Pedagang Asongan Boleh Jualan di Sirkuit Mandalika saat WSBK 2023

Perputaran uang WSBK 2022 diperkirakan dua kali lipat 2021

Mataram, IDN Times - Pelaksanaan kejuaraan dunia World Superbike (WSBK) Mandalika, 11 - 13 November 2022, berjalan lancar dan sukses. Namun, hasil evaluasi, masih ditemukan pedagang asongan yang berjualan di depan Sirkuit Mandalika, tepatnya di pinggir ruas jalan Kuta - Keruak.

Pada perhelatan WSBK Mandalika pada bulan Maret 2023, para pedagang asongan akan diperbolehkan berjualan di dalam Sirkuit Mandalika, lokasinya bersamaan dengan tempat UMKM.

"Nanti kita akan siapkan tempat khusus di dalam sirkuit sama seperti UMKM," kata Komandan Lapangan WSBK Mandalika, Jamaluddin Maladi di Mataram, Jumat (9/12/2022).

1. Telah disiapkan Bazaar Mandalika tetapi sepi pembeli

Pedagang Asongan Boleh Jualan di Sirkuit Mandalika saat WSBK 2023Seorang pedagang asongan di Bukit Pantai Seger Kuta Mandalika menjajakan barang dagangannya dengan latar belakang tikungan 10 Sirkuit Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sebenarnya, kata Jamaluddin, PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) lokasi bagi pedagang asongan di Bazaar Mandalika, dekat Masjid Nurul Bilad Mandalika. Namun, di lokasi tersebut sepi pembeli sehingga pedagang asongan berkeliaran menjajakan barang dagangannya di kawasan Mandalika.

Supaya pedagang asongan tetap rapi berjualan di dalam Sirkuit Mandalika saat WSBK 2023, maka pihaknya akan melakukan penataan dengan menyiapkan tenda, seperti UMKM. Karena menurut Jamaluddin, WSBK merupakan sebuah event yang menjadi trigger sektor-sektor lain, termasuk usaha mikro.

Para pedagang asongan itu, kata Staf Ahli Gubernur Bidang Sosial Kemasyarakatan, menjual berbagai macam cinderamata dan kaos-kaos berkaitan dengan WSBK. Sehingga akan mempermudah penonton untuk membeli oleh-oleh usai menonton gelaran WSBK Mandalika.

Baca Juga: Pria 53 Tahun Asal Jatim Ditemukan Tewas di Kamar Indekos

2. Gandeng Bank Indonesia hitung perputaran uang saat WSBK Mandalika 2022

Pedagang Asongan Boleh Jualan di Sirkuit Mandalika saat WSBK 2023Komandan Lapangan WSBK Mandalika, Jamaluddin Maladi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Perhelatan WSBK Mandalika 2022 dihadiri sebanyak 51.629 penonton. Sekitar 70 persen penonton berasal dari NTB, sedangkan 30 persen dari luar daerah NTB termasuk luar negeri.

Kaitan dengan jumlah perputaran uang selama gelaran WSBK Mandalika 2022, Jamaluddin menyatakan masih dilakukan perhitungan oleh Bank Indonesia. Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menggandeng Bank Indonesia untuk menghitung perputaran uang selama event internasional itu berlangsung.

"Mengenai perputaran uang saat WSBK, sebelum tanggal 17 Desember, insyaallah ada rilisnya. Bank Indonesia yang melakukan survei," kata Jamaluddin.

3. Perputaran uang diperkirakan dua kali lipat WSBK 2021

Pedagang Asongan Boleh Jualan di Sirkuit Mandalika saat WSBK 2023Pembalap Aruba.it Racing Ducati Alvaro Bautista usai race 1 WSBK Mandalika, Sabtu (12/11/2022). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Jamaluddin memperkirakan perputaran uang saat gelaran WSBK Mandalika 2022 bisa mencapai dua kali lipat dibandingkan WSBK 2021. Karena jumlah penonton saat gelaran WSBK Mandalika 2021 sebanyak 25.000 orang.

Sedangkan pada gelaran WSBK Mandalika 2022, jumlah penonton mencapai 51.629 orang atau dua kali lipat dari WSBK 2021. "Dengan penonton sebanyak itu, mungkin dua kali lipatnya jumlah perputaran uang. Bisa saja lebih, karena pasti pasti para penonton berbelanja, makan dan minum," terangnya.

Baca Juga: Bule Prancis Takjub Saksikan Tradisi Perang Topat di Lombok 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya