Toprak Torehkan Sejarah Jadi Juara Dunia Pertama di Sirkuit Mandalika

Yamaha akhiri penantian juara selama 12 tahun di Mandalika

Lombok Tengah, IDN Times - Pembalap pabrikan Pata Yamaha Top Razgatlioglu menciptakan peristiwa dunia Superbike (WSBK) MOTUL FIM dengan manis di Sirkuit Pertamina Mandalika, Minggu kemarin (21/11/2021).

Toprak berhasil keluar sebagai juara dunia WSBK tahun ini setelah dinyatakan unggul 13 poin dari pembalap Jonathan Rea dari pabrikan Kawasaki. Dia mencatat sejarah sebagai juara dunia pertama di Sirkuit Pertamina Mandalika.

1. Penantian 12 tahun untuk Pata Yamaha

Toprak Torehkan Sejarah Jadi Juara Dunia Pertama di Sirkuit MandalikaToprak berhasil keluar sebagai juara dunia di Pertamina Mandalika/dok. WorldSBK.com

Penantian panjang Pata Yamaha berakhir manis saat melakukan event WSBK seri terakhir di Sirkuit Pertamina Mandalika. Kendati Toprak tidak berhasil naik podium pada Race 2 WSBK di Sirkuit Pertamina Mandalika, Toprak berhasil memangkas selisih 13 poin dari Jonathan Rea.

Dengan selisih 13 poin, Toprak dinyatakan sebagai pemenang balapan WSBK tahun 2021 di Sirkuit Pertamina Mandalika.

"Penantian panjang Yamaha berakhir di Mandalika," kata Manajer Yamaha Motor Europe Road Racing, Andrea Dosoli, dilansir worldsbk.com, Senin (22/11/2021).

Meski Jonathan Rea berhasil menaklukkan dua race di Sirkuit Pertamina Mandalika, Toprak Razgatlioglu mengakhiri penantian 12 tahun Yamaha sebagai juara pada ajang WSBK tahun ini.

2. WSBK 2021 spesial untuk Pata Yamaha

Toprak Torehkan Sejarah Jadi Juara Dunia Pertama di Sirkuit MandalikaTampak dua pembalap WSBK beradu cepat di tikungan pertama Sirkuit Pertamina Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi

Kepala Kru Razgatlioglu, Phil Marron, menjelaskan bahwa pembalap asal Turki ini mengambil gelar pertamanya di Sirkuit Pertamina Mandalika. 

“Saya kehabisan kata-kata. Ini hari spesial, musim spesial, pembalap spesial, tim spesial," kata Marron dalam laman worldsbk.com.

Balapan di Sirkuit Pertamina Mandalika sebut Marron sangat spesial bagi tim Pata Yamaha. Terlebih timnya muncul sebagai juara dunia.

"Saya akan menyebutnya spesial! Saya beberapa kali nyaris memenangkan medali emas, tapi kami mendapat perak. Akhirnya menyenangkan untuk mengambil emas pertama saya dan membawanya di WorldSBK," katanya. 

"Ini adalah tahun ketiga saya bersama Toprak, dan senang melihatnya berevolusi, tumbuh dan berkembang. Saya rasa dia belum selesai! Saya tidak berpikir ini adalah akhir dari kisahnya," tutupnya.

3. Toprak persembahkan juara untuk ayahnya

Toprak Torehkan Sejarah Jadi Juara Dunia Pertama di Sirkuit MandalikaToprak saat konferensi pers di Sirkuit Mandalika/dok. Istimewa

Kepada wartawan, Toprak Razgatlioglu mengaku bahwa juara yang diraih di Sirkuit Pertamina Mandalika setalah mengakhiri gelar enam beruntun dari Jonathan Rea dipersembahkan untuk sang ayah. Walau alami kesulitan pada Race 2, dengan kondisi lintasan basah akibat hujan, Toprak bisa mengamankan posisi keempat.

“Musim yang luar biasa! Ini momen yang sangat emosional. Saya sangat senang untuk grup saya, termasuk orang-orang di tim saya," ujarnya.

Dia juga mengaku bahwa usai keluar sebagai juara di Mandalika ia akan persembahkan untuk sang ayah. 

"Ayah saya selalu bilang ke saya bahwa suatu hari kamu akan menjadi juara, Toprak. Jadi juara itu tidak mustahil hari ini," ujarnya.

"Tapi hari ini dari 4 tahun yang lalu. Saya selalu menekan diri saya di setiap season. Ini mimpi saya. Juara buatmu ayah," pungkas Toprak di Mandalika.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya