Comscore Tracker

NTB Dapat Kucuran Dana Hibah Wisata Rp3,7 Triliun

Sandi berharap wisata NTB segera pulih

Lombok Timur, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan, perhatian Kementerian Parekraf ke NTB khususya di KEK Mandalika akan terus ditingkatkan. 

Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya bantuan dana hibah pariwisata sebesar Rp3,7 trliun bagi pengembangan KEK Mandalika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

1. Kucuran dana diperuntukkan juga untuk pengembangan Geopark Rinjani

NTB Dapat Kucuran Dana Hibah Wisata Rp3,7 TriliunBendera merah putih di puncak Gunung Rinjani (Pixabay/arhnue)

Dikatakan Sandi, kucuran dana hibah pariwisata tidak hanya untuk pengembangan KEK Mandalika dan Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika.

"Tidak itu saja, Kemenparekraf juga mengupayakan hibah pariwisata bagi pengembangan kawasan Geopark Rinjani sebagai destinasi unggulan di Lombok Timur dan berharap untuk segera dieksekusi," kata Sandi, Jumat (7/5/2021) saat mengunjungi Desa Sembalun Lombok Timur.

2. Pengembangan wisata di Lombok Timur dapat pujian Menparekraf

NTB Dapat Kucuran Dana Hibah Wisata Rp3,7 Triliuninstagram.com/unggapratama

Sejauh ini kata Sandi, ia salut atas pengembangan pariwisata di Lombok Timur yang memadukan alam, budaya dan ekonomi kreatif.

Selain itu, wisata alam di Sembalun, Lombok Timur juga memberdayakan perempuan dalam setiap lini pengembangan ekonomi masyarakat.

3. Sandi tertarik kembangkan wisata berbasis INAK

NTB Dapat Kucuran Dana Hibah Wisata Rp3,7 TriliunGubernur NTB dan Menteri pariwisata dan Ekonomi Kreatif kunjungan ke Desa Sembalun Lombok Timur/dok. Humas Pemprov NTB

Bahkan lanjut Sandi berujar, ia sangat tertarik dengan konsep pengembangan pariwisata berbasis Inovasi, Adaptasi dan Kolaborasi (INAK).

"Konsep INAK ini bertujuan untuk menghasilkan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan," katanya. 

4. Gelaran MotoGP dan World Superbike di Mandalika berikan efek berlipat ganda

NTB Dapat Kucuran Dana Hibah Wisata Rp3,7 TriliunSandiaga Uno saat mengunjungi Sirkuit MotoGP Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi Wahyu Rizki

Menteri juga berharap dengan akan digelarnya perhelatan World superbike dan MotoGP di Mandalika nanti, hendaknya bisa memberikan multiplier effect yang besar bagi pelaku pariwisata .

"Harapan dan tugas pemerintah provinsi dan kabupaten/kota bahwa perhelatan MotoGP ini haruslah memberdayakan pemberdayaan masyarakat," ujar Sandi.

"Contohnya produk kerajinan, makanan olahan di sini dan lainnya harus menjadi bagian yang tak terpisahkan dari event besar seperti itu nantinya,” ujar Menteri. 

5. Gubernur berharap wisata di NTB kembali normal

NTB Dapat Kucuran Dana Hibah Wisata Rp3,7 TriliunGubernur NTB saat berada di Desa Sembalun Lombok Timur/dok. Humas Pemprov NTB

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah optimis kebangkitan pariwisata NTB ke depan akan kembali normal. 

Hal ini ditandai dengan dukungan pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang memiliki perhatian besar terhadap kemajuan dan kebangkitan pariwisata di NTB.

“Wabah pandemi COVID-19 pariwisata di NTB sangat terpukul. Harapan kami di NTB ini dengan kehadiran Pak Menteri bersama para pejabat utama di Kementerian Pariwisata Ekraf bisa mendengarkan berbagai aspirasi dan persoalan pariwisata di NTB ini akan semakin memperkuat sinergitas pemerintah pusat," kata Gubernur.

Ia juga meminta agar pemerintah kabupaten/kota se-NTB terus bisa memberikan kontibusi bagi kemajuan pariwisata NTB dan pariwisata nasional pada umumnya.

Topic:

  • Ahmad Viqi
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya