5 Kebiasaan Sepele yang Berdampak Buruk bagi Kesehatan

Konsumsi junk food hingga malas keluar rumah

Mataram, IDN Times - Setiap orang ingin punya badan yang sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Hanya saja, keinginan tersebut kerap tidak diimbangi dengan usaha yang sepadan. Bahkan, banyak orang yang tidak sadar kalau kebiasaan buruk yang mereka anggap sepele ternyata berdampak buruk bagi kesehatan.

Lalu kebiasaan buruk seperti apa saja yang perlu kamu hindari agar tubuh tetap sehat dan bugar?

Berikut ini ada 5 kebiasaan sepele yang terlihat sederhana tetapi buruk bagi kesehatan kamu.

1. Terbiasa mengonsumsi junk food

5 Kebiasaan Sepele yang Berdampak Buruk bagi KesehatanPinterest

Makanan yang termasuk dalam kategori junk food seperti makanan cepat saji memang memiliki rasa yang enak. Oleh karena itu, tidak heran kalau banyak orang yang menyukainya. Namun, kamu perlu sadar bahwa mengonsumsi junk food harus kamu batasi.

Banyak risiko kesehatan yang bisa muncul dari kebiasaan buruk mengonsumsi junk food. Salah satunya, kamu bisa mengalami gangguan pencernaan seperti gastroesophageal reflux disease atau GERD. Selain itu, risiko munculnya penyakit jantung dan ginjal juga meningkat. Bahkan, ada pula risiko penyakit kanker serta kerusakan hati.

2. Malas bersih-bersih rumah

5 Kebiasaan Sepele yang Berdampak Buruk bagi KesehatanPinterest

Kegiatan membersihkan rumah seharusnya merupakan aktivitas rutin yang harus kamu lakukan. Rutinitas tersebut bisa membuat rumah kamu jadi lebih bersih dan nyaman. Dengan begitu, kamu dapat melakukan berbagai aktivitas di dalam rumah secara bebas dan menyenangkan.

Namun apa jadinya kalau kamu malas membersihkan rumah? Hal yang bisa dipastikan adalah rumah kamu bakal mempunyai tumpukan sampah yang menggunung. Selain itu, kamar mandi adalah sarang yang nyaman bagi para kuman dan bakteri.

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata Favorit di Pulau Sumbawa, Dijamin Bikin Betah!

3. Tidur setelah makan

5 Kebiasaan Sepele yang Berdampak Buruk bagi KesehatanPinterest

Kamu mungkin salah satu orang yang terbiasa tidur setelah makan. Kebiasaan ini sering dilakukan oleh para anak muda sekarang ini, bahkan yang sudah dewasa. Rasa kantuk tersebut bisa muncul karena pengaruh hormon pencernaan yang ada di lambung dan usus.

Namun, tahukah kamu kalau kebiasaan tidur setelah makan itu berisiko besar. Risiko gangguan kesehatan yang paling sering terjadi adalah obesitas. Selain itu, ada pula risiko lainnya seperti penyakit asam lambung ataupun gangguan tidur.

4. Malas berolahraga

5 Kebiasaan Sepele yang Berdampak Buruk bagi KesehatanPinterest

Tahukah kamu kalau tubuh perlu berolahraga rutin agar sehat dan bugar. World Health Organization (WHO) mengungkapkan kalau orang dewasa memerlukan waktu olahraga setidaknya 150 menit per minggu.

Lalu, apa jadinya kalau kamu malas berolahraga?

Tubuh yang kurang olahraga akan mudah lelah. Selain itu, kamu akan cenderung mudah merasa lapar. Alhasil, jumlah makanan yang kamu konsumsi akan meningkat dan berpotensi menimbulkan obesitas. Selain itu, olahraga adalah cara yang efektif dalam mengurangi stres serta meningkatkan suasana hati.

5. Enggan keluar rumah

5 Kebiasaan Sepele yang Berdampak Buruk bagi KesehatanPinterest

Beraktivitas di dalam ruangan memang nyaman. Apalagi, kalau kamu memasang AC di dalam rumah. Alhasil, kamu jadi betah berlama-lama di dalam rumah, baik untuk keperluan terkait pekerjaan atau bermain game. Hanya saja, kebiasaan berdiam di dalam rumah dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

Jenis-jenis gangguan kesehatan yang bisa muncul akibat kebiasaan ini di antaranya adalah:

1. Insomnia

Orang yang sering berada di dalam ruangan bakal berisiko mengalami gangguan insomnia. Akibatnya, kamu jadi mengalami kesulitan tidur saat malam hari.

2. Sistem kekebalan tubuh menurun

Sinar matahari merupakan sumber vitamin D untuk tubuh. Nutrisi ini berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Kalau jarang keluar rumah, kamu pun bakal mengalami kekurangan vitamin D.

3. Tubuh mudah lelah

Sering berdiam diri di dalam rumah bakal membuat kamu jadi lebih malas. Tubuh juga akan lebih mudah kelelahan ketika digunakan beraktivitas.

Nah itulah 5 kebiasaan sepele yang terlihat sederhana tetapi buruk bagi kesehatan kamu. Semoga dapat meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya waspada pada kebiasaan-kebiasaan sepele yang tidak sehat yang dapat mengganggu kesehatan.

Baca Juga: 6 Wisata Air Terjun di Sumbawa yang Eksotisnya Kebangetan

Hirpan Rosidi Photo Community Writer Hirpan Rosidi

Hirpan Rosidi, laki-laki kelahiran 1997 yang tidak pandai mendeskripsikan dirinya. Karena kemampuan menulisnya dibawah rata-rata, dia memiliki cita-cita yang dimana dia sendiri tidak terlalu berharap cita-citanya bisa terwujud; yaitu disalah satu rak toko buku, di antara buku-buku dari penulis besar itu, terselip satu judul buku dengan nama Hirpan Rosidi sebagai penulisnya. Berbekal lulusan Psikologi Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan kecintaannya pada literasi, menjadikannya ingin membangun perpustakaan untuk anak-anak dan warga di kampungnya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya