Klaim Sandiaga Uno, Kepuasan Penonton MotoGP Mandalika 78 Persen 

Dua catatan ratas bersama presiden

Mataram, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengklaim, tingkat kepuasan penonton balapan MotoGP Mandalika di Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB) berada di kisaran 78 persen. Angka kepuasan balapan digelar pada 18-20 Maret 2022 ini berdasarkan hasil quick count atau hitung cepat dilakukan Kemenparekraf. 

"Kami sudah mengeluarkan hasil quick count dari MotoGP. Sebesar 78 persen penonton puas dengan pelaksanaan MotoGP," kata Sandi dalam Musrenbang RKPD NTB secara virtual, Kamis (31/3/2022).

1. Klaim hanya sedikit penonton yang tidak puas

Klaim Sandiaga Uno, Kepuasan Penonton MotoGP Mandalika 78 Persen Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat memberikan sambutan pada acara Musrenbng RKPD NTB 2023 secara virtual, Kamis (31/3/2022) (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sedangkan 22 persen sisa penonton lainnya, kata Sandi disebutkan mengaku cukup puas atau malah kecewa dengan pelaksanaan MotoGP Mandalika. Meskipun persentase penonton yang tidak puas, menurutnya sangat sedikit dibandingkan mereka yang mengaku cukup puas. 

Seperti diketahui, gelaran MotoGP Mandalika merupakan event balap internasional MotoGP pertama di Indonesia setelah absen selama 25 tahun. Indonesia terakhir kali menjadi tuan rumah MotoGP di Sirkuit Sentul pada 1997 silam.

"Sisanya penonton MotoGP merasa cukup dan sedikit sekali yang menyatakan tak sesuai dengan harapannya. Berarti kita punya peluang untuk meningkatkan untuk tahun depan dan saat World Superbike (WSBK) mendatang," ujar Sandi.

Baca Juga: Tak Dijemput Bus, Ribuan Penonton MotoGP Mandalika Terlantar

2. Dua catatan saat rapat terbatas dengan presiden

Klaim Sandiaga Uno, Kepuasan Penonton MotoGP Mandalika 78 Persen Sejumlah penonton MotoGP Mandalika terlantar dan menunggu jemputan bus hingga larut malam (Istimewa)

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan, pasca gelaran MotoGP Mandalika, telah dilakukan rapat terbatas (ratas) yang dipimpin Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Ia menyebutkan ada dua hal yang menjadi catatan presiden, yakni kaitan infrastruktur transportasi, dan lokasi penempatan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di area sirkuit. 

Apa yang menjadi catatan dipastikan menjadi pembenahan pada event WSBK dan MotoGP Mandalika pada tahun depan. 

3. Risman menjadi ikon keramahtamahan khas NTB

Klaim Sandiaga Uno, Kepuasan Penonton MotoGP Mandalika 78 Persen Juara MotoGP Mandalika 2022, Miguel Oliveira dan Risman, salah seorang staf hotel di Lombok. (dok instagram/richman_taye)

Di samping ada sejumlah hal yang menjadi catatan untuk perbaikan gelaran MotoGP tahun depan. Sandi menyatakan ada hal yang menjadi kebanggaan bagi NTB dan Indonesia, yaitu Risman.

Pegawai Hotel Novotel Kuta Mandalika Lombok Tengah Provinsi NTB tersebut menjadi ikon tentang keramahtamahan orang NTB dan Indonesia. Bahkan juara MotoGP Mandalika Miguel Oliviera mendedikasikan gelar juara yang diperoleh kepada Risman.

Pembalap Portugal ini saat wawancara, mengaku tersanjung dengan pelayanan Risman selama berada di Mandalika. Menurut Sandi, Risman mampu menjawab anggapan di mana SDM lokal diragukan kesiapannya menyambut ajang internasional. 

"Risman menjadi ikon mengenai keramahtamahan kita yang betul-betul menunjukkan kearifan lokal khas NTB," kata Sandi.

Baca Juga: NTB Targetkan Investasi Sebesar Rp 15 Triliun Usai MotoGP Mandalika 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya