NTB Siapkan 1.000 UMKM Lokal Jualan saat MotoGP Mandalika 2022 

Pedagang asongan disiapkan tempat di Beach Park Mandalika

Mataram, IDN Times - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyiapkan 1.000 UMKM lokal meramaikan MotoGP Mandalika, 18 - 20 Maret mendatang. Selain itu, Kementerian Koperasi dan UKM juga menyiapkan tempat untuk 100 UMKM Nusantara di kawasan Mandalika.

"Target kita lebih dari 1.000 UMKM di Mandalika yang langsung kita handle saat MotoGP. Ada enam titik yang disiapkan untuk UMKM lokal di Maandalika," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB, Ahmad Masyhuri di Mataram, Jumat (21/1/2022).

1. Siapkan enam titik lokasi UMKM di kawasan Mandalika

NTB Siapkan 1.000 UMKM Lokal Jualan saat MotoGP Mandalika 2022 Ilustrasi UMKM (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Masyhuri mengatakan ada enam titik lokasi untuk 1.000 UMKM yang disiapkan di kawasan Mandalika. Enam lokasi tersebut sebanyak tiga titik di area sirkuit, satu titik di parkir timur, satu titik di parkir barat dan satu titik di Beach Park Mandalika.

Khusus untuk 100 UMKM Nusantara yang juga akan meramaikan MotoGP 2022, kata Mashuri langsung dihandle oleh Kementerian Koperasi dan UKM. Lokasinya di sekitar area sirkuit Mandalika.

Sedangkan 1.000 UMKM lokal yang dihandle oleh Pemprov NTB merupakan binaan perangkat daerah dan BUMN/BUMD yang ada di NTB. Masyhuri menyebut jumlah UMKM yang dilibatkan saat MotoGP mendatang jauh lebih banyak dibandingkan saat gelaran World Superbike (WSBK) Mandalika 2021 yang hanya 330 UMKM.

"Saat WSBK ada 330 UMKM lokal. Itu pun dari Lombok Tengah juga. Yang 1.000 ini belum masuk dari Lombok Tengah. Ini masih provinsi saja," jelasnya.

Baca Juga: 100 UMKM Nusantara Akan Ramaikan MotoGP Mandalika 2022 

2. Pedagang asongan disiapkan 30 stand

NTB Siapkan 1.000 UMKM Lokal Jualan saat MotoGP Mandalika 2022 Pedagang asongan di kawasan Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sementara itu, bagi pedagang asongan yang berada di kawasan Mandalika, kata Mayhuri, juga disiapkan sebanyak 30 stand. Sehingga mereka berjualan lebih tertib dan tidak mengganggu pengunjung yang datang ke Mandalika.

"Pedagang asongan kita siapkan tenda 30 di Beach Park Mandalika. Nanti ada kurasinya, kita kerja sama dengan Lombok Tengah," terangnya.

3. 70 persen UMKM kuliner saat MotoGP

NTB Siapkan 1.000 UMKM Lokal Jualan saat MotoGP Mandalika 2022 Instagram

Masyhuri menjelaskan saat gelaran MotoGP Mandalika, Maret mendatang sebanyak 70 persen merupakan UMKM kuliner. Sisanya merupakan UMKM kriya, wastra dan kerajinan lokal. Keberadaan event internasional seperti WSBK dan MotoGP Mandalika menjadi kesempatan bagi UMKM kembali bangkit di masa pandemik COVID-19.

Selain di kawasan Mandalika, kata Masyhuri, Gubernur telah mengeluarkan surat edaran ke kabupaten/kota. Supaya di setiap hotel atau penginapan juga menyediakan space untuk UMKM lokal. Sehingga akan banyak UMKM lokal yang terlibat saat gelaran MotoGP Mandalika.

Baca Juga: Polda NTB Terima Laporan Pembantaian Anjing di Mandalika

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya