Comscore Tracker

Buruan! Warga NTB yang Lahir 1 Juli Akan Dapat SIM Gratis 

Pengendara juga akan dapat helm gratis

Mataram, IDN Times - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda NTB memberikan layanan pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis. Layanan SIM gratis berlaku untuk masyarakat NTB yang lahir pada tanggal 1 Juli dan telah berumur di atas 17 tahun dengan menunjukkan KTP Elektronik.

Layanan SIM gratis diberikan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Bhayangkara. SIM yang bisa didapatkan adalah SIM A dan Sim C.

1. Syarat dapat SIM gratis

Buruan! Warga NTB yang Lahir 1 Juli Akan Dapat SIM Gratis Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Djoni Widodo (Dok. Polda NTB)

Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Djoni Widodo mengatakan, ada beberapa ketentuan untuk mendapatkan SIM gratis. Selain harus yang lahir pada 1 Juli dan sudah cukup umur. Masyarakat juga harus lulus ujian teori dan praktik.

“SIM khusus ini tidak diberikan begitu saja kepada warga yang lahir 1 Juli. Mereka tetap harus mengikuti tahapan permohonan pembuatan SIM sesuai aturan yang berlaku ” kata Joni.

Baca Juga: Seorang Mahasiswi di Bima Diperkosa oleh Pegawai Kampusnya

2. Kuota permohonan SIM gratis terbatas

Buruan! Warga NTB yang Lahir 1 Juli Akan Dapat SIM Gratis Kasatlantas Polresta Mataram Kompol Bowo Trihandoko (Dok. Polresta Mataram)

Djoni menaambahkan pemohon yang lahir 1 Juli dipersilakan untuk mendaftar di Satpas SIM seluruh wilayah Polda NTB pada bulan Juni ini. Itu karena kuota untuk permohonan SIM gratis ini terbatas.

Layanan SIM gratis ditindaklanjuti Satlantas Polresta Mataram. Kasatlantas Polresta Mataram Kompol Bowo Trihandoko di Mataram, Rabu (15/6/2022) mengatakan pihaknya akan memberikan SIM gratis untuk warga Kota Mataram dalam rangka peringatan HUT Bhayangkara ke-76.

Untuk mengikuti program SIM gratis Satlantas Polresta Mataram ini, warga cukup datang ke Satpas Pelayanan SIM Polresta Mataram untuk mendaftarkan diri dengan membawa KTP dan akte kelahiran. Syarat untuk mendapatkan SIM gratis di Satpas Pelayanan SIM Polresta Mataram ini hanya satu, yakni orang tersebut mempunyai tanggal lahir tepat 1 Juli.

“Kita syaratkan warga Kota Mataram yang lahir tanggal 1 Juli untuk mendapat SIM Gratis ini, karena peringatan HUT Bhayangkara jatuh pada tanggal 1 Juli,” kata Bowo.

3. Pengendara yang beruntung akan dapatkan helm gratis

Buruan! Warga NTB yang Lahir 1 Juli Akan Dapat SIM Gratis IDN Times/Aji

Selain itu, juga akan diberikan helm gratis kepada warga yang taat dalam berlalu lintas. Pemberian helm gratis untuk warga Kota Mataram ini dilakukan syaratnya hanya satu dia taat aturan lalu lintas.

Mekanisme atau sistem pemberian helm gratis ini, anggota polisi khususnya lalu lintas akan menghampiri warga saat berada di jalan raya dan memberikan edukasi tertib berlalu lintas.

Warga yang beruntung saat ditemukan akan langsung diberikan helm gratis saat itu juga. Untuk itu, Satlantas Polresta Mataram mengimbau warga untuk selalu menaati aturan dan menjadi pelopor tertib berlalu lintas saat di jalan raya jika ingin mendapatkan helm gratis.

Baca Juga: Trek Sirkuit MXGP Samota Diperpanjang Jadi 1,9 Km  

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya