17.000 Tiket MotoGP Mandalika Sudah Terjual

Puncak penjualan tiket diprediksi dua pekan sebelum event

Lombok Tengah, IDN Times - Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyebutkan jumlah tiket MotoGP Mandalika yang sudah terjual sebanyak 17.000 tiket untuk semua kategori. Puncak penjualan tiket MotoGP diperkirakan dua minggu sebelum event digelar pada 18 - 20 Maret mendatang.

Dalam gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika, Presiden Joko Widodo telah mengizinkan jumlah penonton hingga 100.000 orang. Sebanyak 62.000 lebih tiket MotoGP Mandalika disediakan dan dapat dibeli di 10 platform official partner per hari.

1. Empat provinsi terbanyak asal penonton MotoGP Mandalika

17.000 Tiket MotoGP Mandalika Sudah TerjualPenonton antre menukarkan tiket saat gelaran World Superbike Mandalika 2021 di Parkir Timur Kawasan Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Wakil Direktur Utama MGPA Cahyadi Wanda menyebutkan data terakhir yang diterima sebanyak 17.000 tiket MotoGP Mandalika sudah terjual. Diungkapkan, ada empat provinsi terbanyak asal penonton MotoGP Mandalika berdasarkan tiket yang sudah terjual.

"Pembeli (tiket) paling banyak dari Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten dan Jawa Timur. Itu menyeluruh data yang kami terima, 4 provinsi yang terbanyak asal penonton yang sudah beli tiket," kata Cahyadi dikonfirmasi disela-sela kedatangan kru dan pembalap MotoGP di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM), Senin (7/2/2022).

Secara demografi, kata Cahyadi, masyarakat di empat provinsi tersebut merupakan pecinta berat MotoGP. Karena penjualan tiket MotoGP Mandalika paling cepat di empat provinsi tersebut. Awalnya, pembeli tiket MotoGP paling banyak di Jawa Timur. Tetapi sekarang Jawa Barat yang paling banyak.

Baca Juga: Tarif Hotel di Lombok Mahal, Banyak Penonton MotoGP Menginap di Bali

2. Puncak penjualan tiket dua minggu sebelum event MotoGP

17.000 Tiket MotoGP Mandalika Sudah TerjualPenukaran tiket saat gelaran World Superbike Mandalika 2021 (IDN Times/Muhammad Nasir)

Cahyadi mengungkapkan puncak penjualan tiket biasanya dua minggu sebelum event digelar. Hal itulah yang menjadi alasan MGPA belum melakukan promosi besar-besaran.

"Peak penjualan tiket biasanya dua minggu sebelum event, selalu. Jadi kenapa kita belum push, promosinya besar-besaran. Kita memang menunggu momentumnya," terangnya.

Setelah tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika, pihaknya akan melakukan promosi besar-besaran. Tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika akan digelar 11 - 13 Februari, pekan ini.

"Di sana promosi kita akan besar-besaran. Akhirnya menuju event (MotoGP), momentum peaknya akan sesuai dengan target," jelasnya.

3. Fokus penjualan tiket untuk domestik

17.000 Tiket MotoGP Mandalika Sudah TerjualPemandangan Sirkuit Mandalika pada tikungan 10 dari Bukit Pantai Seger Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Cahyadi menambahkan untuk saat ini fokus penjualan tiket MotoGP Mandalika difokuskan untuk penonton domestik atau dalam negeri. Ia juga belum mendapatkan data dari partner penjualan tiket untuk pembeli tiket MotoGP Mandalika yang berasal dari luar negeri

"Kita belum fokus ke luar negeri. Kita fokus ke domestik dulu. Kita belum terima datanya. Data yang kita terima dari partner penjual tiket dari domestik," ungkapnya.

Secara online, tiket MotoGP dapat dibeli untuk seluruh kategori yakni VIP Hospitality Suites Deluxe Class, Premium Grandstand, Standard Grandstand dan General Admission. Sedangkan melalui offline, tiket yang dapat dibeli adalah kategori Standard Grandstand dan General Admission baik untuk tiket harian maupun weekend pass.

Tiket MotoGP dijual dalam berbagai bentuk dan range harga, sehingga calon penonton dapat memilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Kategori General Admission, Standard Grandstand, dan Premium Grandstand, dijual dalam bentuk tiket harian dan paket weekend pass yang berlaku untuk Sabtu dan Minggu.

Tiket harian, terdiri dari tiket hari pertama (18 Maret) pada harga Rp 115.000 – Rp 431.250, tiket hari kedua (19 Maret) pada harga Rp 287.500 – Rp 1.150.000, dan tiket race day (20 Maret) pada harga Rp 575.000 – Rp 1.725.000. Paket weekend pass tersedia dengan harga Rp 805.000 – Rp 2.587.000. Sementara kategori VIP Hospitality Suites Deluxe Class, tersedia tiket 3 days pass yang dijual dengan harga Rp 10.000.000 (berlaku untuk menonton selama tiga hari).

Baca Juga: Tiba di Lombok, Marc Marquez : Sampai Jumpa di GP Mandalika

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya