Comscore Tracker

MXGP Samota Bisa Digelar, Terima Kasih Ali BD Telah Meminjamkan Lahan!

Mantan Bupati Lombok Timur pinjamkan lahan untuk MXGP

Sumbawa, IDN Times - Kejuaraan dunia balap motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP) Samota di Kabupaten Sumbawa Provinsi NTB, akhirnya bisa digelar sesuai jadwal pada 24 - 26 Juni 2022. Komandan Lapangan MXGP Samota Ridwan Syah menyatakan event internasional ini bisa digelar berkat dukungan berbagai pihak.

Salah satunya adalah mantan Bupati Lombok Timur Ali Bin Dachlan alias Ali BD. Ali BD meminjamkan lahannya sekitar 130 hektare untuk lokasi pembangunan Sirkuit MXGP Samota.

"Saya, pertama, memberikan penghargaan dan apresiasi kepada pemilik lahan. Pak Ali BD dan kawan-kawan luar biasa. Mereka meminjamkan lahan ini," kata Ridwan di Sirkuit MXGP Samota, Sabtu (25/6/2022).

1. Mimpi jadi kenyataan

MXGP Samota Bisa Digelar, Terima Kasih Ali BD Telah Meminjamkan Lahan!Kawasan Sirkuit MXGP Samota (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dengan digelarnya MXGP of Indonesia di Samota Kabupaten Sumbawa, kata Ridwan, mimpi masyarakat NTB menjadi kenyataan. Dalam waktu kurang lebih sekitar 3 bulan bisa diselesaikan pembangunan sirkuit MXGP dan fasilitas pendukungnya.

Sirkuit MXGP Samota juga telah keluar hasil homologasi dari Federasi Olahraga Sepeda Motor Internasional atau FIM. Sehingga dari aspek keselamatan, Sirkuit MXGP Samota telah memenuhi persyaratan.

"Hari ini sudah keluar hasil komologasinya tapi secara resmi akan diumumkan. Dari pembicaraan kami dari kemarin dan hari ini menurut mereka ini sirkuit terbaik dari yang ada. Terbaik dari aspek topografi dan viewnya. Serta bisa memenuhi persyaratan untuk keselamatan," ucap Ridwan.

Baca Juga: Antisipasi Copet, Polisi Berpakaian Preman Siaga di MXGP Samota 

2. Kontrak MXGP Samota 5 tahun

MXGP Samota Bisa Digelar, Terima Kasih Ali BD Telah Meminjamkan Lahan!Kawasan Sirkuit MXGP Samota (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kepala Dinas PUPR NTB ini menambahkan gelaran MXGP Samota juga akan digelar 5 tahun. Sebelumnya, MXGP Samota telah teken kontrak selama 4 tahun.

Namun melihat kesiapan NTB yang begitu serius menyiapkan sirkuit dan fasilitas pendukungnya, penyelenggara MXGP, Infront Moto Racing semakin tertarik untuk menggelar balapan motocross tersebut hingga 5 tahun ke depan.

Bahkan Infront berencana akan menggelar dua seri MXGP di NTB. Karena melihat keseriusan Pemda yang ikut mendukung perhelatan MXGP Samota.

3. Benahi akomodasi

MXGP Samota Bisa Digelar, Terima Kasih Ali BD Telah Meminjamkan Lahan!Pembalap MXGP menjalani sesi latihan bebas di Rocket Motor Circuit, Samota Sumbawa. Pembalap Honda Racing Team, Tim Gajser berhasil menjadi yang tercepat. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ridwan menambahkan masalah kekurangan akomodasi dan transportasi masih menjadi catatan untuk penyelenggaraan MXGP pada tahun-tahun mendatang. Sehingga hal inilah yang akan menjadi atensi.

"Banyak keluhan soal akomodasi dan transportasi. Tapi kalau kita menunggu akomodasi dan transportasi siap dulu, tak akan pernah terlaksana kegiatan ini. Dan kita buktikan walaupun kondisi seperti ini luar biasa hebat, MXGP bisa digelar hari ini," katanya.

Ridwan juga berterima kasih kepada masyarakat dan Pemda Kabupaten Sumbawa. Dengan penuh keramahtamahan dan kehangatan menyambut para tamu dari dalam dan luar negeri yang datang ke Sumbawa.

"Sehingga ini terlaksana dengan lancar. Tentu, juga dukungan pemerintah pusat dan Ketua IMI yang memberikan support. Pak Kapolda juga luar biasa dukungannya. Mengawal langsung manajemen rekayasa lalu lintas demikian juga soal pengamanan," tandas Ridwan.

Baca Juga: Tim Gajser Tercepat Sesi Latihan Bebas MXGP Samota

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya