Comscore Tracker

Catat! ini Ruas Jalan yang Buka Tutup saat Event Ironman Lombok 

Ruas jalan wisata Senggigi ditutup pukul 05.00 - 16.00 Wita

Mataram, IDN Times - Kejuaraan dunia Triathlon Ironman 70.3 Lombok akan digelar tinggal beberapa hari lagi, tepatnya Sabtu (8/10/2022). Aparat kepolisian akan melakukan pengaturan lalu lintas di sepanjang ruas jalan yang akan dilalui peserta.

Ratusan atlet dari dalam dan luar negeri akan mengikuti kejuaraan dunia Ironman 70.3 Lombok. Polisi akan memberlakukan sistem buka tutup dan contraflow pada sejumlah ruas jalan yang dilalui peserta Ironman 70.3 Lombok.

1. Pengaturan lalu lintas dimulai dari perempatan Pemenang Lombok Utara

Catat! ini Ruas Jalan yang Buka Tutup saat Event Ironman Lombok Jalur Pusuk Lombok Utara. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Yusron Hadi di Mataram, Rabu (8/10/2022) menjelaskan kegiatan lomba Ironman 70.3 Lombok menggunakan fasilitas jalan raya adalah bersepeda sejauh 90,1 km dan berlari sejauh 21,1 km. Dengan rute Hotel Holiday Resort Senggigi Lombok Barat sampai putaran balik Batujai, Lombok Tengah dan kembali ke Hotel Holiday Resort.

"Pengaturan lalu lintas akan dimulai dari perempatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara sampai dengan Hotel Holiday Resort dengan sistem selektif prioritas. Dimana, masyarakat dari arah Tanjung dan sekitarnya yang hendak menuju ke Mataram ataupun tujuan akhir perjalanan ke Kawasan Senggigi diarahkan melalui ruas jalan Pusuk," kata Yusron.

Sedangkan masyarakat yang bertempat tinggal dan wisatawan yang menginap di area sampai dengan Hotel Katamaran diperkenan melintas secara selektif. Penyekatan akan dilakukan di ruas jalan sekitar Hotel Jevva Klui, Lombok Utara.

Baca Juga: Genjot Lama Menginap Wisatawan, NTB akan Coba Konsep Promosi Metaverse

2. Jalan wisata Senggigi Ditutup sejak pukul 05.00 - 16.00 Wita

Catat! ini Ruas Jalan yang Buka Tutup saat Event Ironman Lombok IDN Times/Galih Persiana

Dari Hotel Holiday Resort menuju ke Hotel Montana kawasan wisata Senggigi, kata Yusron, akan diberlakukan sistem penutupan mulai dari pukul 05.00 Wita sampai dengan pukul 16.00 Wita, dengan sistem selektif prioritas. Artinya, terang Yusron, masyarakat umum yang berkepentingan, tidak diperkenankan melintas pada ruas jalan tersebut.

Sedangkan dari Hotel Montana Senggigi ke Jembatan Loang Baloq Kota Mataram diberlakukan sistem sistem buka tutup. Dari Jembatan Loang Baloq sampai dengan putaran balik Batujai Lombok Tengah akan diberlakukan sistem contrflow. Di mana, peserta lomba sepeda akan menggunakan jalur jalan sebelah kanan menuju Giri Menang Square Lombok Barat, jalan bypass BIL sampai dengan putaran balik Batujai, sedangkan jalur kiri diperuntukkan bagi masyarakat umum.

3. Pengaturan lalu lintas dari Lombok Tengah ke Lombok Barat

Catat! ini Ruas Jalan yang Buka Tutup saat Event Ironman Lombok Monumen tembolak pelangi Kota Mataram (IDN Times/Muhammad Nasir)

Untuk kendaraan dari arah Batujai Lombok Tengah ke Giri Menang Square Lombok Barat, ujar Yusron, menggunakan contraflow. Dengan dari Giri Menang Square menuju Batujai menggunakan jalur kiri.

Begitu juga dari Bundaran Jempong ke Jembatan Loang Baloq menggunakan contraflow dengan kendaraan dari Loang Baloq ke Bundran Jempong. Pihaknya berharap pengaturan lalu lintas ini menjadi perhatian dan mendapat dukungan dari semua pihak. Sehingga penggunaan rute lomba kejuaraan dunia Ironman 70.3 Lombok dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Baca Juga: ARMY Lombok Galang Dana Rp447 Juta untuk Korban Tragedi Kanjuruhan 

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya