ITDC Fokus Lengkapi Fasilitas Pendukung Balapan di Sirkuit Mandalika

Kualitas event juga ditingkatkan

Mataram, IDN Times -  PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) saat ini tengah fokus melengkapi semua fasilitas pendukung di Sirkuit Pertamina Mandalika. Dengan demikian, gelaran MotoGP yang akan diselenggarakan pada Maret 2022 nanti dapat berjalan maksimal dan tanpa hambatan.

Pengelola harus memenuhi syarat dan ketentuan dalam penilaian homologasi berdasarkan peraturan dari  Federation Internationale de Motocyclisme (FIM). Selain fasilitas pendukung, pengelola dan penyelenggara juga akan meningkatkan kualitas event.

1. Koordinasi dengan berbagai pihak

ITDC Fokus Lengkapi Fasilitas Pendukung Balapan di Sirkuit MandalikaSirkuit Mandalika (Dok ITDC)

Pengelola Sirkuit Pertamina Mandalika telah melakukan upaya koordinasi dengan sejumlah pihak. Di antaranya Ikatan Motor Indonesia (IMI), Dorna Sports dan FIM serta Pemda Nusa Tenggara Barat (NTB).

Vice CEO MGPA Cahyadi Wanda mengatakan bahwa pihaknya mendapat apresiasi positif dari pembalap dan kru tim balap WSBK atas kualitas lintasan sirkuit. Namun masih ada beberapa hal yang harus ditingkatkan lagi.

“Saat ini, kami fokus melengkapi kelengkapan penyelenggaraan balapan dan fasilitas pendukung sirkuit guna memenuhi prasyarat penyelenggaraan balap motor yang akan berlangsung di The Mandalika tahun depan yaitu MotoGP dan WSBK,” ujarnya.

Baca Juga: Jelang MotoGP, Jokowi Minta Vaksinasi Digenjot untuk Lombok Tengah

2. Optimistis prasyarat dapat terpenuhi

ITDC Fokus Lengkapi Fasilitas Pendukung Balapan di Sirkuit MandalikaSejumlah pekerja melakukan tes kedalaman tekstur aspal lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/8/2021). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

MGPA optimistis bahwa semua persyaratan untuk menyelenggarakan event kelas dunia itu dapat terpenuhi. Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis Arie Prasetyo menambahkan  bahwa pihaknya menyambut gembira pengumuman Dorna Sports yang telah menetapkan pelaksanaan MotoGP di Indonesia pada 18-20 Maret 2022 dan WSBK pada 11-13 November 2022.

Menurutnya, hal ini merupakan bukti kepercayaan Dorna Sports atas kesiapan Pertamina Mandalika International Street Circuit dalam menggelar event balap motor berkelas dunia. Dalam rangka mendukung penyelenggaraan event balap motor tahun depan dan meningkatkan kenyamanan tim balap maupun penonton, pihaknya juga tengah meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendukung sirkuit. Seluruh pekerjaan ini ditargetkan akan selesai pada awal Maret 2022.

”Saat ini, ITDC tengah menyiapkan perbaikan akses keluar masuk kendaraan, pedestrian dan saluran drainase di sekitar Sirkuit, penataan landscape serta menyelesaikan pembangunan Pit Building (non modular part). Di samping itu juga akan dibangun tambahan grand stand di 11 titik yang mengelilingi sirkuit untuk kenyamanan penonton,” ujarnya.

3. Tingkatkan kualitas event

ITDC Fokus Lengkapi Fasilitas Pendukung Balapan di Sirkuit Mandalikamotogp.com

Selain meningkatkan kelengkapan sirkuit serta sarana dan prasarana sirkuit, pengelola juga berkomitmen meningkatkan kualitas penyelenggaraan event balap motor di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Sehingga penyelenggaraan balap motor tahun depan akan lebih baik dan memenuhi ekspektasi semua pencinta balap motor.

“Kami mohon dukungannya agar persiapan menyambut MotoGP ini dapat berjalan lancar sehingga kita dapat menyaksikan kembali balap motor MotoGP digelar di negeri kita setelah penantian panjang selama 24 tahun. Dan kami percaya event MotoGP mampu menjadi trigger kebangkitan industri pariwisata dan memberikan multiplier effect yang besar bagi perekonomian Indonesia,” tutup Arie Prasetyo.

Baca Juga: Event MXGP Akan Diselenggarakan di Mandalika

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya