Penonton MotoGP Disiapkan 278 Angkutan Gratis 

Verifikasi tiket MotoGP dilakukan di lima pintu masuk

Mataram, IDN Times - Gelaran MotoGP 2022 yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), tinggal dua minggu lagi. Berbagai persiapan dilakukan pihak terkait, untuk menyukseskan gelaran MotoGP Mandalika 2022.

Pemerintah menyiapkan 278 angkutan gratis bagi penonton MotoGP Mandalika di lima pintu masuk yamg ada di Pulau Lombok. Verifikasi tiket MotoGP juga akan dilakukan di lima pintu masuk yang telah disiapkan.

1. Skenario pengaturan lalu lintas

Penonton MotoGP Disiapkan  278 Angkutan Gratis Polisi memeriksa pengendara yang menuju Sirkuit Mandalika (Dok. Polda NTB)

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda NTB Kombes Pol Djoni Widodo mengatakan, kepolisian telah menyusun skenario pengaturan lalu lintas saat event MotoGP Mandalika pada 18 - 20 Maret mendatang.

"Pengaturan lalu lintas tersebut, nantinya akan menjadi panduan masyarakat yang akan menonton MotoGP Mandalika tanggal 18 hingga 20 Maret 2022 ini," jelas Kombes Pol Djoni, Kamis (3/3/2022).

Dalam skenario tersebut digambarkan penonton MotoGP Mandalika yang hadir diperkirakan berjumlah 65 ribu hingga 100 ribu orang. Nantinya para penonton yang masuk atau datang akan melalui lima pintu masuk ke Pulau Lombok.

Baca Juga: Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Dimulai 4 Maret 2022

2. Cegah penumpukan kendaraan di area Sirkuit Mandalika

Penonton MotoGP Disiapkan  278 Angkutan Gratis Area parkir dekat Sirkuit Mandalika pada saat event tes pramusim MotoGP, 11 - 13 Februari 2022 lalu (IDN Times/Muhammad Nasir)

Lima pintu masuk ke Pulau Lombok yang dimaksud yakni, Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok Tengah, Pelabuhan Gili Mas, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Bangsal dan Pelabuhan Kayangan.

Agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di area parkir Sirkuit Mandalika, kata Djoni, sebagian akan diarahkan ke Eks Bandara Selaparang Kota Mataram. Terutama bagi penonton MotoGP Mandalika yang datang dari pelabuhan Bangsal Lombok Utara.

Di lima pintu masuk tersebut akan disiapkan tempat untuk verifikasi tiket, dan petugas kesehatan untuk melakukan pengecekan prosedur kesehatan COVID-19 kepada para calon penonton MotoGP.

Untuk di Eks Bandara Selaparang, calon penonton yang dari luar daerah, dalam atau yang menginap di Kota Mataram, akan dicek kelengkapannya, baik tiket atau dokumen lain yang diharuskan bagi penonton.

3. Penonton MotoGP disiapkan 278 angkutan gratis

Penonton MotoGP Disiapkan  278 Angkutan Gratis Bus DAMRI kini dilengkapi dengan Ion Plasmacluster (Dok. DAMRI)

Djoni menyebutkan bahwa petugas juga telah menyiapkan 278 angkutan gratis bagi penonton MotoGP. Terdiri dari 27 mini bus besar, 70 unit bus sedang dan 181 unit bus kecil.

"Di masing-masing pintu masuk telah disiapkan kendaraan gratis untuk menuju ke Sirkuit Mandalika bagi penonton MotoGP," jelas Djoni.

Kendaraan gratis untuk penonton MotoGP tersebut telah melewati uji kelayakan, baik petugas maupun mobilnya. Selain itu, mobil gratis untuk penonton MotoGP Mandalika dilengkapi dengan stiker khusus, agar penonton tidak salah masuk kendaraan.

Baca Juga: Resort Terunik di Dunia Akan Dibangun Khabib Nurmagomedov di Lombok

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya