Dua Atlet Sepatu Roda Klub Mandalis NTB Ikuti BK PON Aceh - Sumut 2024

Ikuti BK PON di Semarang Jawa Tengah

Mataram, IDN Times - Dua atlet sepatu roda NTB mengikuti Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (BK PON) Aceh - Sumut 2024. Mereka adalah Novanda Maulana Prasetyo dan Lalu Dafa Maulana Rahman.

Keduanya berasal dari Klub Mandalika Inline Skate (Mandalis). Mereka dilepas bersamaan dengan perayaan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI lalu. Pada acara tersebut, juga dilakukan kegiatan doa bersama dan Klub Mandalis memberikan kaus dan uang saku kepada dua atlet sepatu roda NTB tersebut.

1. Dapat dukungan dana dari KONI Kota Mataram

Dua Atlet Sepatu Roda Klub Mandalis NTB Ikuti BK PON Aceh - Sumut 2024ilustrasi uang rupiah

Dalam pemberian uang saku ini semua ada sponsor atau dukungan dari Klub Mandalis, Toko Sprei Homemade Lombok Yoor Collections dan Karya Wonogiri. Atlet sepatu roda itu berangkat ke Semarang pada Sabtu (19/8/2023) bersama dengan satu atlet putra lainnya. Selain itu, mereka didampingi pelatih sepatu roda kontingen NTB, Pak Yoyo.

Meskipun ada keterbatasan dana dari provinsi untuk memberangkatkan atlet, namun ada dukungan dana dari KONI Kota Mataram yang membiayai pemberangkatan dan keperluan lainnya. Dukungan dari klub dan pihak swasta diperlukan untuk membantu dalam pemberian uang saku untuk atlet.

Baca Juga: Overpopulasi, Relawan Sebut Anjing Liar di Lombok Perlu Disterilisasi

2. Klub Mandalis menaungi lebih dari 120 atlet sepatu roda di Mataram

Dua Atlet Sepatu Roda Klub Mandalis NTB Ikuti BK PON Aceh - Sumut 2024Sepatu roda dengan berbagai ukuran. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Klub Mandalis sebagai klub sepatu roda di Kota Mataram menaungi lebih dari 120 atlet. Mereka berkomitmen untuk mendukung atlet-atlet sepatu roda untuk berprestasi mewakili kabupaten/kota, provinsi bahkan juga mewakili Indonesia.

Meskipun BK PON ini merupakan pengalaman pertama untuk cabor Sepatu Roda NTB, namun tetap ada optimisme. NTB akan melawan Papua, Papua Barat, Bali, Sulawesi Tengah, Sulawesi utara, Sulawesi Tenggara, sulawesi selatan, NTT, Maluku utara dan Maluku. Hal ini akan menjadi sejarah perjuangan cabor sepatu roda untuk menginspirasi bibit-bibit baru di NTB.

3. NTB targetkan raih 20 medali emas PON Aceh - Sumut 2024

Dua Atlet Sepatu Roda Klub Mandalis NTB Ikuti BK PON Aceh - Sumut 2024Ilustrasi/virginradio.parisrollersmarathon.com

Sebelumnya, Gubernur NTB Zulkieflimansyah memberikan target kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTB untuk meraih 20 medali emas pada PON XXI Aceh - Sumut 2024 mendatang. Target tersebut meningkat dari perolehan medali pada PON Papua 2021.

Pada PON Papua 2021, NTB memperoleh 38 medali. Terdiri dari 15 medali emas, 11 medali perak, dan 12 medali perunggu. Namun di tengah target yang cukup tinggi di PON 2024, Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) dilakukan seadanya karena keterbatasan anggaran daerah.

Ketua KONI NTB Mori Hanafi mengatakan pihaknya sudah mendapatkan gambaran atlet-atlet potensial untuk PON Aceh - Sumut 2024 berdasarkan hasil Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) NTB beberapa waktu lalu. Atlet-atlet potensial itu menyebar di 10 kabupaten/kota di NTB.

Mori menyebutkan pada PON Papua 2021, hanya ada 19 cabang olahraga (cabor) di NTB yang lolos PON. Sedangkan pada PON 2024, Mori menyebutkan sekitar 35 sampai 37 cabor yang berpotensi lolos di pra PON. Sehingga, ia optimis NTB akan mampu meraih 20 medali emas di PON 2024.

Mantan Wakil Ketua DPRD NTB ini mengatakan hampir semua daerah mengalami kendala terkait keterbatasan anggaran. Namun, Pelatda dalam rangka persiapan pra PON dan PON 2024 harus tetap dilaksanakan.

Baca Juga: Jadwal Kapal Rute Lombok - Banyuwangi Tanggal 22 - 23 Agustus 2023

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya