Menteri Kesehatan Cek Kesiapan RS Komodo Jelang KTT ASEAN di NTT

Sejumlah alat dipasang untuk melengkapi fasilitas RS

Labuan Bajo, IDN Times - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memantau kesiapan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Komodo sebagai salah satu rumah sakit rujukan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Aku datang ke sini untuk memastikan alat dan fasilitasnya siap," kata Menkes Budi Gunadi seperti dikutip dari Antara pada Senin (1/5/2023).

Menkes didampingi Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dan Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng masuk dari satu ruangan ke ruangan lain, baik di lantai satu hingga lantai empat, untuk melihat progres pembangunan RSUD Komodo Labuan Bajo.

1. Beberapa alat dipasang

Menteri Kesehatan Cek Kesiapan RS Komodo Jelang KTT ASEAN di NTTBudi Gunadi Sadikin (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

RSUD Komodo merupakan salah satu Rumah Sakit (RS) rujukan penanganan pasien VVIP pada KTT ASEAN di Labuan Bajo.

Menurut Menkes, ada beberapa ruangan yang perlu dirapikan termasuk persiapan alat dan fasilitas pendukungnya. Namun dia menyebut peralatan rumah sakit itu akan tiba hari ini untuk mulai dipasang.

"Meubeler-meubeler buat daerah penerimaan katanya hari ini (kemarin, red) datang, mulai dipasang," ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Baca Juga: PHRI Mabar Berkomitmen Berikan Pelayanan Terbaik saat KTT ASEAN

2. Kunjungi lab kesehatan jantung

Menteri Kesehatan Cek Kesiapan RS Komodo Jelang KTT ASEAN di NTTilustrasi konsultasi dengan dokter (freepik.com/pressfoto)

Dalam kesempatan itu, ia juga sempat mengunjungi laboratorium kateterisasi jantung yang menjadi ruangan khusus untuk penyakit jantung dan stroke. Menkes Budi menyebut ruangan tersebut memiliki peralatan yang canggih dengan tingkat radiasi tinggi, yang hanya bisa dioperasikan oleh dokter spesialis dengan pendidikan khusus.

Keberadaan ruangan dengan fasilitas di dalamnya, kata Menkes Budi, dapat membantu para tamu dan masyarakat yang terkena serangan jantung dan stroke.

"Alat itu rencana datang malam ini jam delapan, mudah-mudahan dalam 2-3 hari bisa selesai dipasang karena pemasangan rumit," ucap Menkes Budi.

3. Minta semua pihak layani tamu sepenuh hati

Menteri Kesehatan Cek Kesiapan RS Komodo Jelang KTT ASEAN di NTTilustrasi berkonsultasi dengan dokter (freepik.com/pressfoto)

Dalam kunjungan tersebut, Menkes Budi terlibat dalam diskusi dengan para pekerja. Dia meminta mereka untuk bekerja sepenuh hati dan menyebut akan melakukan kunjungan serupa minggu depan.

"(alat-alat) bukan hanya untuk acara (KTT ASEAN) saja. Selain melayani tamu, masyarakat juga terlayani," ungkap Menkes Budi.

Setelah mengunjungi RSUD Komodo selama lebih kurang satu jam, Menkes Budi juga mengunjung RS Siloam yang juga menjadi salah satu RS rujukan.

Selain dua rumah sakit itu, RSU Santo Yosep di Labuan Bajo juga ditunjuk menjadi RS rujukan pada KTT ASEAN Penunjukan yang sama juga diberikan untuk RSUP dr Wahidin Sudirohusodo di Makassar dan RSUP Prof dr Nggoerah I G N G Ngoerah di Bali.

Baca Juga: Polda NTT Minta Personel Humanis saat Pengawalan KTT ASEAN

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya