Cidomo di Gili Trawangan akan Diganti Pakai Kendaraan Listrik 

Kusir cidomo akan diberikan kendaraan listrik

Lombok Utara, IDN Times - Bupati Lombok Utara, Djohan Sjamsu akan mengganti angkutan cidomo menggunakan tenaga kuda dengan kendaraan listrik. Penggantian angkutan cidomo ini dipastikan tidak akan menghilangkan sumber mata pencaharian para kusir cidomo.

Kusir Cidomo akan diberikan fasilitas berupa kendaraan listrik. "Kita berikan kepada yang punya cidomo fasilitas untuk itu (kendaraan listrik). Jangan pengusaha yang punya. Kalau kusirnya yang punya saya kira ndak jadi soal," kata Djohan di Gili Trawangan, Senin (9/1/2023).

1. Orang asing melihat cidomo penyiksaan terhadap kuda

Cidomo di Gili Trawangan akan Diganti Pakai Kendaraan Listrik Bupati KLU Djohan Sjamsu. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Djohan menjelaskan alasan penggantian cidomo menggunakan tenaga kuda dengan kendaraan listrik. Karena orang asing atau wisatawan melihat Cidomo yang menggunakan tenaga kuda dikatakan menyiksa kuda.

"Karena angkutan dengan kuda yang sekarang, orang asing gak suka lihat. Kita dikatakan menyiksa kuda. Yang penting kita bantu, yang punya Cidomo kita kasih kendaraan listrik," ujar Djohan.

Baca Juga: Porprov NTB 2023, Sprinter Indonesia Zohri Tak Ikut Bela Lombok Utara 

2. Gubernur apresiasi Bupati Lombok Utara

Cidomo di Gili Trawangan akan Diganti Pakai Kendaraan Listrik Menteri PPN Suharso Monoarfa mencoba menggunakan sepeda listrik usi meninju abrasi pantai di Gili Trawangan Lombok Utara, Senin (9/1/2023). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sementara itu, Gubernur NTB, Zulkieflimansyah mengapresiasi Bupati Lombok Utara, Djohan Sjamsu yang akan mengganti Cidomo bertenaga kuda dengan kendaraan listrik. Menurutnya, hal ini terobosan yang bagus tetapi perlu dibarengi dengan sosialisasi yang bagus pula.

"Saya kira ini perlu diapresiasi dengan sosialisasi yang harus bagus. Karena gak boleh gaduh lagi. Karena kendaraan listriknya nanti diberikan langsung ke yang punya cidomo, gak mengganti rezekinya orang," kata Zulkieflimansyah.

3. NTB telah ciptakan cidomo listrik

Cidomo di Gili Trawangan akan Diganti Pakai Kendaraan Listrik Cidomo listrik buatan anak SMKN 3 Mataram. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sebagaimana diketahui, NTB sudah bisa membuat cidomo listrik yang dibuat pelajar SMKN 3 Mataram. Angkutan tradisional yang biasanya menggunakan tenaga kuda itu, kini dibuat menjadi cidomo listrik (Dolis). Pembina Inovasi SMKN 3 Mataram, Hadi Kurniawan menjelaskan cidomo listrik yang dibuat anak-anak SMKN 3 Mataram merupakan hasil kolaborasi dari empat jurusan. Yaitu, jurusan mesin, otomotif, listrik dan las.

Cidomo listrik yang berhasil dibuat saat ini merupakan hasil riset ketiga yang dibantu Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah NTB. Cidomo listrik hasil riset ketiga yang berhasil dibuat sudah mendekati sempurna dan dapat dipasarkan. Hadi menjelaskan kapasitas baterai cidomo listrik yang dibuat anak-anak SMKN 3 Mataram sebesar 3,5 kWh dengan daya kotor 1,5 kW.

Jarak yang ditempuh dalam satu kali cas sepanjang 40 kilometer. Sedangkan kapasitas cidomo listrik itu sendiri mampu mengangkut 4 - 5 orang. Ia mengatakan cidomo listrik ini sangat cocok digunakan di derah perkotaan atau destinasi-destinasi wisata seperti kawasan tig Gili di Lombok Utara dan KEK Mandalika, Lombok Tengah. Harga cidomo listrik ini sendiri dijual Rp50 juta per unit.

Baca Juga: Rekrutmen CASN Sepi Peminat, NTB Terancam Krisis Dokter Spesialis  

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya