Kesiapan Sirkuit Mandalika Jelang PraMusim MotoGP Sudah 80 Persen

Persoalan minor saat World Superbike sudah diperbaiki

Lombok Tengah, IDN Times –  Kesiapan infrastruktur jelang pramusim event balap motor internasional MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika capai 80 persen. Mulai dari perbaikan tribun, race control hingga kelengkapan lainnya khusus di dalam area Sirkuit Pertamina Mandalika.

“Jelang tes pramusim tanggal 11 Februari 2022 nanti, bisa dibilang kita sudah capai 80 persen,” kata Direktur Teknik dan Operasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Samsul Purba, usai meninjau area Paddock di Sirkuit Pertamina Mandalika, Minggu (23/1/2022) kemarin.

1. Kesiapan trek utama capai 100 persen

Kesiapan Sirkuit Mandalika Jelang PraMusim MotoGP Sudah 80 PersenDirektur Teknik dan Operasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Samsul Purba (IDN Times/Ahmad Viqi)

Purba mengatakan khusus trek utama lintasan sepanjang 4,3 kilometer dengan 17 tikungan mencapai 100 persen. Khusus drainase di sepanjang lintasan utama, telah dilakukan uji coba sesuai standar yang telah ditentukan pihak Dorna Sport dan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM).

“Saat event World Superbike kemarin yang minor-minornya sudah dikerjakan kok,” kata Purba.

Untuk di lokasi paddock layout, pihak MGPA sudah melakukan segala perbaikan demi kenyamanan para kru dan semua rider yang akan mulai mencoba trek Sirkuit Pertamina Mandalika tanggal 11 Februari 2022 nanti.

“Untuk treknya sudah 100 persen, secara total itu baru 80 persen,” jelas Purba.

Baca Juga: Pembalap Mario Aji Akan Debut pada Moto3 di Sirkuit Mandalika

2. MotoGP akan disiarkan di 35 production

Kesiapan Sirkuit Mandalika Jelang PraMusim MotoGP Sudah 80 PersenSuasana Sirkuit Pertamina Mandalika (IDN Times/Ahmad Viqi)

Purba mengatakan khusus di paddock general office akan digunakan sebagai kantor MGPA. Selain itu, ruangan fisiklinik secara khusus untuk para dokter yang bertugas selama event MotoGP.

Untuk di ruangan TV compound MGPA telah memasang forcaster. Pasalnya selama event MotoGP akan dibagi ke 35 production yang menyiapkan siaran langsung proses balapan ke seluruh dunia.

“Setelah data itu terkoneksi kita akan siarkan ke seluruh dunia. Sekarang Telkom sudah menyiapkan jaringan dari Jawa dan Bali,” kata Purba.

Khusus PT Telkom ujar Purba telah dibuatkan meet me room di samping race control untuk memantau koneksi ke semua broadcaster di lintasan Sirkuit Pertamina Mandalika.

“Baru nanti dari situ disiarkan ke seluruh dunia. Itu sudah kita siapkan,” kata Purba.

3. Fokus tes pramusim MotoGP

Kesiapan Sirkuit Mandalika Jelang PraMusim MotoGP Sudah 80 PersenSuasana garis start lintasan Sirkuit Pertamina Mandalika (IDN Times/Ahmad Viqi)

Saat ini ujar Purba, MGPA bersama PT Indonesia Development, pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat fokus untuk menghadapi tes pramusim MotoGP di area dalam Sirkuit Pertamina Mandalika.

“Minggu malam dua bus akan mengganti kontainer di depan Paddock, baik dari Telkom PLN dan semua kebutuhan di dalam Sirkuit,” ujar Purba.

Selain itu, untuk sistem broadcasting penyaluran informasi, Dorna Sport telah melakukan komunikasi bersama PT Telkom untuk memperbaiki sistem koneksi semua data yang ada di race control room.

“Nanti di race control room ini semua akan dikoneksi di tv compound menggunakan alat khusus dari Inggris, itu sudah ada tim kita yang menyelesaikan,” ujar Purba.

Baca Juga: NTB Siapkan 1.000 UMKM Lokal Jualan saat MotoGP Mandalika 2022 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya