Comscore Tracker

5 Tips Ampuh Selamatkan Lingkungan, Sederhana Namun Berguna!

Yuk, awali kebiasaan kecil buat menjaga kelestarian alam 

Saat mendengar ajakan untuk bersama-sama saling melindungi lingkungan sekitar, mungkin sebagian orang mengira hanya bisa dilakukan dengan aktivitas di luar sana secara langsung. Eits, ternyata gak serumit itu lho. Kamu bisa mengawali kebiasaan-kebiasaan kecil untuk ikut serta menyelamatkan bumi kita, dimulai dari aktivitas di kamar kita sendiri. Sangat mudah, kan?

Percaya atau tidak, One Green Step bisa dengan mudah kamu terapkan saat di dalam kamar. Karena tidak bisa kita pungkiri, sebuah kamar pribadi tentu menjadi tempat untuk kita melakukan banyak hal. Terutama kita sering menggunakan banyak barang di kamar, di mana kita juga belum mengetahui efek buat lingkungan sekitar. Berikut langkah sederhana dan bisa dilakukan hanya dari kamar pribadi, coba yuk.

1. Mendonasikan kantong belanja plastik melalui aplikasi eRecycle atau pusat donasi sampah terdekat

5 Tips Ampuh Selamatkan Lingkungan, Sederhana Namun Berguna!ilustrasi produk ramah lingkungan (instagram.com/garnierindonesia)

Jujur saja, apakah kamar kita sekarang sudah terbebas dari sebuah kantong plastik belanja? Sekarang memang sudah dianjurkan untuk membawa tas belanja pribadi saat kita pergi ke toko. Namun kenyataannya, kita masih saja butuh yang namanya kantong plastik saat berbelanja. Terutama saat kita belanja darurat atau mendadak. Terlebih saat kita membeli camilan saat perjalanan pulang, tentu ini menjadi tambahan koleksi limbah di kamar atau rumah, ya.

Solusi terbaik buat mengolah kantong ini, kamu bisa melipat kembali kantong belanja yang masih bersih dan terbebas dari cairan atau kotoran apapun. Jika kamu singgah di kota Jabodetabek, solusi tercocok buatmu ada meng-install aplikasi eRecycle. Di mana melalui aplikasi tersebut, kamu bisa menjual koleksi kantong plastik belanjaanmu.

Aplikasi eRecycle ini juga turut didukung oleh produk kecantikan populer Indonesia, Garnier. Selain menjadi solusi terbaik buat menghilangkan limbah plastik di rumahmu, lewat aplikasi ini kamu sudah turut memberikan donasi terhadap anak-anak pemulung di Indonesia agar memiliki masa depan yang lebih baik. 

2. Memanfaatkan limbah buku dan kertas dari kamar untuk hal yang lebih berguna 

5 Tips Ampuh Selamatkan Lingkungan, Sederhana Namun Berguna!ilustrasi rak buku (pexels.com/id-id/@zhuhehuai)

Sebuah kamar tentu tidak pernah lepas dari limbah kertas, kan. Terutama jika kita masih sekolah. Daripada membuang kertas bersama dengan limbah lain tanpa memisah, yuk kita berkreasi sekaligus mengurangi limbah yang dibuang. Kamu bisa mempergunakan kertas bekas sebagai bahan origami atau membuat kreasi menjadi sebuah benda yang tak kalah keren dari hiasan kamarmu. Bakal berguna, kan.

Jika kamu orang yang sibuk dan gak punya banyak waktu buat mengolah kembali kertas bekas, ada opsi lain juga lho. Sebelumnya kamu harus memilah kertasnya terlebih dahulu, ambil kembali beberapa kertas bekas yang memuat data pribadi kamu.

Jika kamu punya beberapa buku dan majalah, kamu bisa mendonasikan ke beberapa penggalang yang bakal memberikan manfaat buat anak Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa menjual kembali kertas bekas lain di pusat rongsokan di kotamu untuk di daur ulang. Bakal menghasilkan cuan, deh.

Baca Juga: Gubernur NTB Rombak Kepala Dinas Jelang MXGP, Ini Alasannya! 

3. Belilah produk kecantikan yang ramah lingkungan 

5 Tips Ampuh Selamatkan Lingkungan, Sederhana Namun Berguna!ilustrasi produk ramah lingkungan (instagram.com/garnierindonesia)

Sebelum itu, penting buat kita ketahui untuk membeli sebuah perlengkapan kecantikan yang ramah lingkungan. Walaupun terlihat sepele, tapi zat yang terkandung dalam bahan kecantikan ataupun bahan kemasannya berpengaruh terhadap kelestarian alam kita.

Sebisa mungkin, pilih brand kecantikan yang turut serta mendukung program ramah lingkungan. Tujuan utamanya untuk melindungi lingkungan dengan memberikan terobosan pada kemasan produk yang bisa di daur ulang. Tentu menjadi kabar baik bagi alam kita, kan.

4. Memilah botol bekas minuman untuk di daur ulang 

5 Tips Ampuh Selamatkan Lingkungan, Sederhana Namun Berguna!ilustrasi memilah botol (instagram.com/garnierindonesia/)

Sekarang ini kita tentu gak pernah lepas dari minuman botol, ya. Semua minuman instan, baik itu kopi ataupun air mineral sudah menggunakan kemasan botol yang bikin nambahin koleksi limbah di rumah. Jika kamu mempunyai cukup banyak botol belas di rumah, mari kita pilah dan jadi koleksi tersendiri. Kumpulkan setiap botol di satu tempat, jangan lupa bersihkan isinya terlebih dahulu agar tidak menimbulkan sarang kuman, ya.

Setelah terkumpul banyak, kamu bisa menjual ke tempat pusat daur ulang atau rongsokan. Selain itu, biasanya ada beberapa organisasi pencinta lingkungan yang bakalan menerima donasi berupa koleksi botol.

Selain di daur ulang, kamu juga bisa memilih alternatif untuk menyulap botol bekas menjadi pot cantik yang tak kalah bergunanya. Padukan pot botol belas dengan beberapa warna yang bisa menambah keindahan pot. Bakal berguna banget, deh. 

5. Berkreasi dengan pakaian di lemari pribadi 

5 Tips Ampuh Selamatkan Lingkungan, Sederhana Namun Berguna!ilustrasi limbah pakaian (pexels.com/id-id/@liza-summer)

Sudahkah kamu memeriksa pakaian di dalam lemari pribadimu? Kamu yakin itu masih berfungsi baik untuk kamu? Jika sudah tidak kamu gunakan, mari kita pilah-pilah pakaian dan kurangi muatan lemari. Jika sudah menemukan pakaian yang sudah tidak kita gunakan, hindari buat membakarnya, ya. Seperti yang kita tahu, efek pembakaran pakaian bisa menyebabkan polusi udara yang memberikan dampak buruk bagi pernapasan manusia dan kemurnian udara sekitar.

Nah, daripada membakar mentah-mentah, kita bisa menghubungi pusat donasi yang siap untuk menerima pakaian layakmu untuk disumbangkan. Selain bisa bermanfaat buat orang lain, itu juga membantu mengurangi kepadatan lemarimu. Efektif, kan. Jika memang terdapat pakaian yang sudah tidak layak pakai, kamu bisa berkreasi dari barang bekas untuk diubah menjadi barang indah lain.

Selain tanggung jawab terhadap limbah yang kita hasilkan, kita juga harus berperan untuk menghindari beberapa produk yang tidak ramah lingkungan. Dari situlah peran penting kita untuk memerangi limbah supaya meringankan beban alam kita.

Kamu juga bisa turut bergabung dengan komunitas pencinta lingkungan baik offline maupun online, misalkan komunitas Zero Waste Indonesia (ZWID) agar mendapat info terbaru mengenai program peminimalan sampah di Indonesia. 

Baca Juga: Polres Bima Kota Dalami Kasus Penganiayaan Anak yang Dibaluri Cabai

senja sandera Photo Community Writer senja sandera

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina
  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya