NTB Siapkan Atraksi Sambut Ribuan Wisatawan Kapal Pesiar 

15 kapal pesiar datang ke NTB pada 2023

Mataram, IDN Times - Pemprov NTB melalui Dinas Pariwisata (Dispar) menyiapkan atraksi dan paket wisata untuk menyambut ribuan wisatawan kapal pesiar yang akan singgah di Pelabuhan Gili Mas, Lembar, Lombok Barat, NTB. Akhir Oktober sampai Desember 2022, akan ada 4 kapal pesiar yang akan singgah.

Sementara pada 2023, sebanyak 15 kapal pesiar akan singgah di Pelabuhan Gili Mas. Satu kapal pesiar akan mengangkut sebanyak 1.500 - 2.500 wisatawan mancanegara. "General Manager PT Pelindo Cabang Lembar sudah mengajak kita bertemu. Terkait dengan berbagai kedatangan kapal pesiar," kata Kepala Dispar Provinsi NTB Yusron Hadi dikonfirmasi di kantornya, Senin (19/9/2022) siang .

1. Siapkan atraksi, destinasi dan paket wisata

NTB Siapkan Atraksi Sambut Ribuan Wisatawan Kapal Pesiar Penari tradisional diiringi tabuhan gendang beleq. (Dok. IDN Times)

Yusron mengatakan pihaknya akan menyiapkan akomodasi, atraksi, destinasi dan paket wisata untuk ribuan wisatawan mancanegara yang akan datang ke Lombok. Menurut Yusron, penyiapan atraksi wisata dinilai cukup penting dipertontonkan kepada wisatawan mancanegara.

Dispar NTB masih berkomunikasi dengan GM PT Pelindo Cabang Lembar Baharuddin terkait jadwal kedatangan dan jumlah wisatawan yang akan datang menggunakan kapal pesiar.

"Banyak atraksi yang bisa kita tampilkan. Kita pengamalan menerima kunjungan tamu di luar negeri pada saat MotoGP WSBK, MXGP dan sebagiannya," ucap Yusron

Dikatakan, banyak atraksi seni budaya dari 10 kabupaten/kota di NTB yang temanya penyambutan tamu. Nantinya akan dipilih atraksi yang berbeda secara bergantian untuk dipertontonkan pada wisatawan.

"Kita harus persiapkan, kita segera komunikasi dengan pak GM Pelindo. Sehingga Kita memiliki kesempatan persiapan yang luas," ujar Yusron.

Baca Juga: Dekat Sirkuit Mandalika, Siswa Belajar di Gedung Sekolah Nyaris Roboh

2. Dorong travel agen buat paket wisata

NTB Siapkan Atraksi Sambut Ribuan Wisatawan Kapal Pesiar Kepala Dispar Provinsi NTB Yusron Hadi (IDN Times/Muhammad Nasir)

Selain menyiapkan atraksi, Yusron juga mendorong travel agen di NTB untuk menyiapkan paket-paket wisata untuk tamu kapal pesiar. Pihaknya bersyukur NTB akan didatangi 15 kapal pesiar pada 2023 mendatang.

"Kapal pesiar itu kan isiannya ribuan orang penumpang kamar juga, kita sambut baik. Kita jamin hospitality yang baik, kita suguhkan yang baik-baik untuk wisatawan kita. Tentu saja tetap pertahankan orisinalitas karena berwisata itu mereka hadir ada seni budaya yang orisinil di daerah ini," ucapnya.

3. 15 kapal pesiar datang ke Lombok pada 2023

NTB Siapkan Atraksi Sambut Ribuan Wisatawan Kapal Pesiar Juru kampanye anti kapal pesiar merasa ditipu setelah sebuah kapal pesiar tiba di Venezia, Italia pada hari Sabtu, 5 Juni 2021, waktu setempat. (Pixabay.com/susannp4)

Tahun 2023 mendatang, Lombok akan banyak didatangi kapal pesiar. PT. Pelindo III Cabang Lembar menyebutkan sebanyak 15 kapal pesiar sudah mendaftar untuk sandar di Pelabuhan Gili Mas, Lembar, Lombok Barat.

General Manager PT Pelindo Cabang Lembar, Baharuddin ada salah satu kapal pesiar ukuran raksasa yang akan sandar sekitar bulan Maret atau April 2023. Kapal pesiar itu dengan panjang 330 meter dan mengangkut sebanyak 5.000 wisatawan mancanegara.

Dari sisi fasilitas di Pelabuhan Gili Mas, kata Baharuddin, telah memenuhi syarat untuk sandar kapal pesiar ukuran besar. Hanya saja, ia akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Dinas Perhubungan NTB terkait pola operasi di dua pelabuhan yang ada di Lembar.

Baca Juga: 15 Kapal Pesiar Besar akan ke Lombok Tahun 2023 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya