Brigjen Djoko Poerwanto Jabat Kapolda NTB Gantikan Mohammad Iqbal 

Irjen Pol Mohammad Iqbal jadi Kapolda Riau

Mataram, IDN Times - Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali melakukan rotasi perwira tinggi di jajaran anggota kepolisian.Pergeseran jabatan atau mutasi itu tertuang dalam Surat telegram nomor ST/2568/XII/KEP./2021 tanggal 17 Desember 2021 yang ditandatangani oleh AS SDM Irjen Wahyu Widada atas nama Kapolri. 

Dalam telegram itu, Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal dirotasi menjadi Kapolda di Riau. Sementara, Agung Setya yang sebelumnya menjadi Kapolda Riau diangkat menjadi Asops Kapolri. Untuk posisi Kapolda NTB akan digantikan oleh Brigjen Djoko Poerwanto yang sebelumnya menjabat Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri.

"Iya benar (ada mutasi)," kata Kabid Humas Polda NTB Kombespol Artanto, Sabtu (18/12/2021) kepada IDN Times.

Untuk acara Sertijab (serah terima jabatan) Kombes pol Artanto mengatakan bahwa pihaknya masih menyusun panitianya.

1. Sukses gelar kampung sehat selama pandemi COVID-19

Brigjen Djoko Poerwanto Jabat Kapolda NTB Gantikan Mohammad Iqbal IDN Times/Irfan Fathurohman

Selain itu, Irjen Pol Mohammad Iqbal juga menjadi pencetus utama dalam menekan angka COVID-19 di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sejak pandemi COVID-19 merebak di NTB, kebijakan sederhana diambil oleh Kapolda NTB. Dengan membuat lomba kampung sehat di setiap daerah di NTB.

Ini bertujuan untuk menambah wawasan warga dalam menjalankan pola hidup bersih. Melalui lomba kampung sehat, Iqbal selalu mengajak masyarakat NTB untuk menerapkan pola 5 M. Menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, menggunakan masker, dan menjauhi kerumunan di masing-masing Desa.

Baca Juga: Lombok Writer Festival 2022 By IDN Times Masuk Kalender Event NTB

2. Iqbal sukses kawal IATC dan WSBK

Brigjen Djoko Poerwanto Jabat Kapolda NTB Gantikan Mohammad Iqbal Scott Redding lempar didoakan masuk ke MotoGP oleh penonton di Mandalika/dok. WolrdSBK.com

Selama perhelatan event Idemitsu Asian Talent Cup pertanggal 19 November 2021, Iqbal menerjunkan sejumlah pengamanan yang super ketat di semua pintu masuk ke area Sirkuit Mandalika.

Bahkan saat event World Superbike WSBK di Sirkuit Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit, sedikitnya 3.000 personel gabungan dari kepolisian diterjunkan mengamankan proses event IATC dan WSBK di Sirkuit Pertamina Mandalika.

Iqbal pun mendapat apresiasi penuh dari Dorna Sport terkait proses pengamanan super ketat di Sirkuit Pertamina Mandalika.

3. Selamat datang di NTB Brigjen Djoko Poerwanto

Brigjen Djoko Poerwanto Jabat Kapolda NTB Gantikan Mohammad Iqbal Brigjen Djoko Poerwanto (mengenakan batik) saat bongkar korupsi BBM di Mabes polri/dok. Humas Mabes Polri

Brigjen Djoko Poerwanto sebelumnya menjabat Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri kini akan duduk di jabatan Kapolda NTB. Djoko Poerwanto merupakan lulusan Akademi Kepolisian 1989. Dia pertama kali bertugas di Polres Bekasi.

Dia juga pernah menjabat Kapolsek Tambelang kemudian Wakasat Serse dan Kasat Serse Polres Bekasi sebelum bertugas di Bareskrim Polri. Sebagai perwira yang konsentrasi di bidang penindakan pidana korupsi, Djoko Poerwanto diharapakan mampu membawa NTB bersih dari korupsi.

Kasus yang pernah ditangani Djoko Poerwanto yang cukup menyita perhatian publikadalah terlibat dalam jaring Operasi Tangkap Tangan Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidayat, Mei 2021 lalu. Bupati Nganjuk pun ditetapkan sebagai tersangka terkait dugaan korupsi jual beli jabatan di Pemerintah Kabupaten Nganjuk.

Baca Juga: Ada 17 Catatan Polda NTB pada Event IATC dan WSBK di Sirkuit Mandalika

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya