Nonton Balapan dari Bukit, Pakai Tiket MotoGP Kelas Festival Saja

NTB minta diskon harga tiket 75 persen untuk kelas festival

Mataram, IDN Times - PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menyediakan 10.000 tiket General Admission saat gelaran MotoGP Mandalika pada 18 - 20 Maret mendatang. General Admission merupakan tiket non-seating area. Di mana, penonton bisa memilih untuk menonton balapan dari beberapa bukit yang ada di area Sirkuit Mandalika.

“Dalam menyiapkan area General Admission, kami telah melakukan pemetaan dan overlay yang baik. Sehingga kami pastikan setiap penonton selalu memiliki akses ke UMKM, toilet, tenda medis, dan musala,” kata Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC, Arie Prasetyo, Minggu (6/3/2022).

1. Antusiasme masyarakat semakin meningkat

Nonton Balapan dari Bukit, Pakai Tiket MotoGP Kelas Festival SajaAntusiasme masyarakat menonton tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika pada 12 Februari 2022 lalu. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sejak H-16 menjelang pelaksanaan MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, antusiasme dari masyarakat umum semakin meningkat. Terdapat 5 klasifikasi tiket yang dapat dibeli oleh masyarakat yaitu General Admission, Standard Grandstand, Premium Grandstand, VIP Hospitality Suites (Deluxe Class), dan VIP Hospitality Suites (Premiere Class) dengan total kuota sebanyak lebih dari 60.000 tiket.

Harga tiket sesuai dengan klasifikasinya sangat beragam. Tiket kelas General Admission mulai dari Rp115.000 di hari pertama, hingga Rp575.000 untuk race day. Terdapat juga harga bundling di berbagai kelas tiket di hari kedua dan ketiga.

Ada pula paket bundling 3 hari VIP Hospitality Suites (Duluxe Class dan Premiere Class) yang dapat dipesan melalui berbagai situs penjualan seperti Dyandratiket.com, Tiket.com, MyPertamina Apps, ITDC Xplorin, dan TiketApaSaja.com.

Baca Juga: Ini Jalur Alternatif Penonton MotoGP dari Mataram Menuju Mandalika 

2. Tiket terjual 22.300

Nonton Balapan dari Bukit, Pakai Tiket MotoGP Kelas Festival SajaHarga tiket MotoGP Indonesia Grand Prix (instagram.com/itdc_id)

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono menyatakan tren pembelian tiket semakin meningkat. “Tiket yang terjual sejauh ini sudah mencapai angka 22.300. Kami optimis bahwa penjualan tiket ini akan semakin naik, menjelang dekatnya perhelatan MotoGP," ujarnya.

Maya menyebutkan bahwa penyelenggaraan ajang balap MotoGP sebagai momentum kebangkitan pariwisata Indonesia yang tentunya harus didukung penuh. Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022 merupakan ajang balap internasional terbesar di Indonesia yang harus dipublikasikan dan populerkan. "Dukungan dari teman-teman media dan masyarakat merupakan kunci dari kesuksesan acara ini,” katanya.

3. Pemprov NTB minta diskon 75 persen

Nonton Balapan dari Bukit, Pakai Tiket MotoGP Kelas Festival SajaStaf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, Infrastruktur dan Pembangunan Setda NTB Sadimin. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sementara itu, Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) meminta diskon tiket MotoGP Mandalika untuk kelas festival atau general admission sebesar 75 persen. Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, Infrastruktur dan Pembangunan Setda NTB Sadimin mengatakan pihak ITDC telah menawarkan diskon sebesar 50 persen.

Sadimin menjelaskan tiket MotoGP kelas festival atau general admission memiliki kapasitas 10 ribu penonton per hari. Untuk tiket kelas festival, masyarakat menonton dengan berdiri yang telah disiapkan pada dua lokasi di area Sirkuit Mandalika.
"ITDC sudah menawarkan, pak gubernur minta diskonnya tidak 50 persen tapi 75 persen. Tapi yang ditawarkan hanya yang (tiket) festival, yang berdiri saja," kata Sadimin, Jumat (4/2/2022).

Sadimin menyebutkan dalam gelaran MotoGP Mandalika pada 18 - 20 Maret mendatang, jumlah kapasitas penonton per hari sebanyak 63.534 orang. Dengan rincian untuk premiere class 900 orang, deluxe class 2.000 orang, festival 10 ribu orang, standard grandstand 28.578 orang dan premium grandstand 22.056 orang.

Berdasarkan data yang diperoleh per tanggal 20 Februari 2022, jumlah tiket MotoGP yang terjual sebanyak 21.530 tiket. Sadimin menyebutkan daerah asal penonton terbanyak dari Jawa Barat sebesar 15,4 persen. Kemudian disusul Jawa Timur sebesar 15 persen, DKI Jakarta 11,9 persen dan Jawa Tengah 9,2 persen.

Sedangkan penonton asal NTB yang sudah membeli tiket baru 8,9 persen, Sulawesi Selatan 5 persen, Bali 4,9 persen, Banten 4,8 persen, Kalimantan Timur 3,69 persen dan Sumatera Utara 2,6 persen. Sementara daerah lainnya antara 0,2 persen sampai 2,2 persen.

Baca Juga: Jelang MotoGP, Ribuan Kamar Penginapan di Lombok Gak Laku!

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya