Progres Pengerjaan 60 Persen, Begini Penampakan Sirkuit MXGP Samota 

Pembangunan sirkuit dikebut siang dan malam

Mataram, IDN Times - Gelaran kejuaraan dunia balap motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP) Samota tinggal menghitung hari. Pengerjaan pembangunan sirkuit, paddock dan tribun penonton terus dikebut.

Pembangunan Rocket Motor Circuit MXGP Samota, di Kabupaten Sumbawa Provinsi NTB, terus dikebut. Event balapan dunia seri ke-12 yang akan berlangsung pada 24-26 Juni 2022 mendatang, progresnya telah mencapai 60 persen.

1. Dikerjakan siang dan malam

Progres Pengerjaan 60 Persen, Begini Penampakan Sirkuit MXGP Samota Rocket Motor Circuit MXGP Samota (Dok. Diskominfotik NTB)

Komandan Lapangan MXGP Samota Ridwan Syah dalam keterangannya, Rabu (8/6/2022) memastikan bahwa pengerjaan sirkuit sesuai jadwal. Progres pengerjaan seluruh fasilitas utama dan pendukung Rocket Motor Circuit MXGP Samota, sudah mencapai 60 persen.

Ridwan mengatakan sejumlah alat berat dan para pekerja terus beroperasi siang dan malam untuk memastikan penyelesaian arena Rocket Motor Circuit MXGP Samota.

Baca Juga: 7.000 Tenaga Honorer Pemprov NTB Terancam Dihapus 

2. Progres pengerjaan sirkuit dan fasilitas pendukung

Progres Pengerjaan 60 Persen, Begini Penampakan Sirkuit MXGP Samota Rocket Motor Circuit MXGP Samota (Dok. Diskominfotik NTB)

Kepala Dinas PUPR NTB ini menjelaskan progres pembangunam sirkuit dan fasilitas pendukungnya. Seperti progres pembangunan track seperti Skybox sudah 60 persen, tribun VIP 50 persen, paddock 60 persen, Bike Wash 80 persen dan Pit Line 60 persen.

Sedangkan infrastruktur pendukung, seperti fasilitas air bersih sudah mencapai 98 persen, pengerjaan untuk listrik 80 persen, pembangunan jalan 80 persen, toilet 20 persen dan persediaan tempat parkir sudah mencapai 20 persen.

Pembangunan jalan alternatif menuju sirkuit, seperti jalan Penyaring-Labu Sawo sudah 50 persen rampung. Jalan Bukit Permai-Simpang Boak 15 persen, Kebayan-Bukit Permai 35 persen dan Klapis 15 persen.

Termasuk penerangan jalan umum jembatan Samota menuju venue, dalam proses pemasangan. "Insyaallah on progres, pembangunan ini akan sesuai dengan jadwal awal," ucapnya.

3. Sirkuit dengan latar belakang teluk saleh, gunung tambora, dan pulau moyo

Progres Pengerjaan 60 Persen, Begini Penampakan Sirkuit MXGP Samota Jembatan Samota, salah satu ikon Kabupaten Sumbawa yang lokasinya dekat Rocket Motor Circuit MXGP Samota. (Dok. Diskominfotik NTB)

Rocket Motor Circuit MXGP Samota memiliki 9 jumpingan dengan panjang lintasan 1,8 km. Akan berlaga 34 crosser dari 24 tim yang berasal dari 20 negara.
Ridwan menyebut perhelatan MXGP Samota sangat dinanti. Karena landscape dan background pemandangannya lautan yang biru dan indah, dengan latar belakang gunung Tambora, Pulau Moyo dan Teluk Saleh.

"Kami terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan semua steakholder untuk memastikan event yang akan mendongkrak kunjungan wisata dan peningkatan ekonomi masyarakat pulau Sumbawa dan NTB umumnya, sukses terselenggara," ujarnya.

Baca Juga: Rekrut 120 Marshal MXGP Samota, 70 Persen dari Sumbawa 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya