Gubernur NTB Usulkan BRIN Jadi Kementerian Ristek

Titip pesan lewat Wapres ke Presiden Jokowi

Lombok Utara, IDN Times - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah mengusulkan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menjadi Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek). Usulan itu disampaikan dihadapan Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin saat peresmian Kawasan Sains Kurnaen Sumadiharga Lombok sebagai Pusat Riset Produk Halal Berbasis Maritim Nasional di Lombok Utara, Kamis (16/3/2023).

Menurutnya, BRIN akan berlari lebih cepat dari saat ini apabila menjadi Kementerian Ristek. "Mudah-mudahan feedback dari Lombok bisa disampaikan ke pak Presiden. Sehingga kepala BRIN ini punya komunikasi yang lebih cepat ke Pemda seluruh Indonesia," kata Gubernur Zulkieflimansyah.

1. Gubernur NTB: mumpung ada menteri mengundurkan diri

Gubernur NTB Usulkan BRIN Jadi Kementerian RistekGubernur NTB Zulkieflimansyah (Dok Diskominfotik NTB)

Menurutnya, keberadaan BRIN akan jauh menjadi maksimal apabila menjadi kementerian. Kebetulan juga, kata pria yang pernah dinobatkan sebagai Peneliti Muda Terbaik Indonesia untuk bidang ekonomi dan manajemen oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada 2003 ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sedang terjadi kekosongan karena Menpora mengundurkan diri.

Bersamaan dengan pengisian jabatan Menpora yang baru, ia mengusulkan agar BRIN menjadi Kementerian Ristek. "Saya usulkan kalau bisa sebagai orang yang sedikit mengerti memahami sains dan teknologi ini, BRIN itu akan menjadi sangat maksimal kalau ditambah menjadi Menristek," ujarnya.

Baca Juga: Batal Penempatan, Guru P1 Prioritas Seleksi PPPK 2023 Tanpa Tes

2. NTB bentuk BRIDA

Gubernur NTB Usulkan BRIN Jadi Kementerian RistekLogo BRIDA NTB. (dok. BRIDA NTB)

Gubernur Zulkieflimansyah menambahkan Pemprov NTB menyambut kehadiran BRIN di daerah dengan membentuk Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) NTB. BRIDA NTB dulunya merupakan Kawasan Science Technology and Industrial Park (STIP) yang berada di Banyumulek, Lombok Barat.

Ia mengatakan BRIN dengan inovasinya terus bertransformasi di Indonesia. Jika menjadi kementerian, "Transformasi organisasi BRIN bisa lebih optimal lagi menyosialisasikan ke Pemda. Dan kita menyambut BRIN ini dengan hadirnya BRIDA di NTB," ucapnya.

3. Kawasan Sains Kurnaen Sumadiharga Lombok diharapkan tidak menjadi tempat eksklusif

Gubernur NTB Usulkan BRIN Jadi Kementerian RistekWapres RI KH Ma'ruf Amin usai peresmian pusat riset produk halal berbasis maritim di Kawasan Sains Kurnaen Sumadiharga BRIN, Pemenang, Lombok Utara, Kamis (16/3/2023). (dok. Istimewa)

Sementara, terkait keberadaan Kawasan Sains Kurnaen Sumadiharga Lombok di Kecamatan Pemenang Lombok Utara yang diresmikan Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin, Gubernur mengatakan tidak semua provinsi punya fasilitas riset seperti ini.

Ia berharap Kawasan Sains Kurnaen Sumadiharga Lombok yang menjadi pusat riset produk halal berbasis maritim nasional itu, tidak menjadi tempat yang eksklusif hanya untuk BRIN.

Tetapi tempat itu juga dapat dimanfaatkan mahasiswa dan Pemda, baik provinsi dan kabupaten. "Sehingga fasilitas yang luar biasa ini bisa maksimal," tandasnya.

Baca Juga: Wapres Resmikan Pusat Riset Produk Halal Berbasis Maritim di Lombok

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya