30 Kapal Pesiar Sandar di Lombok, Lobar Siapkan 3 Paket Desa Wisata 

Kapal pesiar terbesar akan sandar di Lombok

Lombok Barat, IDN Times - Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat (Lobar) telah menerima konfirmasi sebanyak 30 kapal pesiar akan sandar di Pelabuhan Gili Mas, Lembar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada tahun 2023. Sedangkan tahun 2022, hanya ada 5 kapal pesiar yang sandar sampai akhir bulan Desember ini.

Pemda Lobar menyiapkan tiga paket wisata untuk para wisatawan kapal pesiar. Tiga paket tour wisatawan kapal pesiar itu, semuanya terkoneksi dengan desa wisata yang ada di Lobar.

"Tahun ini, ada 5 kapal pesiar yang sandar di Pelabuhan Gili Mas Lembar. Terakhir nanti pada 31 Desember. Kemudian untuk 2023, ada 30 kapal pesiar sandar di Pelabuhan Gili Mas. Insyaallah semua terkoneksi dengan desa wisata," terang Kepala Dinas Pariwisata Lobar, M. Fajar Taufik di Giri Menang, Senin (19/12/2022).

1. Siapkan tiga paket tour desa wisata

30 Kapal Pesiar Sandar di Lombok, Lobar Siapkan 3 Paket Desa Wisata Desa wisata Mekarsari Kecamatan Narmada Lombok Barat (IDN Times/Muhammad Nasir)

Fajar mengatakan Dinas Pariwisata Lobar telah mempersiapkan tiga paket tour desa wisata untuk dikunjungi wisatawan kapal pesiar. Pertama, paket tour Desa Wisata Kebon Ayu - Gerung - Lembar dan Sekotong.

Paket kedua, Desa Wisata Banyumulek - Sesela - Senggigi. Serta paket ketiga adalah Taman Narmada - Lingsar - Desa Wisata Sesaot. "Ada tiga paket wisata wisatawan kapal pesiar yang kita tawarkan dan sudah disusun dari sekarang," terangnya.

Baca Juga: Wisatawan Prancis Hilang saat Berenang dari Trawangan ke Gili Meno

2. Kapal pesiar terbesar 17 tingkat akan sandar di Gili Mas

30 Kapal Pesiar Sandar di Lombok, Lobar Siapkan 3 Paket Desa Wisata Kepala Dinas Pariwisata Lobar, M. Fajar Taufik. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Fajar menjelaskan rata-rata setiap kapal pesiar membawa sebanyak 1.000 wisatawan mancanegara. Pada 2022 ini, hanya ada satu kapal pesiar yang membawa wisatawan sebanyak 780 orang.

Pada tahu. 2023, ada satu kapal pesiar terbesar yang akan sandar di Pelabuhan Gili Mas. Kapal pesiar itu memiliki panjang lebih dari 350 meter dengan 17 tingkat. Jumlah wisatawan yang akan dibawa sebanyak 3.000 orang.

Tahun 2022, rata-rata kapal pesiar yang sandar selama 5 - 8 jam. Tahun depan, ada yang sandar sampai 11 jam. Sehingga para tamu kapal pesiar akan mengunjungi sejumlah destinasi yang ada di Lobar.

"Memang saat ini, wisatawan kapal pesiar belum bisa turun ke Gili Mas karena belum ada direct flight ke Eropa. Itu salah satu syaratnya," terang Fajar.

3. Perputaran uang dari wisatawan kapal pesiar

30 Kapal Pesiar Sandar di Lombok, Lobar Siapkan 3 Paket Desa Wisata Wisatawan mancanegara dari kapal Pesiar MV. Aidavita tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Twitter.com/disporaparjtg

Fajar menyatakan perputaran uang dari wisatawan kapal pesiar yang berkunjung ke desa-desa wisata cukup besar. Apabila satu wisatawan belanja produk UMKM lokal minimal Rp1 juta per orang, maka setiap kunjungan kapal pesiar, jumlah transaksi bisa mencapai miliaran rupiah.

Untuk itu, pihaknya berkolaborasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindah) serta Dinas Koperasi dan UMKM menyiapkan IKM dan UKM. Supaya menyiapkan booth di Pelabuhan Gili Mas. "Di samping itu, kami juga meminta desa wisata yang dikunjungi untuk menyiapkan produk yang ada di desa wisata masing-masing," tandasnya.

Baca Juga: Polda NTB Hentikan Penyelidikan Kasus Dugaan Eksploitasi Joki Cilik 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya