Sebuah Rumah yang Dihuni Dua Anak dan Seorang Perempuan Ludes Terbakar

Rumah terbakar diduga akibat korsleting listrik

Sumbawa Barat, IDN Times - Rumah seorang pedagang bernama Muhamad Alam di Kelurahan Telaga Bertong Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat ludes terbakar, Minggu (27/2/2022). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah itu.

Kapolres Sumbawa Barat AKBP Heru Muslimin melalui Kasi humas IPDA Eddy Soebandi mengungkapkan peristiwa kebakaran terjadi pada Minggu (27/2/2022) pukul 15.45 WITA.

1. Rumah ditinggal berjualan

Sebuah Rumah yang Dihuni Dua Anak dan Seorang Perempuan Ludes TerbakarRumah warga yang terbakar tersisa tinggal rangka (Dok Polres Sumbawa Barat)

Eddy menyebutkaan identitas pemilik rumah yaitu, Muhammad Alam, pekerjaan pedagang, beralamat RT 03 RW 01 Lingkungan Telaga Baru A Kelurahan Telaga Bertong Kecamatan Taliwang. Ia menjelaskan, kronologis kejadian, pada sekitar pukul 15.45 WITA, saat pemilik rumah sedang berjualan di lokasi pasar lama Kelurahan Arab Kenangan Taliwang.

Pemilik rumah meninggalkan 2 orang anak di rumah bersama dengan saudara perempuan yang bersangkutan bernama Saura. Saat ditinggal berjualan, Saura sedang tertidur bersama 2 orang anak bernama Sultan Bahri dan Aurel Isma Putri.

Baca Juga: Masjid di NTB Diminta Tak Ikuti Edaran Menteri Agama Soal Toa

2. Penghuni terbangun dan selamatkan diri

Sebuah Rumah yang Dihuni Dua Anak dan Seorang Perempuan Ludes TerbakarPemadaman rumah warga yang terbakar di Sumbawa Barat (Dok. Polres Sumbawa Barat)

Saura yang terbangun, melihat adanya percikan api di setop kontak listrik langsung membawa kedua anak keluar dari rumah. Saat terjadinya kebakaran lokasi sekitar rumah dalam keadaan sepi.

Sehingga api dengan cepat merambat ke seluruh rumah dan tidak bisa dipadamkan. Barulah sekitar pukul 16.10 WITA, Kapolsek Taliwang AKP Mulyadi bersama anggota Pawas Polres Sumbawa Barat Ipda Puhuh Santoso bersama anggota piket fugsi Sumbawa Barat dan 4 unit Damkar tiba di lokasi.

3. Polisi langsung lakukan pemadaman dan evakuasi

Sebuah Rumah yang Dihuni Dua Anak dan Seorang Perempuan Ludes TerbakarRumah warga yang ludes terbakar (Dok. Polres Sumbawa Barat)

Tiba di lokasi, aparat kepolisian langsung berusaha melakukan pemadaman terhadap api dan melakukan evakuasi. Sekitar pukul 17.10 WITA, api berhasil dipadamkan.

Atas kejadian tersebut, tidak adanya korban jiwa dan pemilik rumah mengalami kerugian materi sekitar Rp30 juta. Eddy menjelaskan, penyebab kebakaran diperkirakan karena korsleting listrik. Sehingga menimbulkan percikan api dan menjalar ke seluruh rumah panggung yang terbuat dari kayu.

Baca Juga: Menilik PT Responsif Gender, Agar Perempuan Bertaji di Kampus Sendiri

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya