Sirkuit Mandalika Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023

Sirkuit Mandalika juga dikembangkan untuk balap mobil

Lombok Tengah, IDN Times - Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menggelar ajang balap mobil Porsche Sprint Challenge Indonesia pada 8 hingga 10 Desember 2023. Sirkuit kebangsaan Indonesia baru saja sukses melaksanakan balapan MotoGP pada 13-15 Oktober 2023 lalu. 

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengatakan, proses persiapan balapan mobil mewah ini masih terus dilakukan. Seperti contohnya kedatangan logistik balapan berupa ban dan mobil balap Porsche 911 GT3 Cup di Lombok. 

“Ini adalah mobil balap Porsche 911 GT3 Cup pertama di Indonesia milik Superstars Motorsport," kata Priandhi, Sabtu (25/11/2023).

1. Bebas bea masuk dan pajak

Sirkuit Mandalika Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023Direktur Utama MGPA Priandhi Satria. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mobil balap Porsche 911 GT3 Cup diimpor oleh Superstars Motorsport bekerja sama dengan MGPA selaku pengelola sirkuit. Dengan adanya kerja sama ini, maka Superstars Motorsport mendapatkan berbagai kemudahan fasilitas di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Berupa pembebasan dan penangguhan berbagai bea masuk dan pajak dalam rangka importasi barang di KEK Mandalika. KEK Mandalika berada di bawah pengelolaan BUMN PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Di mana, MGPA bertindak sebagai pengelola Sirkuit Mandalika.

Baca Juga: Diperiksa KPK, Pj Gubernur NTB Dicecar 15 Pertanyaan Soal Izin Tambang

2. Balap mobil Porsche Sprint Challenge Indonesia yang pertama

Sirkuit Mandalika Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023Turbo Ultimate Experience 2023 di Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sementara itu, CEO Superstars Motorsport, Bagoes Hermanto mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan MGPA mempersiapkan balap mobil Porsche Sprint Challenge Indonesia yang pertama. Ia juga mengaku senang menyambut kedatangan mobil balap Porsche 911 GT3 Cup pertama di Indonesia.

"Superstars Motorsport berkomitmen penuh untuk menyukseskan Porsche One Make Series. Kehadiran mobil balap Porsche 911 GT3 Cup pertama ini membuat pelanggan kami bersemangat dan dalam beberapa hari mendatang," kata Bagoes.

Porsche Sprint Challenge Indonesia secara resmi didukung oleh pabrikan Porsche AG Jerman. Sebanyak 15 mobil Porsche 911 GT3 Cup didatangkan langsung dari pabrik Porsche AG Jerman untuk berlaga di Porsche Sprint Challenge Indonesia.

3. MGPA bidik kejuaraan Porsche Carrera Cup Asia di Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023Marketing Manager MGPA Tri Agung Hartanto. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sementara itu, Marketing Manager MGPA Tri Agung Hartanto mengatakan, balap mobil Porsche Sprint Challenge Indonesia pada 8-10 Desember 2023 merupakan agenda balapan terdekat yang akan digelar di Sirkuit Mandalika. Ia menjelaskan persiapan sedang berjalan termasuk homologasi sirkuit Mandalika untuk balap mobil.

Selain itu, kemungkinan pada tahun depan kejuaraan balap mobil Porsche Carrera Cup Asia akan digelar di Sirkuit Mandalika.

"Jadi sirkuit ini dikembangkan untuk balap mobil. Kita membuat stigma bahwa sirkuit ini bukan hanya untuk balap motor tapi juga balap mobil juga bisa," kata Agung.

Baca Juga: Jadwal Kapal Rute Lombok-Bali pada Sabtu 25 November 2023 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya