TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Puluhan Rumah Warga di Bima Ludes Terbakar "si Jago Merah"

Penyebab kebakaran diselidiki

Rumah warga yang rata dengan tanah di Desa Renda (Dok. Kominfo Bima)

Bima, IDN Times - Puluhan rumah warga RT 07 dan RT 11 Desa Renda Kecamatan Belo Kabupaten Bima di Nusa Tenggara Barat (NTB) ludes terbakar pada Sabtu (30/4/2022) pukul 15.40 Wita. 

Data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima melaporkan, sebanyak 53 rumah warga yang dilahap "si jago merah". Penyebab kebakaran masih belum diketahui, tetapi ada informasi sumber titik api di salah satu bernama Jamaluddin di RT 11 Desa Renda. 

Saat kejadian kebakaran, rumah dalam kondisi kosong dan dikunci. 

Baca Juga: Limbah di Teluk Bima Diduga Fenomena Sea Snot Akibat Pemanasan Global

1. Bupati Bima tinjau lokasi kebakaran

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri meninjau lokasi kebakaran (Dok. Kominfo Bima)

Bupati Bima Indah Dhamayanti Putri pun langsung meninjau lokasi kebakaran di RT 07 dan RT 11 Desa Renda pada Sabtu (30/4/2022) sore. Ia menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas musibah yang menimpa masyarakat Desa Renda.

Bupati meninjau lokasi kebakaran bersama Kapolres Bima AKBP Heru Sasongko, Komandan Batalyon Pelopor C Brimob Polda NTB AKBP Zulkarnain, Wakapolres dan Kabag Ops serta pejabat dari Kodim 1608 Bima Kapten Gusti.

"Pemerintah daerah menyampaikan duka cita mendalam atas musibah yang menimpa keluarga di RT. 07 dan RT.11 Desa Renda dan semoga keluarga diberikan kesabaran menerima cobaan ini," ucap Indah.

2. Instruksikan Dinas Sosial operasikan dapur umum

Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri menemui warga terdampak kebakaran (Dok. Kominfo Bima)

Pada kesempatan tersebut, Indah meminta Dinas Sosial Bima agar langsung menyiapkan nasi bungkus untuk para korban bencana kebakaran. Secepatnya, mereka diminta mengoperasikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan makanan warga.

Di sisi lain, pihak BPBD Bima melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Nurul Huda diminta melakukan pendataan para korban, bersama aparat terkait dari Dinas Sosial, Camat Belo, dan Kepala Desa.

Baca Juga: Limbah di Teluk Bima, Pertamina: Terminal BBM Bima Tidak Ada Masalah

Berita Terkini Lainnya