab Manggarai Timur Atasi Persoalan StuntingAlodokter.xom/dapur sehat/dr. Diana Putri Veronika

Jefri menegaskan, pemerintah kabupaten Manggarai Timur akan melakukan program Dapur Sehat Atasi Stunting di 53 kampung Keluarga Berkualitas (KB).

"Hari ini kami memulainya di tiga Kampung KB, yaitu Satar Tesem, Desa Leong dan Desa Melo," kata Jefri.

Pada kesempatan ini juga DP2 KBP3A memulai program orang tua asuh bagi anak stunting di Satar Tesem.

"Seluruh Pegawai DP2KBP3A harus menjadi orang tua asuh bagi anak-anak stunting. Hari ini sudah dimulai dengan level pimpinan dan selanjutnya akan diikuti oleh semua pegawai di DP2KBP3A," tegas Jefri.

3. Pengukuhan bunda DASHAT

Program Dashat, Cara Pemkab Manggarai Timur Atasi Persoalan StuntingTheresia Wisang Agas, Dikukuhkan Jadi Bunda DASHAT Manggarai Timur /Labuan Bajo Terkni/(Dok.DP2KB3A Manggarai Timur)

Wajah sumringah terpancar dari wajah Ibu Theresia Wisang ketika menerima pengukuhan menjadi Bunda DASHAT. Istri Bupati Manggarai Timur itu mengaku sangat mendukung program dan inovasi yang dilakukan oleh DP2KBP3A.

"Kita Mengukuhkan Ibu Theresia Wisang Sebagai bunda Dashat. Kita berharap semua akan bergerak sampai lini terdepan, bahkan sampai ke tingkat RW,” Jelas Haryanto.

Selain membagi ilmu tentang gizi, hal yang paling penting juga adalah memberikan contoh perilaku dan praktek baik dan sehat,“ ungkap Theresia menambahkan.

Baca Juga: Heboh Gunung di Takari NTT Bergeser, Fakta: Ternyata Tanah Longsor

Yos Syukur #NTT Photo Community Writer Yos Syukur #NTT

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya